HP Mati Total Tapi Lampu Indikator Menyala? Ini Solusinya

HP Mati Total Tapi Lampu Indikator Menyala

HP terbaru zaman sekarang sudah tidak memakai lampu indikator. Jika ada notifikasi, ia akan muncul di layar HP yang gelap. Lebih modern dan membuat penampilan poni HP lebih ringkas.

Tapi ada sebagian yang masih memakai HP model seperti ini. Dimana lampu indikator tersedia di poni HP, beserta kamera depan dan flash.

Kemunculannya itu membantu pengguna mengetahui notifikasi, selain itu saat HP dalam masalah, lampu indikator ini bisa dijadikan cara kita mengetahui keadaan terparah HP.

Misalnya HP mati total tapi lampu indikator menyala, menandakan bahwa HP tidak sepenuhnya mati. Bisa jadi layarnya yang bermasalah, mengingat ada satu bagian yang tetap hidup, yakni lampu indikator tersebut.

Penyebab HP Mati Total Tapi Lampu Indikator Tetap Menyala

Bisa jadi hardware atau software HP sedang bermasalah, misalnya layarnya sedang kenapa-kenapa, sistem operasi terkena virus, tapi penyebab paling umum adalah ada masalah pada baterai HP.

Baterai sering drop, atau cepat habis. Adapun masalah baterai drop muncul karena kebiasaan charger yang buruk.

Anda mencharger ponsel terlalu lambat, maksudnya mengisi daya saat baterai sudah hampir sekarat, yakni di bawah 20%. Atau Anda charger sambil memainkan HP tersebut.

Hal seperti ini terjadi karena IC Power pada HP muncul masalah. Efek terparah dari IC Power yang rusak adalah Anda kesulitan mengisi daya, layar HP mati total tapi indikator tetap menyala. Lalu adakah cara mengatasi masalah ini?

Cara Mengatasi HP Mati Total Tapi Lampu Indikator Menyala

Salah satu penyebab HP mati total tapi lampu indikator menyala adalah karena baterai. Namun itu hanya salah satu penyebab saja.

Dan kali ini, cara mengatasi masalah tersebut hanya kami berikan pada satu penyebab itu saja. Yaitu karena baterainya.

Berikut langkah-langkah yang bisa diikuti:

  1. Siapkan charger HP, lalu colokkan kabel data ke HP yang bermasalah. Jadi HP Anda sekarang sudah terhubung dengan charger. Tapi perlu diingat, pada langkah ini charger belum tersambung ke listrik
  2. Dalam kondisi HP dan charger sudah tersambung, berikutnya colokkan charger ke kontak listrik dengan cepat
  3. Tunggu beberapa saat, seharusnya muncul tampilan HP sedang mengisi daya baterai
  4. Jika sudah begitu, kemudian tunggu hingga penuh. Setelah penuh, hidupkan HP Anda dengan tekan tombol power

Jadi intinya, sebelum dicolokkan ke listrik, charger sudah terhubung dengan HP. Bukan charger yang terhubung dengan listrik dulu. Biasanya tahapan orang mengisi daya seperti itu.

Kegunaan dari menyambungkan charger dan HP lebih dulu adalah memberikan tekanan ampere lebih besar, memberikan sedikit kejutan ke HP.

Juga berpengaruh ke IC Power yang hanya bisa hidup jika dayanya 1 ampere. Dengan melakukan langkah ini, daya yang masuk bisa di atas 1 ampere. Diharapkan baterai bisa mengisi dayanya kembali seperti biasa, lalu hidup seperti sedia kala.

Jika HP Anda masih mati, mungkin kerusakannya lebih parah. Anda bisa membawanya ke tukang servis HP. Harga jasanya bisa dimulai dari 100 ribu hingga 500 ribu.

Atau lebih baik Anda mengganti ponsel. Saat ini banyak ponsel bagus yang harganya cuma 1 jutaan. Desainnya lebih trendi, dan canggih.

Itulah cara mengatasi HP mati total tapi lampu indikator menyala yang bisa jadi disebabkan karena baterai HP.

Tapi itu sebenarnya cuma salah satu penyebabnya, mengingat ada penyebab yang lain, yaitu hardware atau software HP yang rusak.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.