Cara Share Screen di Telegram Untuk Pemula dengan Mudah

Cara Share Screen di Telegram

Cara Share Screen di Telegram – Telegram merilis sebuah fitur baru bernama Share Screen. Fitur ini rilis bersamaan dengan fitur video call group. Yang dulunya cuma bisa melakukan video call maksimal 2 orang, sekarang kita bisa melakukannya lebih dari 2.

Seperti aplikasi-aplikasi lain, sebut saja Zoom, WhatsApp, dan Line, kini Telegram pun ikutan menyematkan fitur ini ke dalam aplikasi chattingnya.

Sehingga, dengan kemunculan fitur tersebut, pengguna bisa bertatap muka secara online bersama teman-teman, serta melakukan share screen atau berbagi desktop.

Apa Itu Fitur Share Screen?

Bagi Anda yang belum tahu soal fitur share screen beserta kegunaannya, bisa membaca informasi berikut.

Share screen adalah fitur yang akan membantu kita berbagi layar atau desktop kepada pengguna lain yang ikut pada video call group.

Fitur ini tersedia untuk PC maupun HP. Jika Anda memakai HP, kita bisa membagikan apa yang ada di tampilan layar kita kepada pengguna atau partisipan yang lain.

Kegunaan share screen yang paling utama adalah untuk presentasi. Ia juga tersedia di aplikasi lain, misalnya WhatsApp, Zoom, Discord, Google Meet dan aplikasi video call group lainnya.

Keberadaannya sangat memudahkan kita yang ingin meeting atau sekolah tapi dibatasi oleh pandemi.

Cara Menggunakan Share Screen di Telegram

Tiap aplikasi, memiliki cara setting share screen sendiri-sendiri. Untuk Telegram, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka aplikasi Telegram Anda. Pastikan Anda memakai aplikasi Telegram versi paling baru. Serta gunakan perangkat minimalnya iOS (belum tersedia untuk Android sejak artikel ditulis)
  2. Sebelum itu, Anda harus membuat grup berisi anggota-anggota yang akan mengikuti video call group Anda
  3. Setelah itu buka group tersebut. Lalu ketuk ikon group
  4. Klik ikon kotak obrolan yang ada di menu paling atas, ada di samping ikon pensil, lalu lakukan panggilan video
  5. Klik titik tiga pada bilah obrolan suara. Ada banyak opsi bisa kita pilih, langsung saja klik ‘Share Screen’
  6. Berikan izin pada aplikasi mengakses tampilan layar Anda
  7. Setelah itu, para peserta yang terlibat dalam video call bisa melihat layar yang Anda bagikan kepada mereka

Supaya bisa mengakses fitur ini, Anda harus menjadi owner atau pemilik grup video call. Kalau di Zoom, yang bisa menggunakan fitur share screen hanya pihak host saja, agar fiturnya tidak disalah gunakan oleh para anggota.

Selain share screen, ada beberapa fitur menarik, simak semuanya di sini:

  • Partisipan 30 Orang: Video call group Telegram dapat diikuti sampai 30 orang partisipan dalam 1 layar (grid).
  • Bisa ditonton oleh 1.000 Penonton: Kedudukan penonton dengan partisipan itu berbeda. Partisipan ikut terlibat dalam video call, sementara penonton hanya bisa melihat dan mendengarkan saja. Saat ada video call, pengguna yang ada di dalam group akan menemukan notifikasi bahwa ada video call yang perlu ditonton. Hal ini membuat Telegram tak hanya bisa dipakai untuk meeting, atau belajar online. Tapi juga untuk live streaming.
  • Noise Suppression: Gunanya untuk meredam kebisingan dan mempertahankan audio tetap jernih saat video call berlangsung.
  • Atur Grid atau Layout: Fitur ini hanya tersedia untuk PC atau Tablet. Jika di HP, fitur ini tidak bisa dipakai karena ukuran layar HP cenderung kecil. Susah diatur grid-gridnya. Dengan fitur ini, kita tidak perlu lagi ganti halaman untuk melihat partisipan yang ikut dalam video.

Di samping itu, sudahkah Anda tahu kalau semua fitur ini: fitur share screen dan semua yang tersebut di atas, tidak tersedia untuk Android.

Ia hanya bisa dipakai untuk iOS, tablet dan PC/Laptop/Komputer. Setidaknya itulah yang saat ini berlaku. Tidak tahu tahun depannya bakal ada pembaruan agar bisa dipakai di Android atau tidak.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *