5 Cara Mengatasi Memori Internal Samsung J2 Prime Penuh

Samsung J2 Prime

Jika Anda merupakan pengguna smartphone dari Samsung yaitu J2 Prime, mungkin sering mengalami masalah internal penuh. Sebenarnya Anda bisa menyelesaikan masalah ini dengan menerapkan beberapa cara mengatasi memori internal J2 Prime penuh.

Apalagi saat internal penuh maka akan menyebabkan kinerja HP menjadi menurun sangat tajam. Selain itu Anda juga tidak bisa menyimpan file-file baru.

Cara Mengatasi Memori Internal J2 Prime Penuh

Sebagai pengguna smartphone J2 Prime, Anda harus bisa melakukan cara-cara mengatasi internal penuh. Jadi ketika masalah itu datang, Anda bisa menyelesaikannya dengan cepat tanpa harus merasakan kinerja HP yang jadi lelet. Berikut yang harus Anda lakukan:

1. Hapus Cache/File Sampah

Cache merupakan kumpulan file yang dibuat oleh aplikasi tertentu dan bersifat sementara. Ketika file ini didiamkan dan tidak pernah dibersihkan maka akan menyebabkan memori internal menjadi penuh. Untuk membersihkannya, ikuti langkah berikut:

  1. Masuk ke “Pengaturan” J2 Prime.
  2. Kemudian carilah menu dengan tulisan “Pemeliharaan perangkat”.
  3. Kalau sudah ketemu, carilah tulisan “Optimalkan Sekarang” dan tekan, maka sistem akan membersihkan file sampah.
  4. Jika proses sudah selesai, cek apakah memori internal sudah lumayan longgar atau belum.
  5. Selain dengan cara di atas, Anda juga bisa dengan cara menuju ke “Pengaturan” lalu ke “Aplikasi” dan buka salah satu aplikasi. Tekan tombol “Hapus Data” atau “Hapus Cache”. Buka aplikasi satu per satu untuk menghapus file cache.

Baca juga: Cara Foto Kode QR Di HP Samsung Tanpa Aplikasi

2. Menghapus Aplikasi yang Tidak Dibutuhkan

Ini menjadi cara yang paling sulit karena Anda harus menghapus aplikasi yang sudah download. Dengan memori internal yang terbatas, Anda harus bisa melakukan seleksi aplikasi apa saja yang tidak dibutuhkan.

Utamakan aplikasi yang sering Anda gunakan sehari-hari. Pada aplikasi tambahan seperti game ringan dan lain-lain lebih baik dihapus agar memori internal menjadi lebih longgar lagi.

Selain membuat penyimpanan jadi longgar dengan cepat, penghapusan aplikasi juga bisa meminimalisir file cache yang bisa membuat penyimpanan jadi penuh lagi.

3. Memindahkan File Besar Ke Laptop

Cara lain untuk bisa membuat memori internal Samsung Galaxy J2 Prime bisa dilakukan dengan memindahkan file berukuran besar ke laptop. Cara ini baru bisa Anda lakukan jika memang memiliki perangkat laptop.

Sebelum melakukan cara ini, seleksi terlebih dulu file-file yang mungkin tidak akan Anda buka dalam waktu yang lama. File itu seperti foto kenangan, video koleksi dan lain-lain. Sebab dengan memori internal yang terbatas, Anda tidak akan bisa menyimpan semua file tersebut.

4. Memindahkan Aplikasi Ke SD Card

Trik agar memori internal bisa longgar adalah memindahkan aplikasi ke SD Card. Sayangnya tidak semua aplikasi bisa dipindahkan ke SD Card. Anda harus melakukan pengecekan satu per satu pada setiap aplikasi. Berikut caranya:

  1. Masuk ke “Pengaturan”.
  2. Selanjutnya pilih menu tulisan “Aplikasi”.
  3. Kemudian buka aplikasi hasil download. Cek apakah ada keterangan “Pindah Ke SD Card” atau tidak. Kalau ada, tekan saja pada tombol itu dan pemindahan akan berlangsung.
  4. Jika Anda menggunakan cara ini, pastikan tidak melepas SD Card dengan sembarangan. Karena aplikasi yang tersimpan di SD Card akan error.

5. Mematikan Download Otomatis WhatsApp

Memori internal J2 Prime bisa Anda gunakan lebih maksimal dengan mematikan download otomatis pada aplikasi WhatsApp. Caranya berikut ini:

  1. Buka dan jalankan aplikasi WhatsApp.
  2. Tekan tombol tiga titik di atas.
  3. Selanjutnya cari menu “Penyimpanan dan Data”.
  4. Tekan pada “Saat menggunakan data seluler” dan hilangkan semua centang.
  5. Lakukan itu juga pada tulisan “Saat terhubung ke Wi-Fi” dan “Saat Roaming”.

Baca juga: Cara Mengatasi HP Samsung Mati Total Karena Gagal Flashing

Cara mengatasi memori internal J2 Prime penuh di atas cukup efektif. Tapi Anda harus mencobanya satu per satu sampai memori benar-benar longgar.

You May Also Like

error: Content is protected !!