Cara Transfer File dari HP ke PC Via Wifi Direct Dengan Cepat

Cara Transfer File dari HP ke PC Via Wifi Direct

Cara Transfer File dari HP ke PC Via Wifi Direct Dengan Cepat – Umumnya, untuk membagikan file dari HP ke PC, kita membutuhkan alat namanya kabel USB atau memakai Bluetooth atau memakai jaringan internet. Tapi sekarang teknologi makin canggih, dengan memanfaatkan sambungan WiFi saja kita bisa berbagi file. 

Bukan lewat Bluetooth, bukan kabel data, tapi lewat WiFi Direct. Bagaimana caranya?

Cara Kirim File dari HP ke PC Via Wifi Direct

Kita membutuhkan aplikasi bantuan agar cara ini bisa bekerja. Di perangkat HP dan PC Anda, silakan unduh aplikasi bernama feem.io

Baik perangkat HP atau PC, keduanya harus mengunduh aplikasi ini. Berikut adalah cara unduhnya:

Langkah 1: Cara Unduh Aplikasi feem.io

Abda bisa masuk ke link ini untuk mengunduh aplikasi feem.io: https://feem.io/ 

Sementara bagi pengguna HP Android, dapat masuk ke PlayStore, lalu cari aplikasi feem.io. Atau masuk ke link ini: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.feeperfect.airsend.android

Aplikasi ini dijamin aman, dapat dipakai offline dan sudah banyak dipercaya orang sebagai cara berkirim file dari 2 perangkat berbeda dengan langkah mudah dan cepat.

Langkah 2: Cara Berbagi File dengan feem.io

  1. Aktifkan WiFi di PC dan HP Anda
  2. Kemudian buka aplikasi feem.io di HP dan di PC
  3. Lalu pada aplikasi feem.io di HP, silakan aktifkan WiFi Dirrect. Perhatikan juga kata sandinya
  4. Sementara di perangkat PC, sambungkan perangkat ke WiFi HP
  5. Tunggu sampai muncul ‘Connected’
  6. Setelah keduanya tersambung, Anda bisa mulai berbagi file
  7. Caranya dengan klik ‘Send File’
  8. Cari file yang mau dikirim
  9. Selesai

Cara ini bisa dipakai sebaliknya. Boleh kirim file dari HP ke PC, atau dari PC ke HP. Yang penting WiFi keduanya tersambung, maka file bisa dibagikan dengan mudah tanpa butuh sambungan internet. Keduanya murni hanya memanfaatkan jaringan peer to peer antara HP dan PC. Jadi 100% benar-benar tidak butuh kuota, dan tidak butuh jaringan.

Catatan: Hanya satu perangkat saja yang boleh mengaktifkan WiFi Direct. Smenetara perangkat yang lain tugasnya menyambung. Apabila di PC sudah mengaktifkan WiFi Direct, maka di HP, tak perlu disambungkan lagi. Begitupun sebaliknya.

Kumpulan Tanya Jawab

Barangkali ada yang ingin Anda tanyakan, kalian bisa menyimak beberapa pertanyaan yang banyak ditanyakan berikut. Jika tidak ada pertanyaan yang mewakili Anda, Anda bisa menanyakannya lewat komentar.

Apakah feem.io Aman digunakan?

Feem.io memakai keamanan dengan mengenkripsi semua transfer lokal ke TLS. Intinya ia aman digunakan. Sementara itu jenis aplikasi berbagi file berbeda perangkat yang lain, umumnya masih belum memakai keamanan seperti ini.

Apakah feem.io Gratis?

Untuk memanfaatkan fitur-fitur utama (berbagi file), feem.io dapat dipakai gratis. Jika ingin memanfaatkan fitur lebih istimewa, kita harus membayar.

feem.io Tersedia untuk Windows Apa Saja?

Fungsi utama feem.io adalah sebagai alat penghubung 2 perangkat bersatu, yaitu HP dan Windows. Tapi apakah kita bisa memakai semua seri Windows di sini?

Coba simak daftar Windows yang bisa dioperasikan dengan feem.io berikut: Windows, Windows 10, Windows 10 Mobile (x86, x64, ARM).

Itulah beberapa pembahasan soal cara mengirim file dari HP ke PC atau sebaliknya tanpa kabel, tanpa jaringan internet dan tanpa bluetooth. Coba praktekkan cara ini, feem.io terkenal akan kemudahan dan kecepatannya. Dengan aplikasi ini kita tidak perlu ribet bagaimana berbagi file lagi.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.