10 Distro Linux Terbaik untuk Server, Jaringan & Gaming

Linux merupakan sistem operasi yang sangat populer untuk menjalankan server. Kebanyakan server hosting dibangun di atas Linux. Keberadaannya menjadi alternatif dari sistem operasi Windows.

Linux terhitung lebih aman dari gangguan virus yang meresahkan dan tentunya bisa digunakan secara gratis. Penggunaan Linux tentu lebih baik dan lebih disarankan daripada menggunakan sistem operasi Windows bajakan.

Sistem operasi Linux lebih disarankan karena memang memilih banyak kelebihan. Salah satunya adalah tersedianya banyak pilihan distro. Namun seringkali banyaknya pilihan justru memunculkan kebingungan bagi penggunanya.

Apalagi bagi yang belum tau perbedaan distro Linux satu dengan lainnya akan lebih bingung. Maka dari itu, kenali kelebihan distro Linux masing-masing agar bisa memilih sesuai kebutuhan.

Rekomendasi 10 Distro Linux Terbaik

1. Ubuntu Canonical

Ubuntu Canonical

Ubuntu Canonical merupakan salah satu distro Linux terbaik yang sudah sangat populer di kalangan pengguna Linux. Distro Linux ini dibangun berdasarkan arsitektur Debian.

Ubuntu disebut telah berhasil menyeimbangkan stabilitas dan fitur-fitur baru yang tidak tersedia di distro lain.

Itu alasan mengapa Ubuntu menjadi distro Linux yang belum bisa tertandingi kepopulerannya. Ubuntu seperti MATE, Xubuntu, atau Lubuntu wajib dicoba bagi Anda yang menjalankan komputer dengan kemampuan hardware yang terbatas.

Perlu diketahui juga bagi pengguna yang ingin menginstall sistem operasi Ubuntu di perangkat komputer atau laptop miliknya, Ubuntu menjalankan desktop GNOME dengan sangat sempurna. Dengan bantuan Snaps, menginstal aplikasi menjadi jauh lebih nyaman.

Penggunanya berjumlah lumayan banyak dan aktif di berbagai forum dan komunitas sehingga Anda dapat menemukan jawaban untuk masalah yang berkaitan dengannya.

Kesimpulannya, Ubuntu adalah distro Linux yang cukup membantu bagi Anda yang ingin multitask untuk menyelesaikan pekerjaan secara lebih efisien.

2. Linux Mint

Linux Mint

Linux Mint merupakan salah satu distro Linux terbaik yang paling cepat berkembang. Kehadirannya menjadi tantangan bagi Ubuntu untuk menjadi yang terpopuler.

Linux Mint juga telah memantapkan dirinya sebagai sistem operasi pengganti sempurna untuk Windows dengan pengalaman desktop yang nyaris sempurna.

Alasan lainnya, kemampuan Linux Mint bisa memberikan pengalaman yang tidak biasa kepada pengguna.

Kemudahan dalam mengelola file juga ada dalam distro yang satu ini. Anda dapat mengelola file Word, PDF, PPT dan bahkan melakukan konvert dokumen.

Berbeda dengan Ubuntu, Linux Mint sudah dilengkapi dengan berbagai software pada paket penginstalan.

3. CentOS

CentOS

Rekomendasi distro linux terbaik untuk server selanjutnya yaitu CentOS yang juga terkenal sangat stabil dan bagus dalam kinerjanya.

Alasan lain mengapa CentOS bagus adalah dukungan perangkat keras, efisiensi daya, dan keamanan.

Ada banyak opsi gratis dan berbayar untuk skenario seperti itu. Selain itu, CentOS juga mendapat dukungan luas di industry teknologi serta dukungan jangka panjang.

Bisa dikatakan bahwa CentOS adalah sebagai sistem operasi untuk keperluan umum dan komunitasnya didukung oleh RHEL.

4. Ubuntu Mate

Ubuntu Mate

Bagi orang yang mempedulikan soal keamanan, distro Linux terbaik yang paling cocok adalah Ubuntu Mate. Bahkan Ubuntu Mate juga sangat disarankan untuk perangkat keras yang sudah ketinggalan zaman.

Syaratnya perangkat keras atau hardware untuk sistem operasi ini hanya 512 MB. Sebenarnya ada pilihan distro lain untuk perangkat keras yang berusia lama, yaitu Puppy Linux dan Bodhi Linux.

Tapi Ubuntu Mate lebih disarankan karena memiliki keseimbangan yang ringan dan kinerja yang lebih optimal. Banyaknya pilihan layout juga menjadi alasan tersendiri mengapa distro ini layak digunakan.

