Cara Pengembalian Dana di Shopee dengan Proses Cepat

Cara Pengembalian Dana di Shopee

Kali ini kami akan bagikan panduan cara mengajukan pengembalian dana di Shopee akibat barang yang tidak sesuai harapan atau bahkan belum sampai ke tangan pembeli dengan rentan waktu yang cukup lama.

Bingung beli barang di Shopee tidak sesuai, bahkan tidak sampai? Tidak perlu khawatir, marketplace populer sekelas Shopee punya fitur pengembalian dana. Namun, sudahkah Anda tahu cara pengembalian dana di Shopee?

Sebagai salah satu marketplace besar di Indonesia, Shopee memang memberikan pelayanan terbaik. Shopee menyediakan garansi yang membuat transaksi jual beli lebih aman. Seperti marketplace pada umumnya, dana yang dikirimkan pembeli akan ditampung dulu di rekening bersama.

Mengapa Mengajukan Pengembalian Dana?

Setiap orang tentunya ingin melakukan transaksi jual beli dengan aman dan lancar. Namun, hal yang tidak diperkirakan memang bisa menimpa siapa saja. Misalnya ketika produk yang dikirimkan tidak sesuai atau tak kunjung sampai.

Tidak usah risau, adanya garansi Shopee membuat pelanggan bisa mengajukan pengembalian dana maupun return barang. Sebagai salah satu marketplace terkemuka, hampir semua masyarakat Indonesia mengenal platform Shopee.

Untuk itu Anda harus memiliki bukti terlebih dahulu jika ingin melakukan return barang, baca panduannya di => Cara Mengirim Video di Chat Shopee untuk Komplain Produk.

Bahkan aplikasi ini mengalahkan kompetitornya yang berjaya beberapa waktu lalu. Kini, Shopee menjelma menjadi platform yang paling banyak digunakan pecinta online shop di tanah air.

Tentunya hal ini tidak lepas dari berbagai macam fitur yang disediakan. Salah satunya fitur garansi Shopee.

Apa Itu Garansi Shopee?

Garansi Shopee

Garansi Shopee merupakan proteksi dari pihak Shopee bagi pelanggan setianya. Caranya dengan menahan dana transaksi yang sudah dikirimkan sampai pembeli melakukan konfirmasi pesanan telah diterima dengan baik.

Berapa lama garansi Shopee berlaku? Perlindungan dari Shopee ini dihitung dari durasi pengemasan ditambah estimasi waktu pengiriman. Sejak pelanggan mengkonfirmasi pembayaran, disitulah masa garansi Shopee mulai dihitung.

Salah satu hal yang menarik dari garansi Shopee adalah durasinya yang bisa diperpanjang. Bagaimana cara memperpanjang masa garansi? Caranya sangat mudah, Anda tinggal mengunjungi halaman rincian pesanan lalu pilih Perpanjangan Masa Garansi Shopee.

Cara Mengajukan Pengembalian Dana di Shopee dengan Mudah

Cara Mengajukan Pengembalian Dana di Shopee dengan Mudah

Pengembalian dana memang bisa menjadi solusi yang tepat jika terjadi kesalahan pengiriman. Namun sebelum memanfaatkan fitur ini, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

  • Waktu Pengembalian Dana

Pelanggan masih bisa mengajukan pengembalian dana selama garansi Shopee masih berlaku dan belum menekan Pesanan Diterima. Ketika mendapati produk yang dibeli tidak sesuai atau tidak dikirimkan, Anda bisa meminta agar dana dikembalikan.

  • Belum Tentu Disetujui

Perlu diketahui, pengembalian dana pada dasarnya bersifat pengajuan kepada seller. Jadi, pihak seller bisa saja menolak pengajuan tersebut. Namun jika lebih dari tiga hari tidak ada respon dari penjual, pengembalian dana otomatis bisa dilakukan.

  • Disesuaikan dengan Metode Pembayaran

Perlu diketahui pengembalian dana pada dasarnya disesuaikan dengan metode pembayaran yang digunakan. Apabila Anda membayar pesanan via ShopeePay, transfer bank, minimarket, dana akan dikembalikan ke Shopeepay.

Sedangkan selain metode tersebut, misalnya debit online, Akulaku, kartu kredit, dan kredivo akan dikembalikan ke akun yang bersangkutan.

Langkah Pengembalian Dana di Shopee

Setelah memahami seputar pengembalian dana dan ketentuannya, kini saatnya Anda mengikuti langkah-langkahnya.

  1. Buka aplikasi Shopee lalu buka tab menu Saya.
  2. Pada bagian menu Pesanan Saya, klik Sedang Dikemas (ikon mobil truk).
  3. Pada halaman tersebut, pilih opsi Ajukan Pengembalian Barang/Dana.
  4. Pilih alasan mengapa Anda hendak mengajukan pengembalian dana.
  5. Masukkan alamat email aktif Anda lalu klik Kirimkan.

Perlu diketahui, proses pengajuan pengembalian dana bisa diperkuat dengan mengirimkan foto, video unboxing, atau screenshoot invoice transaksi produk. Setelah disiapkan, kirimkan ke alamat email dispute@shopee.co.id.

Simak juga: Cara Menghapus Riwayat Pesanan di Shopee

Cara pengembalian dana di Shopee pada dasarnya memang mudah dilakukan. Jadi, Anda tidak perlu khawatir jika sewaktu-waktu barang tidak sesuai atau tidak dikirimkan. Namun perhatikan pula syarat pengembalian dana yang biasanya di setiap seller berbeda-beda.

You May Also Like

error: Content is protected !!