Cara Menaikan Kecepatan Indihome Tanpa Merubah Paket

Cara Menaikan Kecepatan Indihome Tanpa Merubah Paket

Apakah ada cara menaikan kecepatan internet IndiHome tanpa merubah paket? Tentu saja ada beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk mengoptimalkan kecepatan koneksi agar lebih stabil dan tidak lemot.

Apakah Anda pengguna Indihome yang merasa kecepatan internetnya lelet? Jika bertanya kepada customer service, mungkin Anda hanya akan disarankan untuk meresart modem atau upgrade paket. Padahal ada cara menaikan kecepatan Indihome tanpa merubah paket.

Namun sebelum itu, kita harus tau apa yang menjadi penyebab internet lemot. Salah satunya adalah karena berlakunya FUP, fitur tersebut memberikan limit bagi pengguna sehingga saat kuota yang ditentukan sudah habis maka kecepatan akan menurun drastis.

Berbeda dengan saat dulu dimana IndiHome tidak memberlakukan aturan tersebut, pengguna bisa sepuasnya mengunduh dan melakukan streaming tanpa takut kecepatannya akan dibatasi.

Maka dari itulah banyak pengguna yang mencari alternatif atau tips agar koneksi bisa cepat lagi walaupun kuota FUP sudah habis.

Cara ini belum banyak diketahui oleh user Indihome itu sendiri. Jadi, sebaiknya Anda coba 6 cara di bawah ini untuk meningkatkan speed internet.

Cara Menaikan Kecepatan dari Segi Software

1. Cek Speed Internet

Cek Speed Internet

Saat pertama kali mendaftar layanan Indihome, Anda telah memilih kecepatan Internet. Contohnya adalah 10 Mbps, 20 Mbps, 50 Mbps, dan seterusnya. Sebaiknya pastikan terlebih dahulu bahwa kecepatan internet Anda sekarang sama seperti seharusnya.

  • Buka browser Anda, kemudian ketik alamat berikut “speedtest.net” dan tekan enter.
  • Lihat halaman yang muncul, lalu klik “Mulai”.
  • Tunggu hingga prosesnya selesai, lihat kecepatan yang muncul. Jika angkanya kurang dari speed yang seharusnya, wajar jika internet Anda lemot.

2. Update Browser

Pengembang browser selalu melakukan perbaikan sistem yang juga berpengaruh terhadap kecepatan loading. Cobalah untuk melakukan update aplikasi browser secara berkala. Browser jadul memang lebih lambat dibandingkan browser terbaru.

Di bawah ini adalah cara upgrade aplikasi Google Chrome:

  • Klik ikon titik tiga di sudut aplikasi
  • Klik “Others
  • Pilih “update Google Chrome
  • Update akan berjalan otomatis, jika sudah selesai, klik lagi titik tiga dan pilih “Relaunch”.

3. Membersihkan Cache

Cache browser yang menumpuk juga bisa menjadi salah satu penyebab kecepatan internet menurun. Dampaknya juga terasa pada kinerja laptop secara keseluruhan. Bersihkan cache browser Anda dengan cara ini:

  • Tekan “Ctrl”, “Shift” dan “Delete” bersamaan.
  • Pilih opsi “Everything”.
  • Beri tanda centang dengan mengeklik pada opsi “Browsing and download history”, “Cookies”, dan “Cache”.
  • Klik “Ok
  • Tunggu hingga proses pembersihan selesai.

Rasakan perubahannya, sekarang browser Anda akan terasa lebih ringan dan kecepatan internet pun meningkat.

4. Stop Download

Kalau Anda sedang bermain game, streaming, atau sedang melakukan online conference, sebaiknya jangan berbarengan dengan download.

Hentikan aktivitas download terlebih dahulu agar aktivitas utama Anda menjadi lebih stabil. Download bisa dilanjutkan di lain waktu.

Cara Menaikan Kecepatan Indihome Tanpa Merubah Paket dari Segi Teknis

Apabila Anda sudah melakukan tips di atas namun koneksi internet masih lambat, mungkin ada yang salah dari segi teknis. Cobalah untuk memeriksa dua hal di bawah ini.

1. Pastikan Belum Mencapai FUP

FUP adalah kependekan dari Fair Usage Policy atau batas penggunaan wajar. Indihome sendiri menetapkan FUP sebesar 300 GB untuk pengguna paket 10Mbps. Apabila penggunaan internet telah mencapai 300 GB, speed akan diturunkan menjadi 7,5 Mbps.

Kecepatan 7,5 Mbps bertahan sampai penggunaan mencapai 400 GB. Setelah itu, speed akan diturunkan lagi menjadi 4Mbps. Tentu saja hal ini akan berpengaruh secara langsung terhadap kecepatan internet Anda.

Periksa FUP yang sudah Anda capai dengan cara download aplikasi MyIndihome di Playstore. Untuk mencegah penurunan kecepatan di tengah bulan, sebaiknya jangan menggunakan internet secara berlebihan.

2. Batasi Jumlah Pengguna Wi-Fi

Wi-Fi dengan kecepatan 10 Mbps akan optimal apabila dipakai oleh 1-5 device. Jika lebih dari itu, mungkin saja kecepatannya menjadi kurang maksimal seperti yang Anda rasakan saat ini. Sebaiknya Anda membatasi pengguna Wi-Fi dengan cara ini:

  • Gunakan laptop atau Hp yang sudah terhubung dengan Wi-Fi.
  • Buka browser lalu ketik 192.168.1.1 pada address bar.
  • Log in menggunakan username dan password admin.
  • Klik menu “network” – “WLAN settings” – “Wi-Fi control”.
  • Pilih SSID yang ingin dibatasi, atur nilainya sesuai dengan keinginan.
  • Klik tombol “Apply”.

Jika koneksi tak kunjung cepat, Anda bisa mengadukan hal ini melalui Pengaduan IndiHome agar langsung ditanggapi dan permasalahan internet di rumah Anda dapat teratasi.

Bayak pengguna yang sudah menerapkan cara menaikan kecepatan Indihome tanpa merubah paket di atas merasa puas. Pasalnya, peningkatan speed internet bisa langsung terasa.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!