5 Cara Memperbaiki HP Android yang Tidak Bisa Masuk Recovery

Android Kamu Eror? Begini 5 Cara Memperbaiki HP Android yang Tidak Bisa Masuk Recovery – Bukan hal yang baru jika sebuah smartphone akan mengalami eror seiring seringnya digunakan. Saat mengalami masalah di ponsel Android, sepertinya banyak yang mengandalkan menu recovery mode.

Apa itu recovery mode?

Recovery Mode

Recovery mode adalah menu pada Android yang berfungsi untuk memperbaiki / recovery kegagalan atau kerusakan program dan software pada Android. Hampir semua Android sekarang ini sudah dilengkapi dengan akses recovery mode ini.

Jika terdapat Android yang belum terdapat fitur ini maka pengguna dapat menanamkannya menggunakan bantuan CWM. Kamu bisa mengakses mode recovery dengan menahan tombol power bersamaan dengan volume turun.

Akan tetapi, terkadang bagi yang menggunakan recovery mode tersebut juga tidak luput dari kendala, dimana Android tidak mau masuk pada mode ini. Mungkin Kamu salah satunya yang mengalami hal teresebut.

Lalu bagaimana cara memulihkan agar dapat mengakses recovery mode?

Berikut cara yang dapat Kamu lakukan untuk mengatasi masalah tersebut.

1. Factory reset/ kembali ke pengaturan pabrik

Setiap Smartphone Android menyediakan akses untuk factory reset. Factory reset akan mengembalikan kondisi Android seperti semula Kamu membeli baru dan sangat ampuh untuk mengembalikan Android agar dapat mengakses recovery mode kembali. Kamu bisa mulai factory reset melalui pengaturan.

Akan tetapi, sebelum menggunakan cara ini, sebaiknya lakukan back up data terlebih dahulu apabil masih memungkinkan. Karena factory reset akan menghapus semua data-data yang tersimpan di memori internal Kamu.

2. Memperbaiki dengan ADB (Android Debug Bridge)

Jika Kamu menggunakan cara ini maka Kamu memerlukan bantuan PC / Laptop yang sudah terinstal ADB. Caranya mudah, Kamu cukup menghubungkan Android ke PC / laptop dan membuka ADB tersebut.

Sehingga Kamu dapat memperbaiki kerusakan dan error firmware pada Android Kamu. Tenang saja, cara ini cukup aman digunakan untuk memulihkan ponsel Kamu.

3. Memanfaatkan Fungsi USB Jig

Perangkat ini berbentuk USB yang bisa Kamu dapatkan di marketplace atau toko kelengkapan HP. Alat ini cukup ditancapkan pada Android Kamu, lalu sambungkan ke port USB maka perangkat ini akan memaksa Android Kamu masuk ke recovery mode, bahkan pada Android yang mati sekalipun.

Jadi jika Kamu tertarik dengan cara ini, Kamu bisa membeli USB Jig karena penggunaannya yang cukup mudah.

4. Lakukan Flashing Firmware

Flashing juga terbukti cukup berhasil dalam mengembalikan Android Kamu ke recovery mode. Dengan cara ini Kamu juga dapat skaligus memperbaiki berbagai kendala di Android Kamu.

Flashing manual akan terlalu merepotkan Kamu jika belum ahli karena membutuhkan Tool yang berbeda setiap merk Android. Maka lebih baik Kamu datang ke Service center untuk flashing firmware.

5. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Sudah banyak tersedia aplikasi pihak ketiga untuk membantu Kamu masuk ke recovery mode contohnya aplikasi Quick Boot. Melalui aplikasi ini Kamu akan menemukan beberapa menu pilihan.

Pilihlah pada Recovery Mode, maka Kamu akan diarahkan ke recovery mode perangkat yang hilang.

Nah, diatas itu tadi adalah beberapa cara yang dapat Kamu lakukan untuk mengatasi hilangnya recovery mode pada Android. Jika recovery mode pada Android dibiarkan tidak bisa digunakan, bisa berakibat pada ponsel yang mengalami botloop atau baahkan mati total.

Mungkin itulah beberapa cara memperbaiki HP Android yang tidak bisa masuk recovery mode. Selamat mencoba, semoga membantu dan bermanfaat.