Cara Mengetahui No Kartu ATM BCA 16 Digit yang Hilang

Setiap kartu ATM disertai dengan nomor sebanyak 16 digit yang tertera di depan kartu ATM. Keberadaan nomor ini sendiri untuk identifikasi, setiap digit memiliki arti masing-masing.

  • Pada digit 1: menunjukkan kode provider kartu
  • Pada digit 2 sampai 6: mengartikan kode bank
  • Pada digit 7 sampai 15: adalah nomor akun
  • Pada digit 16: sebagai nomor pemeriksaan

Keberadaan 16 digit pada kartu ATM penting kiranya dijaga dan jangan sampai ada orang lain yang tahu. Keamanan akun Anda bisa berisiko kalau sampai Anda mengekspose 16 digit ini karena banyak pembajakan bersumber dari sana.

Untuk beberapa hal, kita kadang membutuhkan nomor 16 digit ini, misal untuk keperluan menggunakan aplikasi mBanking BCA yang baru Anda unduh di ponsel Anda.

Tapi bagaimana jadinya jika 16 digit nomor tersebut tidak bisa Anda ketahui lantaran kartu ATM BCA Anda hilang?

Entah apa penyebab kartu ATM BCA bisa hilang, tapi Anda tenang saja, karena tetap ada cara mengetahui no kartu ATM BCA 16 digit itu.

Cara Mengetahui No Kartu ATM BCA 16 Digit Tanpa Kartu ATM

Anda bisa menghubungi customer service Hallo BCA lalu menyatakan keluhan Anda supaya nanti pihak BCA ikut membantu Anda. Itu cara formalnya, cara tidak mandiri.

Ada 2 cara lagi yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui nomor kartu ATM BCA 16 digit yang hilang tersebut.

Cara 1: Mengecek No Kartu ATM BCA 16 Digit di Situs Klik BCA

Jika Anda tidak bisa mengakses aplikasi mBanking BCA Anda karena permasalahan nomor katu ATM BCA 16 digit tadi, Anda bisa mengeceknya melalui situs Klik BCA.
Gunakan browser ringan seperti Google Chrome ataupun Mozila Firefox.

Begini cara mengakses situs Klik BCA dan mengecek nomor kartu ATM BCA 16 digit.

  1. Buka situs Klio BCA yang beralamatkan https://klikbca.com/
    Anda bisa menggunakan smartphone maupun PC
  2. Login dengan akun individual Anda. Caranya dengan memasukkan user ID dan pin i-banking. Bukan pin ATM yaa, tapi pin i-banking
  3. Jika Anda membukanya melalui smartphone, ubah tampilannya menjadi dekstop supaya lebih mudah dalam menjelaskan tutorialnya
  4. Setelah berhasil masuk, coba lihat sidebar bagian kiri. Gulir ke bawah sampai terlihat menu ‘Administrasi’
  5. Kemudian pilih ‘Blokir Kartu ATM’. Perhatikan pada halaman yang muncul berikutnya, Anda diminta untuk mengisikan tanggal, bulan, dan tahun lahir Anda. Isi sesuai dengan informasi, lalu tekan Lanjut
  6. Halaman berikutnya, Anda dibawa pada informasi ATM yang berisikan nomor kartu ATM BCA 16 digit dan jenis kartu yang Anda gunakan

Sampai di sini, Anda sudah berhasil melakukan cara mengetahui no kartu ATM BCA 16 digit tanpa kartu ATM dengan memanfaatkan situs Klik BCA.

Anda bisa langsung menyalin digit tersebut atau screen shoot. Selanjutnya, Anda bisa langsung menekan tombol batal pada bagian bawah. Jangan pilih kirim nanti malah kartu Anda benar-benar terblokir.

Cara 2: Mengecek No Kartu ATM BCA 16 Digit Lewat mBanking BCA

Cara ini bisa Anda lakukan jika aplikasi mBanking BCA Anda bisa digunakan. Caranya malah lebih ringkas ini karena tampilannya lebih ringan.

Begini cara mengakses situs Klik BCA dan mengecek nomor kartu ATM BCA 16 digit.

  1. Buka aplikasi mBanking BCA Ada kemudian pilih menu Admin
  2. Nantinya akan muncul beberapa pilihan seperti ganti pin, blokir kartu ATM, blokir kartu kredit, kontrol kartu kredit, request limit kartu kredit dan lain-lain.
    Caranya sama dengan seperti menggunakan situs Klik BCA, pilih ‘Blokir Kartu ATM’ untuk mengetahui nomor kartu ATM BCA 16 digit
  3. Setelah itu muncul tampilan informasi dari nomor kartu ATM yang berisi 16 digit angka beserta jenis kartu
  4. Salin 16 digit angka tersebut di kertas atau di mana saja
  5. Lalu jangan lupa klik ‘Cancel’ supaya kartu ATM Anda tidak jadi terblokir. Jangan pilih ‘OK’, jangan!

Baca juga:

Cara mengetahui nomor kartu ATM BCA 16 digit ini sangat mudah. Tak perlu menghubungi customer service, karena Anda bisa melakukannya sendiri seperti langkah-langkah di atas.

Tag

Tinggalkan komentar