10 Cara Memperbaiki Baterai HP yang Cepat Habis

Pengguna Android sering mengeluh kenapa baterai hp cepat habis, berikut kami akan membagikan cara memperbaikinya tentu dengan pengalaman pribadi dan tips tambahan dari para pakar smartphone.

Baterai merupakan bagian terpenting dari sebuah gadget karena adalah satu-satunya sumber energi untuk bisa menghidupkan perangkat. Ada dua jenis baterai yang kita tau yaitu baterai tanam (non-removable battery) dan baterai lepas (removable battery) yang keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri.

Menurut pengalaman pribadi saya lebih suka memilih menggunakan baterai tanam dibandingkan dengan baterai lepas, karena keawetannya lebih terjaga dan juga tidak cepat kembung apalagi drop seperti pada baterai lepas. Apalagi untuk ponsel keluaran terbaru sekarang sudah jarang yang mengeluarkan ponsel dengan baterai lepas.

Namun bukan hal itu yang akan kita bahas saat ini, lebih ke bagaimana cara memperbaiki baterai hp Android yang cepat habis. Biasanya ponsel yang baterainya cepat habis ini digunakan untuk ngegame, streaming youtube, mendownload dan aktivitas lainnya yang membutuhkan daya besar.

Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk cara mengatasi baterai hp yang cepat habis di Android:

Cari Tau Aplikasi Apa yang Menguras Daya

Di smartphone Android kita bisa melihat aplikasi apa yang paling banyak mengkonsumsi baterai. Fitur ini dapat kalian temukan dengan cara masuk ke Pengaturan > Baterai > Penggunaan daya. Aplikasi yang paling boros baterai akan diurutkan dari yang paling atas sampai bawah.

Penggunaan daya

Silakan cek di smartphone Anda, lalu lihat aplikasi apa yang muncul dipaling atas? Jika kalian doyan nge-game, mungkin yang akan muncul adalah game Free Fire, Mobile Legends, AOV, PUBG, Life Afther dan beberapa game online lainnya.

Atau jika doyan main sosmed mungkin Anda akan menemukan aplikasi seperti Facebook, Instagram, TikTok, Youtube dan WhatsApp.

Jika sudah ketahuan aplikasi apa yang menyebabkan boros baterai, silahkan Anda kurangi penggunaan dari aplikasi tersebut atau jika memang sudah tidak dibutuhkan lagi silakan hapus.

Kurangi Kecerahan Layar

Jika mengacu pada screenshot yang sudah saya lampirkan diatas, kita bisa lihat bahwa penggunaan Layar terhadap baterai cukup banyak. Hal ini disebabkan karena lampur layar yang juga membutuhkan daya tidak sedikit, apalagi jika kita sering menggunakan smartphone untuk waktu yang lama.

Untuk mengatasi hal ini sebaiknya gunakan mode paling kecil dari kecerahan layar, kalau saya sendiri biasanya akan mengaturnya secara otomatis, jadi saat gelap layar akan redup sendiri dan saat berada ditempat terang layar akan cerah sendiri. Pengaturan ini dapat Anda temukan di pengaturan kecerahan layar.

Aktifkan Mode Power Saving

Fitur Mode Power Saving berfungsi untuk menonaktifkan beberapa fitur yang tidak terlalu penting sehingga dapat menghemat penggunaan baterai. Setiap ponsel memiliki fitur ini yang berguna saat persentase baterai menunjukkan angka dibawah 20 atau 10%.

Fitur ini akan hidup secara otomatis, namun bagi pengguna yang mengalami boros baterai pada ponselnya juga bisa memanfaatkan fitur power saving untuk mematikan fungsi-fungsi tertentu pada smartphone sehingga meminimalisir terjadinya pengguana daya yang berlebih.

Matikan Bluetooth, Wifi dan GPS Saat Tidak Digunakan

Fitur seperti Bluetooth, Wifi dan terutama GPS juga sangat berperan penting dalam penggunaan baterai. Contohnya saja saat kita menggunakan GPS untuk melihat peta saat melakukan perjalanan, tentu aktifitas tersebut membutuhkan paket data internet dan juga GPS yang keduanya sama-sama membutuhkan daya yang besar.

Jadi saat ponsel tidak digunakan sebaiknya Anda nonaktifkan semua fitur tersebut agar dapat mengurangi penggunaan daya.

Matikan Getar Ponsel

Taukah Anda bahwa saat ponsel bergetar ada sebuah motor (dinamo) yang berputar didalamnya? Dinamo tersebut akan berputar jika kita mengaktifkan getar didalam ponsel. Memang penggunaan daya ini tidak akan masuk ke daftar aplikasi apa saja yang menguras daya.

Matikan Getar Ponsel

Jika tidak terlalu penting, sebaiknya Anda non-aktifkan fitur ini. Untuk menonaktifkannya Anda bisa menuju ke Setelan > Suara & getaran > Nonaktifkan getar.

Aktifkan Mode Pesawat Saat Tidak Ada Sinyal

Saat sinyal sibuk maka ponsel akan berusaha terus untuk mencari jaringan, hal ini biasanya akan dialami oleh pengguna yang berada di daerah pedesaan yang kekurangan sinyal. Coba saja Anda lihat, ponsel dengan jaringan yang sedikti akan mengalami baterai yang lebih boros dari biasanya, apalagi jika ponsel tersebut dual sim.

Jika Anda merasa ponsel selalu panas dan baterai handphone cepat habis maka bisa memanfaatkan fitur Mode Pesawat (Airplane) untuk menonaktifkan jaringan seluler pada ponsel.

Matikan Auto Update Play Store

Auto Update Play Store

Jika Anda sering menginstal banyak aplikasi di Play Store, maka sebaiknya coba lihat apakah aplikasi-aplikasi tersebut sering melakukan pembaruan sendiri? Jika iya, maka ada pengaturan yang harus Anda ubah agar aplikasi-aplikasi tersebut tidak melakukan auto update.

Biasanya fitur ini akan aktif hanya saat kita menggunakan koneksi wifi, untuk koneksi internet dengan sim card tidak akan masalah. Namun jika Anda menggunakan koneksi wifi dirumah, sebaiknya nonaktifkan fitur auto update Play Store dengan langkah-langkah dibawah ini:

  1. Masuk Play Store
  2. Tekan menu di pojok kiri atas
  3. Pilih Setelan
  4. Lalu pilih Jangan update aplikasi secara otomatis

Matikan Auto Sync

Fitur Auto Sync ada pada setiap smartphone Android. Fitur ini berguna untuk melakukan sinkronisasi dari perangkat ke penyimpanan awan miliki Google. Data yang tersinkron meliputi seperti foto, data kontak, email dan terutama data mengenai akun Google yang dimiliki oleh pengguna termasuk password.

Dalam tugasnya dia membutuhkan koneksi internet agar dapat berfungsi dengan baik, maka dari itulah silahkan nonaktifkan saja jika fitur ini tidak terlalu penting bagi pengguna.

Gunakan Tema Standar

Tema Standar

Tema bawaan atau standar memang lebih direkomendasikan ketimbang Anda menggunakan tema pihak ketiga yang memiliki macam efek seperti wallpaper live ataupun ikon animasi yang bergerak-gerak. Kegiatan tersebut membutuhkan daya baterai yang lebih besar lagi karena harus menghidupkan elemen-elemen yang dibutuhkan.

Smartphone yang kita beli tentu memiliki berbagai macam tema bawaan yang juga tidak kalah menarik, silahkan pilih sesuai selera.

Restart Handphone

Handphone yang mengalami baterai cepat habis biasanya diakibatkan oleh beberapa aplikasi yang baru kita instal, sebaiknya Anda coba ingat-ingat lagi apa saja aplikasi yang baru di instal?

Jika aplikasi tersebut memang terbukti memakan baterai yang cukup banyak, silahkan hapus lalu restart handphone Anda. Restart atau Reboot bukan berarti factory reset, hal ini berbeda dan sudah pernah kami bahas di blog ini.

Itulah beberapa tips cara memperbaiki baterai hp yang cepat habis, semoga tips ini bermanfaat dan jangan lupa untuk langsung di praktekkan ya.

Tinggalkan komentar