Cara Menggunakan Paket Kuota CloudX Telkomsel Terbaru

CloudX Telkomsel

Dalam rangka mendukung program Work From Home (WFH), Telkomsel merilis satu jenis paket terbaru. Nama paketnya adalah Cloudx. Sayangnya, masih banyak yang belum mengenal dan mengetahui cara menggunakan paket kuota Cloudx Telkomsel.

Tren Work From Home atau WFH sendiri meningkat akibat pandemi Covid 19 yang menyerang Indonesia. Untuk mengurangi kemungkinan penyebaran virus, pemerintah mewajibkan seluruh perusahaan untuk menerapkan WFH jika memungkinkan.

Apa Itu Paket CloudX Telkomsel?

Cloudx merupakan platform yang dikembangkan oleh Telkomsel untuk memudahkan perusahaan untuk mengatur seluruh karyawannya secara online. Platform yang satu ini bisa dikatakan sebagai sebuah kantor virtual.

Perusahaan bisa memberikan pekerjaan kepada seluruh karyawan sesuai tugasnya masing-masing. Cloudx juga bisa dipakai untuk memantau pekerjaan karyawan ketika sedang berada di rumah. Beberapa fitur yang dimiliki oleh Cloudx antara lain:

  • Online meeting seperti Zoom dengan peserta maksimal 100 orang
  • Chatting
  • Pengelolaan pekerjaan seluruh karyawan

Seluruh fitur tersebut memang sangat diperlukan perusahaan di masa Work From Home (WFH) seperti saat ini.

Sementara yang dimaksud dengan paket Cloudx Telkomsel adalah kuota khusus yang hanya bisa dipakai untuk mengakses platform tersebut. Telkomsel memberikan harga promosi yang sangat murah untuk paket ini.

Anda hanya perlu mengeluarkan pulsa sebesar Rp 10 dan sudah bisa mendapatkan kuota Cloudx sebesar 30 GB.

Baca juga: Cara Setting APN Telkomsel

Cara Mengaktifkan Paket Kuota Cloudx Telkomsel

Untuk mengaktifkan paket Cloudx, Anda bisa menggunakan aplikasi MyTelkomsel. Jika belum pernah menggunakan aplikasi ini, sebaiknya download terlebih dahulu melalui Playstore atau App Store. Jika sudah memiliki aplikasi MyTelkomsel, Anda bisa mengikuti tutorial berikut ini.

  1. Buka aplikasi MyTelkomsel yang sudah Anda install.
  2. Pilih satu bahasa yang ada di halaman awal aplikasi, Anda bisa memilih ID (bahasa Indonesia) atau EN (bahasa Inggris).
  3. Setelah itu, klik tombol Masuk berwarna merah di sisi bawah layar.
  4. Masukkan nomor Telkomsel Anda pada tempat yang tersedia.
  5. Pastikan nomor yang sudah Anda masukkan tersebut benar, kemudian klik tombol Lanjut.
  6. Telkomsel akan mengirimkan SMS berupa link. Klik link tersebut lalu pilih MyTelkomsel.

Jika Anda sudah login di aplikasi MyTelkomsel, langkah-langkah di atas bisa dilewati. Anda bisa langsung mengikuti langkah di bawah ini untuk mengaktifkan paket Cloudx Telkomsel.

  1. Klik menu Belanja yang ada di bagian bawah layar.
  2. Temukan paket Cloudx, kemudian klik pada pilihan paket tersebut.
  3. Klik tombol Beli.
  4. Periksa kembali untuk memastikan bahwa Anda sudah memilih paket yang benar.
  5. Pilih salah satu metode pembayaran yang akan Anda pakai, di sini ada beberapa pilihan antara lain pulsa, Gopay, LinkAja, OVO, Dana, dan Shopeepay.
  6. Klik Bayar.
  7. Ikuti langkah berikutnya untuk menyelesaikan pembayaran sesuai metode yang Anda pilih.

Cara Menggunakan Paket Kuota CloudX Telkomsel

Tidak ada cara khusus untuk menggunakan kuota Cloudx Telkomsel. Anda hanya perlu mendownload aplikasi Cloudx. Kemudian gunakan aplikasi tersebut dengan koneksi internet dari nomor yang sudah didaftarkan tadi.

Dengan begitu, kuota Cloudx akan berkurang secara otomatis. Kuota internet utama Anda tidak akan terpakai ketika mengakses aplikasi Cloudx. Namun Anda juga perlu mengetahui bahwa kuota Cloudx tak bisa dipakai untuk mengakses aplikasi lainnya, misalnya Youtube atau browser.

Baca juga: Kenapa Tidak Bisa Cek Pulsa Telkomsel? Begini Solusinya

Tutorial mengaktifkan serta cara menggunakan paket kuota Cloudx Telkomsel di atas sangat berguna untuk para pekerja. Selain itu, beberapa sekolah atau universitas juga menggunakan Cloudx sebagai platform untuk belajar. Jadi, tutorial di atas bisa bermanfaat juga untuk pelajar dan mahasiswa.

You May Also Like

error: Content is protected !!