5. Kali Linux

Kali Linux

Kali Linux hadir dengan ratusan tool yang berguna untuk aplikasi web, pengujian tegangan, analisis kerentanan, alat eksploitasi, serangan nirkabel, alat forensik, dan lain-lain.

Paket dalam distro Kali Linux ini sebagian besar diimpor dari paket Repositori Debian. Selain kelebihan dalam hal desktop yang berbekal fitur lengkap, Kali linux juga dapat diinstal di Raspberry Pi, BeagleBone, Chromebook, dan Ordroid.

Sistem operasi ini juga bisa diinstal di smartphone Android menggunakan Kali NetHunter. Tersedia juga pilihan populer seperti Parrot OS, dan BlackArch Linux untuk Anda yang ingin mencari distro linux untuk tujuan peretasan etika.

6. Steam OS

Steam OS

Banyak gamers enggan menggunakan sistem operasi Linux karena tidak dapat mendukung ketersediaan berbagai macam game. Namun hal itu perlahan berubah seiring semakin banyaknya jenis games yang dirilis untuk Linux.

Dari banyak distro Linux, Steam OS adalah pilihan tepat untuk gamers. Steam OS dilengkapi dengan tweak kernel Linux yang bisa memastikan kinerja perangkat lebih baik untuk gaming dibanding distro lainnya.

Stema OS dibuat oleh Valve, perusahaan yang berada di balik platform distribusi game online Steam. Distro ini memang telah dirancang khusus untuk menjalankan game yang ada di Steam Store.

7. Debian

Debian

Jika Steam OS lebih disarankan untuk gamers, maka beda lagi dengan distro Linux yang disarankan untuk mereka yang bekerja sebagai programmer.

Debian merupakan salah satu distro Linux terbaik yang dapat menginstal semua alat programming. Tersedia banyak koleksi paket yang telah diuji secara dan memiliki reputasi bagus.

Keunggulan Debian yaitu pada stabilitas yang memungkinkan programmer untuk fokus pada pengembangan program.

Perlu diingat bahwa Debian hanya direkomendasikan untuk programmer yang sudah berpengalaman menggunakan Linux dan bukan untuk programmer pemula.

8. Elementary OS

Elementary OS

Elementary OS berbasis Ubuntu ini merupakan distro Linux yang paling indah dan dikenal karena kinerjanya yang tak tertandingi.

Elementary OS ini menggunakan beberapa elemen desain dari macOS. Distro ini tidak dibekali banyak aplikasi default dari Ubuntu.

Alasannya karena Elementary OS bertujuan untuk memberikan pengalaman yang lebih ringan kepada pengguna.

Distro ini terintegrasi dengan aplikasi seperti Plank, Scratch, dan Epiphany. Secara keseluruhan, ini berguna bagi bagi pengguna baik yang sudah berpengalaman atau pemula untuk tugas komputasi sehari-hari.

9. Ubermix

Ubermix

Linux juga memiliki pilihan distro terbaik untuk anak-anak. Ubermix, distro ini bisa digunakan gratis dan dilengkapi fitur layar sentuh yang bisa dengan mudah digunakan anak-anak.

Pengguna dari kalangan anak-anak bisa melakukan eksplorasi secara lebih luas menggunakan distro Linux terbaik ini.

Fitur tersebut bisa membantu saraf motorik pada ujung jari-jari anak agar semakin terlatih. Pengguna dari kalangan pengajar alias guru juga bisa memanfaatkan distro ini sebagai media belajar yang lebih bervariatif.

Proses instalasi tidak akan memakan banyak waktu membuat penggunaannya lebih efektif.

10. Linux Tails

Linux Tails

Pengguna yang ingin menggunakan komputer secara lebih aman dan privasi tetap terjaga, maka distro linux Tails adalah pilihan yang tepat.

Distro Linux ini merupakan sistem operasi yang langsung dapat di-booting di hampir semua jenis komputer menggunakan ISO atau DVD melalui USB.

Distro linux berbasis Debian ini memastikan bahwa semua koneksi Internet dipaksa untuk melewati jaringan Tor.

Dengan ini, akhirnya tidak akan ada jejak tertinggal di komputer. Inilah yang disebut keamanan sebagai keunggulan Tails.

Distro ini juga dilengkapi dengan alat-alat kriptografi yang dapat membantu pengguna mengenkripsi email, file, serta pesan instan.

Kesepuluh distro Linux terbaik di atas memang diciptakan untuk masing-masing tujuan yang berbeda.

Baca juga : 10 Browser Terbaik di PC, Android & iOS

Anda sebagai pengguna bisa menentukan distro mana yang akan digunakan sesuai dengan kebutuhan. Dengan banyaknya jenis distro Linux, pengguna seharusnya tak perlu bingung lagi karena semua kebutuhan bisa dengan mengandalkan sistem operasi ini.