Cara Membuat Podcast di Spotify dengan Anchor untuk Pemula

cara membuat podcast di spotify

Apakah anda gemar menonton atau bahkan hanya mendengar sebelah podcast? Jika iya, apakah anda ingin membuat podcast sendiri? Anda bisa belajar cara membuat podcast di Spotify loh! Kali ini akan kita bahas lebih dalam tentang hal tersebut.

Tahukah anda jika di Spotify sendiri memang banyak digunakan untuk mendengarkan atau upload podcast? Nah, jika anda tertarik untuk menceritakan banyak hal atau memberikan motivasi pada semua orang. Maka, anda bisa gunakan salah satu layanan streaming keren ini.

Masalahnya, tidak semua orang yang berminat atau punya kemampuan membuat podcast tahu caranya. Padahal, Spotify juga merupakan salah satu wadah yang tepat. Untuk itu, yuk mari simak terlebih dahulu caranya.

Tahapan dan Cara Membuat Podcast di Spotify

Ada beberapa tahapan dan juga ketentuan jika anda ingin upload podcast di Spotify. Namun, tenang saja, kita akan bahas satu per satu kok. Berikut tahapannya:

Buat Akun Spotify

Yap, tahapan pertama adalah buat akun Spotify. Tentu saja anda harus punya akun terlebih dahulu agar bisa membuat podcast atau upload file podcast. Kalau belum punya bagaimana bisa gunakan layanan ini, ya kan?

Cara buat akun juga tidak sulit kok. Anda bisa buat akun dengan masuk ke https://podcasters.spotify.com/ ini. Kemudian, akan ada pilihan tombol Login.

Jika anda klik tombol tersebut maka akan ada pilihan ingin login lewat akses apa saja. Misalnya akun FB atau Google. Dan buat terlebih dahulu akun podcast anda.

Pilih dan Ciptakan Podcast Keren

Jika anda sudah punya akun. Maka anda tinggal buat podcast atau pilih file podcast yang sebelumnya pernah anda buat. Caranya juga tidak sulit namun ada ketentuan file yang harus anda ketahui, yaitu:

  • Kualitas audio yang bisa anda unggah menggunakan bitrate dari 96 sampai 320kbps ISO/IEC 11172-3 MPEG-1 Part 3 (MP3).
  • Maksimal per episode podcast anda hanya bisa upload maksimal file dengan ukuran 200Mb. Dan untuk 128 kbps waktunya 200 menit maksimal. Sedangkan untuk 320 kbps maksimal 83 menit.
  • Jangan lupa melakukan encode jika memasukkan spesial karakter.
  • Maksimal judul podcast adalah 20 karakter.
  • RSS Podcast setidaknya punya 1 episode dan terdiri dari adanya nama serta gambar.
  • Artwork dari podcast harus menggunakan format Jpg atau PNG dan perbandingan skala adalah 1:1.

Platform Hosting Podcast

Anda juga harus mencari dan memilih salah satu platform untuk menyimpan file podcast yang anda upload. Karena Spotify sendiri tidak punya platform untuk menyimpan file podcast anda tersebut. Anda bisa gunakan layanan yang ada di www.anchor.fm.

Anda tinggal ikuti instruksi dan langkah demi langkah yang ada di link di atas. Kemudian, jika berhasil maka akan langsung tersedia di layanan Ready to Publish.

Dan, langkah tersebut berhasil jika kamu menggunakan platform ini, namun kamu harus salin RRS Feed ke Spotify jika menggunakan platform berbeda.

Baca juga:

Salin RSS Feed

Jika anda memilih platform lain untuk menggunakan penyimpanan file podcast tersebut. Maka anda harus salin dan tautkan RSS Feed ke Akun Spotify. Caranya adalah:

  1. Masuk ke halaman https://podcasters.spotify.com/
  2. Klik ikon titik tiga pada bagian pojok kiri dan pilih Add or Claim You Podcast.
  3. Masukkan link RSS Feed pada kolom tersebut.
  4. Masukkan kode verifikasi yang dikirimkan melalui email anda.
  5. Verifikasi.
  6. Selesai.

Demikianlah cara membuat podcast di Spotify. Mudah, bukan?

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.