10 Jenis Tabungan BCA yang Perlu Diketahui

BCA atau Bank Central Asia adalah Bank swasta terbesar di Indonesia, Bank ini memiliki 10 jenis Tabungan BCA yang bisa dipilih nasabah sesuai dengan keperluannya. Setiap jenis tabungan memiliki kelebihannya masing-masing, berikut ini adalah pembahasannya. Namun sebelum membuka tabungan, alangkah baiknya Anda simak artikel tentang syarat buka tabungan BCA terlebih dahulu agar pada saat pergi ke Bank bisa langsung mempersiapkan syarat-syarat yang sudah ditentukan.

10 Jenis Tabungan BCA dan Produk-Produk Tabungannya

1. Tahapan BCA

Jenis tabungan ini bisa berfungsi sebagai kartu Debit, ATM dan Tunai. Salah satu syarat membuka rekening Tahapan BCA adalah setoran awal sebesar 500 ribu rupiah.

Nantinya nasabah akan disuruh memilih jenis kartu yang digunakan, yang mana setiap kartu memiliki produk-produk tabungan sendiri-sendiri. Ada 3 jenis Tabungan Tahapan yang BCA berikan.

  • Paspor BCA Blue

Jenis tabungan Tahapan ini memiliki limit pengambilan uang 7 juta untuk setiap harinya, sementara untuk transfer melalui ATM bisa dilakukan dengan limit 25 juta. Biaya administrasi per bulan adalah 15 ribu.

  • Paspor BCA Gold

Bisa digunakan untuk transfer uang dengan limit dari 10 juta hingga 50 juta dengan menggunakan debit. Biaya administrasi per bulan sebesar 17 ribu.

  • Paspor BCA Platinum

Anda bisa melakukan transfer hingga 100 juta. Limitnya lebih besar, cocok digunakan untuk nasabah dengan pengeluaran tinggi. Limit debit pun besar, bisa mencapai 100 juta dan biaya adminsitrasi per bulan cukup 20 ribu saja.

2. Tahapan Xpresi

Tabungan ini diperuntukkan untuk 3 golongan usia: kurang dari 12 tahun, usia 12-17 tahun, dan di atas 17 tahun, alias tak ada batasan usia.

Perbedaan yang dimiliki oleh Tabungan Tahapan Xpresi dengan Tahapan BCA adalah setoran awalnya cuma 50 ribu, Tahapan Xpresi tidak menggunakan Tabungan, semua transaksi maupun cek mutasi dilakukan melalui Mobile Banking, SMS Banking atau Internet Banking, dan yang paling menarik adalah Anda bisa desain kartu BCA Anda sendiri.

Jika Anda berusia kurang dari 17 tahun, sebelum membuat Tabungan Xpresi, Anda harus mendapat izin orang tua atau menggunakan KTP orang tua.

3. Tahapan Berjangka

Tabungan BCA ini memberikan Anda pelayanan layaknya berinvestasi. Anda bisa memilih jangka waktu menabung dalam rentan waktu tertentu, dimulai dari 12 bulan dan maksimal 240 bulan.

Dalam jangka waktu menabung itu, Anda tidak boleh menarik dana sebelum jangka waktu menabung selesai. Hasrat menghambur-hamburkan uang pun lebih terkontrol.

4. Tahapan Gold

Ada beberapa kelebihan yang akan Anda rasakan jika menggunakan tabungan ini. Beberapa di antaranya adalah Anda dapat mencetak buku tabungan sendiri tanpa perlu antre di CSO (Customer Service Office), memiliki layanan Automatic Transfer System (ATS) online, dan info mutasi yang lebih lengkap.

Tahapan Gold memiliki 3 jenis kartu dengan produk unggulan masing-masing. Ada jenis kartu Blue, Gold dan Platinum.
Syarat membuat tabungan ini dibedakan menjadi 2: syarat membuat buku Tabungan Tahapan Gold bagi nasabah baru dan nasabah yang sudah memiliki tabungan Tahapan BCA.

Jika Anda adalah nasabah baru, siapkan uang 10 juta untuk setoran awal masuk rekening, dan bagi Anda yang sudah memiliki tabungan Tahapan, cukup bawa saja identitas diri, buku tabungan Tahapan lama dan NPWP.

5. Tapres

10 jenis tabungan BCA berikutnya adalah Tapres, jenis tabungan ini memberikan Anda kemudahan dalam bentuk suku bunga yang menarik, tidak perlu memiliki buku tabungan, dan laporan keuangan diberikan rekening koran supaya informasi yang diberikan lebih pribadi.

Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui dari Tabungan Tapres:

  • Minimum setoran awal sebesar 5 juta
  • Setoran minimum berikutnya 50 ribu
  • Saldo minimum rata-rata per bulan 5 juta
  • Biaya administrasi per bulan sebesar 17 ribu
  • Biaya administrasi tambahan jika saldo di bawah minimum rata-rata, 10 ribu
  • Biaya pembuatan kartu 15 ribu

Sementara syarat yang diperlukan membuka tabungan ini sama seperti membuka buku tabungan lainnya. Yang pasti, usia nasabah di atas 17 tahun.

6. Simpanan Pelajar

Pelajar yang dimaksud adalah semua anak-anak yang masih berada di bangku sekolah dengan kategori usia tanpa batasan dan diperuntukkan untuk orang-orang yang belum memiliki KTP. Darimulai PAUD, SD, SMP dan SMA.

Salah satu keuntungan membuat rekening Simpanan Pelajar adalah Anda dibebaskan oleh biaya administrasi, dan setoran awal cuma 5 ribu rupiah.

Berikut adalah beberapa administrasi yang akan terjadi jika Anda membuat tabungan Simpanan Pelajar.

  • Setoran awal cuma 5 ribu
  • Setoran selanjutnya 1.000 rupiah
  • Saldo minimum yang tertinggal di ATM cukup 5 ribu saja
  • Batas penarikan tunai 7 juta
  • Batas transfer 25 juta
  • Dan ia tidak memiliki biaya administrasi

7. Tabunganku

Tabunganku dikhususkan untuk nasabah perorangan, tidak disarankan digunakan oleh yayasan, maupun perusahaan. Syarat membuat Tabunganku mudah, ia juga bebas biaya bulanan, dan setoran awal pembukaan rekening hanya 20 ribu dan setoran selanjutnya cuma 10 ribu.

Dengan kemudahan dan kecilnya biaya pembukaan rekening yang diberikan, cocok sekali digunakan oleh nasabah yang tidak melelulu menyimpan uang besar di dalam rekeningnya. Tapi karena kemudahan ini, untuk setiap harinya Anda tidak bisa melakukan tarik tunai lebih dari 7 juta dan transfer antar BCA dibatasi 25 juta rupiah.

8. LAKU

Ada beberapa hal penting yang perlu kalian ketahui dari jenis Tabungan ini.

  • Pertama, Anda lebih dipraktiskan karena tak perlu mendatangi Bank untuk melakukan transaksi.
  • Kedua, Anda tidak diberikan biaya administrasi per bulan.
  • Ketiga, keamanan dalam bertransaksi sangat dijaga karena pin yang Anda gunakan sekali pakai.

Untuk melakukan berbagai transaksi dan pendaftaran, Anda harus menemukan agen LAKU dulu. Cara bertransaksinya nanti cukup praktis. Masukkan kartu ATM LAKU ke micro ATM, isikan jumlah atau nominal uang yang ingin ditabung atau ditransfer kemudian masukkan pin.

Anda akan mendapatkan SMS yang berisi kode OTP, masukkan kode OTP tersebut kemdian klik tombol lanjut, struk penarikan uang pun akan segera keluar.

Jika tabungan LAKU belum mendapatkan persetujuan BCA, saldo maksimal yang bisa Anda simpan dalam kartu hanyalah 1 juta rupiah saja.

9. BCA Dollar

Anda bisa melakukan transaksi dengan mata uang dollar. Jadi khusus dollar, hanya untuk dollar. Tabungan ini sangat bermanfaat jika Anda memiliki bisnis bersama orang asing, investasi, pergi berwisata dan lain-lain.

Adapun syarat membuka tabungan BCA Dollar yang harus dipenuhi calon nasabah.

  • Hanya berlaku untuk nasabah perorangan yang berusia 21 tahun atau yang sudah menikah
  • Mengisi formulir pendaftaran selengkap-lengkapnya
  • Membawa fotokopi identitas diri (KTP/SIM/Pasport) dan berkas aslinya
  • Jika Anda WNA bisa membawa NPWP
  • Minimum setoran awal USD100 atau SGD200
  • Biaya adminstrasi perbulan USD1 atau SGD2

10. Deposito Berjangka

Hampir mirip seperti Tabungan Berjangka, Anda bisa menabung sekalian berinvestasi. Salah satu keuntungan dari tabungan ini adalah Anda bisa memilih mata uang yang ingin didepositkan.

Jangka waktu yang tersedia dimulai dari 1 bulan hingga 12 bulan. Jika Anda memilih mendepositkan uang rupiah dimulai dengan nominal 8 juta dan untuk deposito valas: USD 1,000/SGD 2,000/HKD 8,000/AUD 2,000/JPY 150,000/GBP 1,000/EUR 1,000 dan CNY 7,000

Dari 10 jenis tabungan BCA di atas, mana menurut Anda yang paling cocok dengan kebutuhan?

Tag

Tinggalkan komentar