6 Cara Mengatasi Laptop Blank Hitam Tapi Hidup

Cara Mengatasi Laptop Blank Hitam Tapi Hidup

Laptop blank hitam tapi CPU masih hidup memang masalah yang sering terjadi, lebih-lebih pada komputer atau laptop yang berumur dan sering digunakan. Sebenarnya cara mengatasi laptop blank hitam tapi hidup sangat mudah, jadi Anda jangan langsung beli laptop atau monitor baru.

Jika memang tidak ada kerusakan yang terlalu serius, masalah seperti bisa dicek dan dicari solusinya secara mandiri. Di bawah ini ada beberapa solusi mengatasi masalah laptop blank hitam tapi hidup yang bisa Anda coba.   

Cara Mengatasi Laptop Blank Hitam Tapi Hidup

1. Cek Layar Laptop

Agar bisa menemukan solusi suatu masalah, harus ditemukan terlebih dahulu penyebab dari masalah tersebut. Jadi, mudahnya, jika layar laptop blank hitam namun CPU-nya menyala, kemungkinan besar masalah ada pada layar laptop.

Karena itu, Anda harus mengeceknya terlebih dahulu layar laptop tersebut, apakah memang benar-benar rusak dan tidak bisa diselamatkan. Caranya bisa dengan menggunakan layar LCD eksternal. Jadi jika menyala, maka fix layar laptop Anda yang bermasalah.

Selain menghubungkan laptop dengan layar LCD eksternal, Anda juga bisa mengecek layar dengan mengarahkan lampu senter kepadanya. Jika tidak ada tulisan sama sekali, maka layar laptop tersebut memang sudah rusak.

Nah, jika Anda sudah mengetahui bahwa memang layar LCD laptop yang rusak, maka bisa membeli yang baru. Jika tidak, Anda juga bisa membawanya ke teknisi atau tukang servis, barangkali ada solusi yang lebih ramah bujet.

2. Setel Ulang Resolusi Layar

Layar laptop yang sering blank hitam bisa disebabkan resolusinya yang diatur terlalu tinggi di luar kapasitasnya. Hal ini memang biasa terjadi, lebih-lebih jika laptop yang Anda miliki masih memiliki spesifikasi yang rendah.

Untuk mengatur hal ini, Anda harus masuk ke Safe Mode terlebih dahulu. Caranya adalah dengan menekan F8 berulang kali saat laptop mulai booting. Setelah laptop berada dalam Safe Mode, berikut cara mengatur ulang resolusi layar laptop untuk Windows 7 :

  1. Pertama, klik Control Panel (di Start Menu)
  2. Selanjutnya pilih Adjust Screen Resolution di bagian Appearance and Personalization.
  3. Selanjutnya pilih resolusi yang disarankan oleh Windows di bagian Resolution.
  4. Terakhir klik OK.

Jika Anda menggunakan Windows 8 dan 10, caranya adalah :

  1. Buka Settings (ikon gear) lalu klik menu Display di bagian System.
  2. Selanjutnya klik Resolution di sisi kiri layar dan pilih resolusi yang disarankan oleh Windows.
  3. Terakhir klik OK untuk menyimpannya.

Setelahnya Anda bisa restart laptop dan lihat apakah layar LCD masih sering blank hitam. Jika penyebabnya karena resolusi layar yang di luar kapasitas laptop, cara di atas seharusnya bisa mengatasinya.

3. Bersihkan RAM dan Copot Baterai Laptop

Layar laptop blank hitam namun CPU masih hidup terkadang juga disebabkan karena RAM yang rusak atau kotor. Karena itu, sebelum memutuskan untuk menggantinya, Anda harus mencoba untuk membersihkan RAM tersebut, barangkali bisa berfungsi kembali.

Caranya seperti di bawah ini :

  1. Pertama bongkar laptop dan copot RAM dari slot-nya, biasanya berada di bagian belakang bodi laptop. Jika laptop tersebut memiliki 2 slot RAM, maka harus dicopot kedua-duanya.
  2. Setelah dicopot, Anda bisa membersihkan RAM (bagian pin) tersebut dengan kuas atau penghapus pensil.
  3. Setelah yakin RAM bersih, pasang kembali RAM tersebut dan nyalakan laptop.

Layar laptop yang blank hitam akan teratasi jika penyebabnya memang RAM yang kotor. Anda juga bisa mencoba untuk mencopot baterai laptop juga, barangkali baterai tersebut terlalu panas sehingga berpengaruh pada layar laptop.

4. Copot Pemasangan Aplikasi/Software yang Mencurigakan

Cara mengatasi laptop blank hitam tapi hidup berikutnya adalah dengan mencopot pemasangan aplikasi atau software yang mencurigakan. Laptop yang blank hitam bisa disebabkan oleh malware atau virus, yang biasanya bersembunyi di balik aplikasi dan software yang mencurigakan.

Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa uninstall aplikasi dan software yang Anda tidak merasa pernah memasangnya di laptop. Langkah-langkahnya adalah :

  1. Pertama buka Control Panel, yang bisa ditemukan di Start Menu.
  2. Setelah jendela Control Panel terbuka, klik Uninstall Program di bagian Programs.
  3. Selanjutnya klik kanan pada aplikasi/software yang mencurigakan lalu pilih Uninstall.
  4. Lakukan hal ini ke semua aplikasi/software yang mencurigakan hingga habis tidak tersisa.
  5. Jika sudah, sekarang restart laptop.

5. Menggunakan Registry Editor

Anda juga bisa mencoba mengatasi laptop blank hitam tapi CPU hidup melalui Registry Editor, caranya :

  1. Pertama tekan ALT + CTRL + DEL di keyboard lalu pilih Start Task Manager.
  2. Selanjutnya klik File lalu pilih Run New Task untuk menjalankan task baru.
  3. Di jendela Create New Task, input keyword regedit lalu klik OK.
  4. Setelah muncul Registry Editor, Anda buka folder HKEY_CURRENT_USER.
  5. Selanjutnya buka folder Software-Microsoft-Windows-CurrentVersion-Explorer dan cari file dengan nama ExplorerStartupTraceRecord.
  6. Selanjutnya klik kanan pada file ExplorerStartupTraceRecord lalu pilih Delete.
  7. Selesai, sekarang co

6. Hapus CMOS Laptop

Selanjutnya, Anda bisa menghapus CMOS (Complementary Metal Oxide Semiconductor) untuk mengatasi laptop blank hitam namun tetap hidup. Caranya seperti di bawah ini :

  1. Hidupkan laptop lalu tekan F2 atau DEL hingga Anda masuk ke pengaturan BIOS.
  2. Selanjutnya klik tab Exit lalu pilih Load Optimal Default.
  3. Selanjutnya pilih YES lalu tekan Enter di keyboard.
  4. Selesai, setelahnya BIOS akan kembali ke pengaturan awal alias pabrik. Dengan ini, diharapkan layar laptop berfungsi normal seperti biasanya.

Baca juga:

Sebelum memutuskan untuk mengganti layar laptop, Anda harus mencoba salah satu dari cara mengatasi laptop blank hitam tapi hidup di atas. Cara-cara di atas sangat mudah dan bisa dilakukan secara mandiri, jadi tidak perlu datang ke tukang servis laptop.

You May Also Like

error: Content is protected !!