Cara Mengaktifkan 2 SIM Card Pada Xiaomi (Semua Tipe)

cara mengaktifkan 2 sim card pada xiaomi

Hampir semua ponsel yang diedarkan di Indonesia sudah memiliki slot untuk dua sim card, termasuk ponsel dari Xiaomi. Agar bisa menggunakan kedua sim card secara bersamaan, Anda harus mengaktifkannya terlebih dahulu.

Bagaimana cara mengaktifkan dua sim card di ponsel Xiaomi dan apa yang harus Anda lakukan bila Anda mengalami masalah ditengah aktivasi? Simak penjelasannya berikut ini.

Cara Mengaktifkan 2 Sim Card di Ponsel Xiaomi

Bila Anda akan mengaktifkan mode dual sim card di Xiaomi, maka caranya sangatlah mudah. Sebelum melakukannya, pastikan bahwa kedua sim card yang akan Anda gunakan sudah terpasang di tempatnya masing-masing dengan benar.

Jika sudah, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Lakukan aktivasi pasa masing-masing kartu sesuai dengan aturan provider yang digunakan.
  2. Klik menu settings di ponsel Anda.
  3. Klik menu SIM card dan mobile data.
  4. Klik SIM 1 dan SIM 2
  5. Klik opsi enable atau aktifkan pada setiap kartu.

Selesai, bila semua kartu sudah diaktifkan maka mode dual sim card Anda di ponsel Xiaomi sudah aktif dan bisa digunakan.

Penyebab Sim Card Tidak Bisa Aktif di Ponsel Xiaomi

Biasanya, sim card yang sudah diaktivasi akan langsung aktif dengan sendirinya di ponsel Xiaomi. Tetapi bila sim card Anda tidak kunjung bisa digunakan, maka mungkin ada beberapa hal yang menyebabkan sim card Anda tidak bisa diaktifkan.

Berikut ini adalah beberapa penyebab sim card tidak bisa aktif di ponsel Xiaomi:

  • Ponsel tidak memiliki IMEI atau IMEI kosong.
  • Jaringan provider sedang error.
  • Kartu belum diaktivasi.

Masih ada banyak penyebab lain yang mungkin menyebabkan masalah ini tetapi tiga hal diatas adalah yang paling umum dijumpai.

Baca juga:

Cara Mengatasi Dual Sim Card Tidak Bisa Diaktifkan di Xiaomi

Apabila Anda mengalami masalah ini, maka Anda harus tahu bagaimana cara mengatasinya. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

Restart Ponsel

Jangan panik apabila setelah Anda mengaktifkan mode dual sim card, sim card tidak kunjung bisa digunakan. Coba untuk restart ponsel terlebih dahulu agar kartu sim bisa menjangkau sinyal yang lebih baik.

Merestart ponsel juga bisa membuat ponsel mendapatkan waktu untuk memulai ulang semua jaringan yang ada didalamnya.

Aktivasi Kartu

Untuk kartu baru, Anda bisa mencoba melakukan aktivasi terlebih dahulu. Untuk kartu yang sudah lama digunakan, coba lakukan aktivasi ulang kartu sesuai dengan aturan provider masing-masing. Anda bisa menghubungi call center setiap provider apabila membutuhkan instruksi lebih lanjut.

Cek IMEI Ponsel

Sebelumnya sudah disebutkan bahwa salah satu hal yang membuat ponsel Xiaomi Anda tidak bisa mengaktifkan dual sim card adalah karena ponsel tidak memiliki IMEI.

Hal ini tidak akan terjadi apabila ponsel Anda tidak pernah melakukan root, ganti custom atau yang lainnya. Tetapi bila Anda sudah pernah mengganti setelan pabrik ponsel, IMEI bisa hilang dan perlu Anda cek ulang.

Hubungi Customer Service Xiaomi atau Provider

Anda perlu tahu dimana letak permasalahan ini agar Anda bisa menghubungi pihak yang bersangkutan. Semisal kartu Anda yang bermasalah, maka hubungi customer service provider kartu.

Tetapi bila ponsel Anda yang bermasalah maka silahkan hubungi customer service Xiaomi agar bisa mengambil tindakan lanjutan.

Itu dia tutorial mengaktifkan mode dual sim card di ponsel Xiaomi dan bagaimana cara mengatasi apabila tidak bisa diaktifkan. Selamat mencoba.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.