Cara Membatasi Hotspot di HP Vivo Agar Kuota Tidak Boros

Cara Membatasi Hotspot di HP Vivo

Siapa nih yang harus atau terpaksa membagikan hotspot dari HP Vivo untuk pengguna lain? Pasti anda juga penasaran tentang bagaimana cara membatasi hotspot di handphone Vivo milik anda ini, ya kan? Sebab, selain mudah habis kuota anda juga harus tahu apa saja minus lainnya ketika anda berbagi hotspot ini.

Salah satu kekurangan ketika kita menyalakan layanan koneksi internet yang stabil adalah orang lain yang meminta. Biasanya nih, orang-orang sekitar dan teman-teman yang butuh pasti minta Hotspot. Masalahnya, anda yang menjadi host atau yang menggunakan ponsel anda untuk berbagi juga mengalami berbagai kerugian loh.

Belum lagi jika yang butuh tethering tersebut tidak tahu diri alias sembarangan saja ambil kuota. Menjengkelkan, bukan? Tapi, semua bisa anda atasi dengan mempelajari cara membatasi hotspot di handphone Vivo anda kok.

Dampak Buruk HP Yang Sering Mengaktifkan Hotspot

Sebelum anda mengetahui cara membatasi hotspot di Handphone Vivo. Ada baiknya anda tahu apa sih dampak negatif jika anda sering menyalakan fitur hotspot ini? Ada beberapa dampak buruk bagi ponsel anda loh. 

Anda mungkin belum menyadari hal tersebut, ya kan? Tapi beberapa dampak berikut juga harus anda ketahui, yaitu:

  • Baterai Cepat Habis : Salah satu dampak mengaktifkan fitur ini adalah masalah baterai usage yang makin pendek. Jika mungkin anda bisa menggunakan HP untuk akses internet 4 jam seharian baru harus ngecas. Maka, kemungkinan yang bisa anda pakai saat tethering aktif hanya mencapai 2-3 jam saja. Lebih pendek, bukan? Akan menjadi masalah lagi jika anda mencoba mengecas sambil aktifkan hotspot. 
  • Mudah Panas : Karena akan bekerja lebih berat. Maka, CPU ponsel anda mudah panas. Terlalu panas bisa menyebabkan ledakan loh!
  • Lama Waktu Pengecasan Semakin Naik : Jika sebelumnya anda bisa mengecas dari 50% ke 100 hanya perlu waktu 30 menitan. Maka, bisa bertambah jadi 1 jam atau lebih.
  • Jaringan Error : Yang paling menyedihkan adalah kualitas jaringan pada ponsel anda juga tidak stabil. Terlalu sering berbagi hotspot membuat jaringan pada ponsel anda mudah bermasalah.
  • Pulsa Terpotong : Nah, hal yang paling umum dan tanpa disadari adalah pulsa yang mendadak terpotong. Tanpa anda sadari terkadang pemakaian dari kuota internet lebih dari kapasitas. Ujung-ujungnya ya pulsa termakan bahkan sampai habis, sial sekali, ya kan?

Baca juga:

Cara Membatasi Hotspot di Handphone Vivo

Jika anda tidak ingin masalah di atas terjadi. Maka, anda bisa membatasi penggunaan dari hotspot anda tersebut. Caranya adalah:

  1. Buka Setting atau Pengaturan pada ponsel anda.
  2. Klik Network dan Internet.
  3. Kemudian pilih menu Hotspot & Tethering.
  4. Pilih Wifi Hotspot.
  5. Lanjutkan dengan memilih One Time Usage Data.
  6. Anda bisa ubah batas pemakaian data (kuota internet) selama hotspot aktif.
  7. Selesai.

Anda bisa membatasi berapa banyak data yang bisa mereka atau orang lain pakai ketika menggunakan hotspot anda. Jika melebihi data yang anda atur, maka akan ada pemberitahuan. Bahkan, mereka akan mengalami pemutusan koneksi kecuali anda mengizinkan lagi.

Jika anda aktifkan ini maka anda bisa tahu seberapa banyak yang mereka ambil dari anda. Bahkan ada juga pilihan matikan hotspot jika tidak ada perangkat yang terhubung loh!

Padahal, jika ponsel penerima dalam keadaan terkunci atau tidak aktif maka secara otomatis tidak akan terhubung.

Dengan cara ini maka tidak ada lagi cerita kehabisan kuota atau bahkan kecolongan pulsa. Selamat mencoba.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.