Cara Mempercepat Download di Telegram di HP dan PC

Cara Mempercepat Download di Telegram

Telegram memang banyak memiliki media atau file video menarik hingga film, bukan? Sayangnya, sebagian orang merasa mendownload video di Telegram terasa sangat lama alias lelet.

Jika anda merasakan hal yang sama maka anda butuh cara mempercepat download di Telegram yang akan mimin kupas hari ini.

Sebenarnya, jika anda mengetahui apa penyebab download anda terasa lama maka anda pasti tahu cara mengatasinya.

Masalahnya, tidak semua orang tahu dan paham apa sih penyebab download file mereka jadi lama di Telegram ini. Nah, tanpa basa-basi lagi, yuk simak pembahasannya.

Penyebab Umum Download Telegram Lambat

Sebenarnya, ada beberapa faktor yang menyebabkan download file di Telegram anda menjadi lambat. Namun, jika anda tidak mengetahuinya maka anda tidak akan menemukan solusi tepat. Beberapa faktor penyebab download file Telegram menjadi lama seperti:

  • Menggunakan versi Telegram yang lawas atau sudah lama.
  • Anda terlalu banyak memasuki banyak grup atau menjadi anggota grup.
  • Cache atau data di aplikasi Telegram anda sudah menumpuk.
  • Jaringan yang anda gunakan tidak stabil atau bermasalah.

Coba perhatikan, apakah ada salah satu dari kemungkinan diatas yang menyebabkan download file Telegram anda menjadi lambat.

Namun, jika anda sudah menyerah mencari penyebab dan tidak mendapatkan solusi, maka baca cara mempercepat download di Telegram berikut.

Baca juga: Nama Bot Telegram Untuk Cari Teman Chat Selain Anonymous

Cara Mempercepat Download di Telegram

Sebenarnya, jika membaca apa saja kemungkinan penyebab download anda menjadi lelet. Seharusnya, anda sudah tahu bagaimana cara mengatasinya.

Nah, beberapa cara berikut bisa anda coba jika anda merasa waktu yang anda butuhkan untuk download file Telegram sangat lama.

Hapus Grup Telegram

Tahukah anda, jika menemukan, mengikuti atau orang lain menambahkan anda di grup Telegram sangat mudah?

Nah, karena ini kadang kita tidak sadar jika jumlah grup di akun telegram sangat banyak sekali. Kadang kita tidak terlalu memperhatikan jumlah grup di akun Telegram kita, kan?

Padahal, terlalu banyak grup di akun Telegram juga mempengaruhi kecepatan download di akun anda tersebut. Nah, agar bisa lebih kencang maka anda harus menghapus atau keluar dari beberapa grup Telegram, ya. Jika sudah maka kecepatan download juga akan meningkat kok.

Sangat memberatkan cache di akun anda jika terlalu banyak mengikuti grup. Apalagi jika grup tersebut sangat sering upload file dengan ukuran yang besar-besar. Jadi, mulai sekarang filter grup yang anda ikuti dan usahakan yang penting-penting saja ya!

  1. Hapus File Sampah

Tidak hanya masalah grup saja yang membuat akun anda menjadi lelet untuk download di Telegram. Ternyata, menumpuknya file cache atau sampah juga akan menyebabkan hal serupa. Jadi, jangan sungkan untuk secara berkala membersihkan cache di ponsel anda dan sekalian hapus data Telegram.

  1. Gunakan Perangkat Lain

Jika ponsel anda tetap tidak bisa mempercepat download file Telegram. Maka, anda bisa menggunakan perangkat lain dengan kapasitas lebih besar seperti PC atau Laptop. Anda bisa unduh apk telegram untuk windows melalui website resmi Telegram.

  1. Aplikasi Tambahan

Jika ingin cara instan, maka anda bisa menggunakan aplikasi tambahan seperti download manager. Aplikasi serupa bisa anda dapatkan di Play Store maupun App Store.

Baca juga: Apa Kelebihan dan Kekurangan WhatsApp dan Telegram?

  1. Update Apk

Kemudian rekomendasi cara mempercepat download di Telegram terakhir adalah dengan mengecek update aplikasi. Terkadang anda sering melewatkannya padahal aplikasi yang anda gunakan sudah kadaluarsa. Jadi, usahakan sudah menggunakan versi terbaru agar terhindar dari bug, error atau masalah lainnya.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.