Berhasil! Cara Memperbaiki Kamera Depan Android yang Buram

Kamera Bermasalah? Begini Cara Memperbaiki Kamera Depan Android yang Buram – Kamera merupakan salah satu spesifikasi paling berpengaruh dalam jual beli Android. Tak heran jika seseorang rela membeli Android mahal hanya untuk mendapatkan hasil gambar terbaik.

Cara Memperbaiki Kamera Depan Android yang Buram

Biasanya merk hp dengan kemampuan kamera depan yang bagus adalah Samsung, Xiaomi, Oppo dan Vivo dimana mereka sering dicari oleh pengguna yang suka selfie lantaran kualitas foto yang dihasilkan sangat baik dan juga bening.

Sayangnya, sebagus apapun itu tetap tidak bisa mengalahkan kualitas jepretan kamera DSLR. Seiring berjalannya waktu, kamera Android sering mengalami penurunan kualitas, salah satunya menjadi buram.

Tapi, kini Anda tidak perlu khawatir lagi karena sudah ada cara memperbaiki kamera depan Android yang buram berikut ini.

Penyebab Kamera Depan Android Buram dan Cara Memperbaikinya

Lensa Kamera Tertutup Kotoran

Pada beberapa kasus, pengguna seringkali tidak memperhatikan penyimpanan ponselnya. Alhasil, meletakkan ponsel secara sembarangan akan memicu masuknya debu ke perangkat. Hal ini bisa menyebabkan pada buruknya hasil foto dari kamera depan maupun belakang Android.

Lensa Kamera Tertutup Kotoran

Kondisi tersebut dikarenakan beberapa debu menempel pada lensa sehingga fotonya buram. Kondisi buram ini biasanya hanya mengenai sebagian sisi lensa.

Untuk mengatasi masalah buram karena kotoran tersebut, cara memperbaikinya yaitu dengan membersihkan lensa. Pembersihan ini bisa dilakukan dengan bantuan tisu atau kapas yang lebih halus agar tidak menggores lensa.

Selain itu, agar lebih maksimal tuangkanlah minyak kayu putih pada kapas tersebut. Jangan menggunakan minyak kayu putih berlebihan agar tidak meninggalkan bekas pada lensa.

Lensa Tergores

Pernah nggak kamu menggesek ponsel pada lantai? Jika pernah tentu ponsel Anda juga pernah mengalami goresan pada lensanya. Ponsel yang tidak dilengkapi dengan soft case atau hard case sangat rawan tergores pada bagian lensanya.

Lensa Tergores

Apalagi jika pengguna sering menggesek atau menggeser ponselnya di atas lantai tidak rata. Hal tersebut ternyata dapat memicu terjadinya keburaman pada lensa karena adanya goresan pada lapisan luar lensa.

Jika hasil foto buram akibat tergores lensanya, ada beberapa cara perbaikan yang bisa dilakukan.

  • Pertama, pemilik ponsel bisa menggunakan bantuan pasta gigi. Olehkan pasta gigi pada tisu, kapas atau cotton bad secukupnya.
  • Kemudian gosokkan pada bagian lensa depan Android hingga goresan tersebut menghilang.
  • Pastikan untuk menggosok membentuk lingkaran dan searah.

Cara lainnya yang bisa dilakukan yaitu dengan menggunakan vaselin atau penghapus. Bahkan, Anda juga bisa membersihkan goresan pada lensa dengan menggunakan kain basah hasil dicelupkan pada alkohol 70% bercampur air.

Lensa Berembun

Masalah lainnya yang bisa menjadi penyebab lensa kamera pada Android buram yaitu karena lensa berembun. Hal ini biasanya terjadi karena ponsel digunakan untuk foto di dalam air, tidak sengaja terkena air atau terkena hujan.

Nah, karena embun ini letaknya di dalam lensa tentu tidak mudah hilang hanya dengan bantuan kapas atau kain kering.

Lensa Berembun

Cara mudah mengatasi lensa kamera buram akibat berembun yaitu dengan memberikan suhu panas atau hangat di sekitar lensa. Hal ini bertujuan untuk manguapkan embun tersebut sehingga hasil foto tidak lagi buram.

Proses pemanasan ini bisa dilakukan dengan bantuan hair dryer. Namun, penggunaannya cukup 3-5 detik saja dan tidak boleh terlalu dekat dengan lensa, cukup mengenai kisi-kisi Android saja.

Selain cara tersebut, lensa berembun bisa diatasi dengan silica gel. Umunya, silica gel selalu diberikan saat membeli dompet, tas, botol minum hingga sepatu. Nah, silica gel ini sebenarnya difungsikan untuk menjaga kondisi agar tetap kering.

Untuk itu, sifatnya tersebut bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan embun pada kamera. Anda hanya perlu meletakkan silica gel di sekitar lensa kamera depan Android.

Baca juga : 7 Cara Mengatasi Kamera Tidak Terhubung atau Tidak Merespon

Nah, itulah tadi beberapa cara memperbaiki kamera depan Android yang buram akibat goresan, embun maupun kotoran. Selamat mencoba.