Cara Mengirim Video di Chat Shopee untuk Komplain Produk

Cara Mengirim Video di Chat Shopee

Ingin komplain barang rusak? Begini cara mengirim video di chat Shopee penjual atau ke pusat resolusi Shopee untuk komplain produk yang rusak dan ingin melakukan pengembalian barang (return).

Saat ini Shopee menjadi aplikasi belanja yang terlaris dan sedang menduduki puncak marketplace di tanah air. Hal itu tentu tidak terlepas dari seringnya Shopee memberikan diskon dan promo gratis ongkir bagi pelanggan.

Apalagi dengan hadirnya COD yakni dimana pembeli bisa membayar saat barang sudah sampai. Metode pembayaran ini semakin populer sekarang karena dinilai lebih gampang tanpa harus transfer ke ATM terlebih dahulu.

Namun tidak jarang juga pengguna Shopee yang mengalami produknya rusak akibat dipengiriman atau karena penjual yang tidak amanah. Akibatnya sejumlah pembeli tidak bisa menggunakan barang yang dia beli karena sudah rusak.

Apakah Bisa Dikembalikan?

Tentu saja bisa, asalkan Anda memiliki bukti yang cukup kuat seperti misalnya video rekaman saat unboxing. Tips saat menerima barang terutama barang berat misalnya TV LED, Kulkas, DVD, Laptop, Smartphone dan semacamnya.

Saat ingin membuka bungkus barang (Unboxing) sediakan hp untuk merekam video dan silahkan perlihatkan kode resi dan juga nama Anda yang biasanya ditempel pada kemasan barang.

Jelaskan pada video barang apa yang Anda beli dan membelinya di toko apa namanya, jelaskan secara rinci karena jika ada kerusakan nanti proses return akan lebih mudah. Jangan rekam barang rusak saat sesudah unboxing!

Nah, jika memang barang yang Anda terima mengalami kerusakan sekarang konfirmasi ke penjual bahwa barang rusak dan ingin mengembalikan dengan cara chat terlebih dahulu ke penjual di Shopee.

Baca juga: Cara Menghapus Riwayat Pesanan di Shopee

Cara Mengirim Video ke Chat Shopee Penjual

Pastikan video yang Anda rekam sudah jelas yang akan kita kirimkan ke penjual. Tujuan dari mengirim video ini adalah sebagi bukti, jadi nanti penjual akan lebih mudah dalam melakukan proses pengembalian barang.

Berikut cara mengirim video ke chat Shopee:

  1. Siapkan video rekaman.
  2. Sekarang upload video tersebut ke YouTube.
  3. Jika sudah, salin link dari Youtube.
  4. Buka aplikasi Shopee.
  5. Kunjungi toko yang ingin dikirim pesan.
  6. Tekan Chat dan kirim link yang di salin tadi.
  7. Jelaskan bahwa Anda ingin melakukan pengembalian barang karena rusak.
  8. Tunggu balasan dari penjual.

Biasanya penjual akan membalas pesan dengan cepat bila di sedang online. Dan usahakan mengirim pesan saat toko sedang buka, hindari hari libur dan akhir pekan misalnya hari sabtu dan minggu.

Jika tidak ada itikad baik dari sang penjual misalnya dia tidak mau barang dikembalikan, maka masih ada cara lain yaitu dengan menghubungi pusat resolusi Shopee.

Baca juga: Cara Berhenti Shopee PayLater

Cara Menghubungi Pusat Resolusi Shopee

Pusat resolusi Shopee adalah customer service yang bertugas untuk menerima komplain dari berbagai pengguna baik itu penjual dan pembeli. Pusat resolusi ini biasanya akan online 24 jam nonstop untuk memberikan solusi bagi permasalahan yang sedang dihadapi pengguna.

Berikut ini cara mengirim video ke pusat resolusi Shopee sebagai bukti.

Syarat:

  • Gunakan aplikasi Shopee versi terbaru
  • Video berukuran maksimal 30 MB.
  1. Masuk ke halaman diskusi atau rincian pengembalian.
  2. Pilih Upload Bukti.
  3. Upload video atau berupa foto bukti dan Submit.
  4. Dan silahkan tunggu balasan dari CS Shopee.

Jika memang terbukti barang yang Anda dapatkan rusak dari sang penjual, maka Toko tersebut akan mendapatkan hukuman dari Shopee seperti penutupan paksa ataupun tindakan yang lainnya.

Intinya disini pihak Shopee akan berusaha untuk membantu agar penjual mengembalikan uang atau mengirim barang yang baru.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!