Cara Menghitung Persen dengan Kalkulator Hp Android

Dalam keseharian kita mungkin banyak ditemukan angka persen baik saat berbelanja ke mall yang bertuliskan diskon sekian persen atau saat ingin kredit motor lalu muncul cicilan sekian persen pastinya ada banyak bukan?

Saat kita ingin mencari tau berapa persen dari angka-angka tersebut pastinya tidak akan sempat untuk mengambil buku sebagai catatan atau oret-oretan.

Tapi dengan smartphone, tentu semua itu akan lebih mudah. Apalagi saat ini sudah banyak aplikasi kalkulator lengkap dengan rumus-rumus matematika seperti pembagian, perkalian dan bahkan cons dan tirgonometri.

Namun sebelum kalian menghitung persentase dari sebuah angka, maka harus paham dulu rumus persen itu seperti apa bukan? Dan silahkan catat dulu rumusnya dibawah ini.

Rumus Menghitung Persen

Persentase = (Jumlah Bagian / Jumlah Keseluruhan) x 100%

Karena sudah tau dengan rumusnya, maka yuk sekarang lanjut ke cara menghitung persen dengan kalkulator hp Android dibawah ini.

Cara Menghitung Persen dengan Kalkulator Hp Android

Pertama pastikan kalian memiliki aplikasi kalkulator lengkap yang ada tombol persen agar lebih mudah. Belum punya? DOWNLOAD DISINI.

Jika sudah punya aplikasinya, sekarang kita akan mengerjakan sebuah soal dimana kita akan cari harga dari sebuah baju setelah di potong diskon.

Contoh : Sebuah baju di Mall dijual dengan harga Rp 500.000 dengan diskon 25%. Berapa harga baju setelah dipotong diskon?

Masuk ke aplikasi kalkulator

Lalu masukkan angka 25 yang merupakan diskon

Tekan tombol % (persen) sehingga nanti akan menjadi 0.25

Tekan tombol X (kali) lalu masukkan harga baju tersebut yaitu 500.000

Tekan tombol = (sama dengan) untuk mengetahui hasil dari perkalian 0.25×500000 dan diketahui hasilnya adalah 125.000

Maka besar diskon atau potongan harga baju tersebut adalah Rp 125.000

Jadi berapa harga baju setelah dikurangi diskon?

Harga baju awal – besar diskon / potongan = Rp 500.000 – Rp 125.000 = Rp 375.000

Cara diatas lebih mudah dilakukan karena menggunakan kalkulator yang sudah dilengkapi dengan tombol % (persen) didalamnya. Bagaimana dengan hp tanpa kalkulator tombol persen?

Seperti yang sudah saya bilang diatas, kita bisa download aplikasi kalkulator yang ada tombol persennya agar lebih gampang. Namun jika kalian malas mendownload, ada cara manual yang bisa dilakukan yaitu dengan cara dibawah ini.

Cara Menghitung Persen dengan Kalkulator Hp yang Tidak ada Tombol Persen

Jika kalian memiliki hp yang kalkulatornya tidak ada tombol persennya biasanya karena tidak di update atau mungkin memang sudah tidak ada update lagi. Tidak perlu khawatir, karena kalian tetap bisa menghitung persen dengan cara dibawah ini.

Ingat! Persen artinya per seratus (/100)

Masih dengan contoh yang sama seperti diatas yaitu harga baju Rp 500.000 dan diskon 25%.

Masuk kalkulator, lalu tulis 25 terlebih dahulu

Tekan tombol bagi, lalu tekan angka 100

Tekan sama dengan untuk mengetahui hasilnya, dan akan dihasilkan 0.25

Kemudian tekan tombol X (kali) lalu kalikan dengan harga baju yaitu 500000 dan hasilnya akan ketemu 125000

Bukankah hasilnya sama dengan cara pertama?

Sebenarnya memang cara pertama dan cara kedua adalah sama, hanya saja pada cara pertama memang lebih mudah karena sudah ada tombol persen jadi kita tidak usah memasukkan perseratus lagi saat penghitungan.

Semoga cara menghitung persen dengan kalkulator di hp Android ini bisa bermanfaat buat kalian semua. Dan untuk yang belum paham atau tidak mengerti, silahkan tanyakan lewat kolom komentar dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke sosial media agar lebih banyak yang tau dengan ilmu