Cara Mengatasi COM Surrogate Has Stopped Working di Windows

Cara Mengatasi COM Surrogate Has Stopped Working di Windows

Ketika menjalankan komputer mungkin Anda pernah mengalami masalah “COM surrogate has stopped working”. Umumnya, masalah ini disebabkan oleh berbagai faktor. Mulai dllhost system 32 yang terkunci hingga komponen yang error.

Namun, terdapat tindakan yang bisa dilakukan dalam cara mengatasi COM surrogate has stopped working pada sistem operasi Windows 7, 8, dan 10.

Selain itu, cara – cara yang diterapkan tergolong sangat mudah. Tentunya ini sangat membantu bagi Anda yang mengalami masalah COM surrogate has stopped working hingga menyebabkan tidak bisa membuka video ataupun galeri melalui Windows Photo Viewer.

Cara Mengatasi COM Surrogate Has Stopped Working di Windows

1. Uninstall Program

Pada cara yang pertama ini Anda dapat menghapus atau uninstall sebagian dari program yang cukup besar. Seperti Adobe Photoshop CS4, Nero, Steam, dan aplikasi lainnya.

Hal ini dikarenakan pada program ini membutuhkan ruang penyimpanan yang cukup besar. Tentunya ini membuat aplikasi lain yang ingin berjalan tidak memiliki tempat dikarenakan jalur yang sudah penuh oleh sebagian program.

Namun, jika komputer atau laptop Anda memiliki spesifikasi yang cukup tinggi, maka bisa disimpulkan bahwa masalah ini bukan dari program yang penuh. Anda dapat melakukan cara lainnya seperti ulasan yang ada di bawah.

2. Menggunakan CMD atau Command Prompt

Cara berikutnya yang bisa Anda gunakan dalam mengatasi masalah COM surrogate has stopped working adalah melalui aplikasi CMD atau Command Prompt. Pada aplikasi ini Anda dapat memasukan perintah berupa script. Cara ini juga tergolong sangat efektif dalam mengatasi masalah tersebut.

 Berikut ini cara – cara yang dapat Anda lakukan dalam mengatasi COM surrogate has stopped working.

  • Cara pertama Anda dapat membuka aplikasi CMD atau Command Prompt melalui komputer atau laptop yang menggunakan sistem operasi Windows.
  • Setelah aplikasi terbuka, maka Anda dapat memasukan perintah regsvr32 vbscript.dll dan regsvr32 jscript.dll.
  • Selanjutnya, Anda hanya perlu menekan tombol enter di keyboard dan tunggu hingga proses selesai dilakukan.
  • Jika pengaturan konfigurasi berhasil dilakukan, maka akan tampil notifikasi berupa ”DllRegisterServer in jscript.dll succeeded”.

3. Mengakses File eventvwr.msc

Cara terakhir yang dapat Anda gunakan dalam mengatasi masalah COM surrogate telah berhenti adalah menggunakan file Event Viewer. Pada file ini bisa Anda buka melalui fitur Windows Run.

Di bawah ini langkah – langkah untuk mengakses file Event Viewer pada operasi sistem Windows.

  • Langkah pertama adalah membuka Windows Run melalui kombinasi keyboard antara Windows dan R.
  • Setelah itu, Anda dapat memasukan perintah eventvwr.msc dan tekan enter pada keyboard.
  • Pada tampilan jendela Event Viewer, maka Anda bisa memilih Administrative Templates, kemudian masuk ke Tab Source dan klik Aplication Error.
  • Selanjutnya akan tampil beberapa bagian system yang error. Di tampilan ini Anda dapat memilih random dan klik bagian General.
  • Jika terdapat tulisan berupa “Faulting application name: DllHost.e”, maka Anda dapat langsung ke menu Komputer, kemudian pilih opsi Properties.
  • Pada jendela baru ini, klik Advanced System Settings dan masuk ke Advanced, lalu pilih Setting pada bagian performance.
  • Selanjutnya, pada bagian Tab Data Execution Prevention lakukan turn on DEP untuk semua program. Anda dapat menambahkan aplikasi Dllhost.exe jika operasi sistem yang digunakan memiliki 32 bit melalui folder System32. Kemudian untuk OS 64 bit, maka cari di folder SysWOW64.
  • Setelah semua sudah selesai Anda ubah, maka klik Apply dan OK untuk penyimpanan.
  • Langkah terakhir Anda dapat melakukan restart pada komputer.

Banyaknya faktor yang menyebabkan masalah COM surrogate telah berhenti, membuat Anda tidak dapat melalukan berbagai aktivitas menggunakan PC atau Komputer.

Baca juga:

Hal ini menjadikan pengguna perlu mengetahui cara mengatasi COM surrogate has stopped working pada sistem operasi Windows.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *