Cara Mengatasi Voucher Gratis Ongkir Shopee Tidak Bisa Digunakan

Cara Mengatasi Voucher Gratis Ongkir Shopee Tidak Bisa Digunakan

Berikut ini adalah penyebab kenapa voucher gratis ongkir Shopee tidak bisa digunakan sekaligus cara mengatasinya.

Shopee adalah salah satu marketplace yang paling digemari oleh masyarakat Indonesia. Satu hal yang disukai pengguna dari marketplace satu ini adalah voucher gratis ongkir.

Artikel ini akan membahas mengenai penyebab dan cara mengatasi voucher gratis ongkir Shopee tidak bisa digunakan.

Tak sedikit pengguna Shopee yang mengeluhkan bahwa voucher free ongkir miliknya tak bisa digunakan. Jika Anda mengalami hal yang sama, sebaiknya simak dan pahami pembahasan di bawah ini.

Penyebab dan Cara Mengatasi Voucher Gratis Ongkir Shopee Tidak Bisa Digunakan

Ketika voucher free ongkir di Shopee tak bisa digunakan, pasti ada penyebabnya. Cara untuk mengatasinya pun berbeda tergantung dari masalah yang terjadi. Oleh sebab itu, Anda perlu mengenali penyebabnya terlebih dahulu.

1. Kode Voucher Free Ongkir Tidak Sah

Penyebab pertama voucher gratis ongkir dari Shopee tak bisa dipakai adalah kode voucher yang tidak sah.

Hal ini bisa terjadi ketika pengguna memasukkan kode voucher yang salah ke dalam aplikasi. Hal ini juga bisa disebabkan karena kode voucher tersebut sudah habis masa berlakunya.

Untuk mengatasi kode voucher yang tidak sah, Anda bisa mengetik ulang kodenya hingga benar. Anda juga bisa mengganti dengan kode voucher lain yang masih berlaku.

Baca juga: Cara Daftar Shopee Food untuk Merchant dan Driver

2. Voucher Tidak Berlaku untuk Produk yang Dibeli

Terkadang Shopee menyediakan voucher gratis ongkir untuk beberapa produk tertentu. Misalnya untuk barang elektronik saja.

Jika Anda menggunakan voucher tersebut untuk membeli produk fashion, voucher tak bisa digunakan.

Hal ini disebabkan oleh penggunaan voucher di luar ketentuannya. Untuk mengatasi permasalahan ini, Anda harus mengganti dengan voucher lain.

3. Metode Pembayaran Tidak Sesuai

Lebih mudah dengan Shopeepay

Belakangan ini, Shopee hanya memberikan voucher gratis ongkir untuk metode pembayaran Shopeepay dan Cash on Delivery (COD).

Secara otomatis, voucher gratis ongkir tersebut tidak akan berlaku untuk metode pembayaran lain seperti transfer atau melalui merchant.

Permasalahan ini bisa diatasi dengan mudah. Salah satunya adalah mengganti metode pembayaran sesuai dengan yang tertera di voucher.

Contohnya ketika Anda mendapatkan voucher free ongkir khusus metode pembayaran Shopeepay, sebaiknya top up saldo Anda untuk melakukan pembayaran.

Baca juga: Cara Menukar Koin Shopee ke ShopeePay dan Pulsa

4. Jasa Pengiriman Tidak Sesuai

Ekspedisi Shopee

Selain membuat voucher untuk metode pembayaran tertentu, Shopee juga tak jarang membuat voucher free ongkir untuk ekspedisi tertentu. Contohnya gratis ongkir khusus pengiriman dengan Shopee Express.

Anda tak akan bisa menggunakan voucher tersebut jika memilih jasa pengiriman JNE atau Sicepat. Sebaiknya, ganti jasa pengiriman sesuai ketentuan.

Jika lokasi Anda belum didukung oleh jasa pengiriman tersebut, artinya Anda harus ganti dengan jenis voucher lain.

5. Tidak Memenuhi Minimum Pembelian

Shopee juga menetapkan minimum pembelian untuk bisa menggunakan voucher gratis ongkir. Untuk tanggal tertentu seperti 10.10, 11.11, dan 12.12, biasanya Shopee menetapkan jumlah minimum pembelian adalah nol (0).

Namun di luar tanggal itu, Shopee menetapkan minimum belanja mulai dari Rp 30.000 sampai Rp 120.000 untuk pengguna voucher free ongkir.

Ketika Anda gagal menggunakan voucher tersebut, mungkin disebabkan oleh jumlah belanja yang belum mencapai batas minimal.

Jadi, Anda perlu menambah jumlah produk yang akan dibeli untuk bisa menggunakan voucher free ongkir.

Baca juga: Cara Menghapus Riwayat Pesanan di Shopee

6. Masa Berlaku Voucher Sudah Habis

Tanggal kedaluwarsa voucher gratis ongkir bisa dilihat dengan jelas pada laman voucher. Apabila melebihi waktu kedaluwarsa, voucher gratis ongkir tak bisa lagi digunakan. Hal ini merupakan ketentuan dari Shopee dan tidak bisa diganggu gugat.

Solusi yang bisa dilakukan adalah mengganti voucher dengan yang lainnya. Dapatkan voucher dari laman promosi.

Sekarang Anda tak perlu khawatir ketika tak bisa menggunakan voucher gratis ongkir di Shopee. Kenali penyebab mengapa voucher gratis ongkir tak bisa digunakan.

Setelah itu, Anda dapat mempraktikkan cara mengatasi voucher gratis ongkir Shopee tidak bisa digunakan sesuai penyebabnya.

You May Also Like

error: Content is protected !!