HP Xiaomi Tidak Ada Layanan Jaringan? Begini Cara Mengatasinya

HP Xiaomi Tidak Ada Layanan Jaringan? Begini Cara Mengatasinya

Kali ini kita akan membahas salah satu pertanyaan dan masalah yang sering terjadi pada user HP Xiaomi. Masalah tersebut adalah tentang HP Xiaomi tidak ada layanan jaringan. Kenapa dan bagaimana cara mengatasinya?

Sebab, jika tidak ada jaringan bagaimana mungkin kita bisa menggunakan ponsel tersebut, ya kan? Apalagi jika anda menggunakan koneksi internet dari layanan provider SIM bukan Wifi.

Wah alamat tidak bisa digunakan layanan ini kecuali hanya untuk main game offline, akses kamera dan yang tidak butuh layanan samsek.

Tapi sayangnya yang namanya ponsel pasti berkaitan dengan layanan baik itu untuk layanan biasa (nelpon dan SMS) atau internet.

Oleh karena itu, anda harus simak sampai selesai. Dimana kita akan membahas kemungkinan penyebab dan solusi atas masalah ini.

Apa Yang Menyebabkan HP Xiaomi Tidak Ada Jaringan?

Sebenarnya, masalah HP Xiaomi tidak ada layanan jaringan ini bisa terjadi untuk brand ponsel apapun. Sebab, ada faktor internal dan eksternal dalam kasus ini. Bisa jadi karena HP yang bermasalah, setting kurang tepat atau memang SIM anda yang bermasalah.

Karena ada banyak kemungkinan masalah dan error yang membuat hal tersebut terjadi. Maka, mari kita simak saja langsung solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Ada beberapa solusi yang akan mimin anjurkan.

Biasanya, salah satu cara dari beberapa daftar solusi ini sudah berfungsi. Karena memang ada banyak kemungkinan penyebab, sehingga anda harus mencoba mana solusi paling tepat.

Baca juga:

Cara Mengatasi HP Xiaomi Tidak Ada Layanan Jaringan

Jika masalah HP Xiaomi tidak ada layanan jaringan ini berlanjut maka anda harus mencoba satu atau semua cara berikut:

  1. Cek SIM Anda

Pertama yang harus anda lakukan adalah mengecek kartu SIM anda. Apakah sudah rusak atau mungkin sudah tidak dalam masa aktif lagi. Banyak orang yang menyepelekan hal ini dan ternyata yang bermasalah memang kartu SIM mereka.

Coba buka dan lihat bagian dalam kartu tersebut apakah ada banyak lecet hingga rusak? Coba masukkan ke ponsel lainnya apakah ada jaringan atau tetap tidak ada jaringan? Atau, coba gunakan kartu SIM lain, apakah jaringan di ponsel anda muncul?

  1. Periksa Jaringan Provider

Provider apa yang anda gunakan? Coba cek jaringan ponsel terdekat jika merek menggunakan provider sama. Apakah sama-sama hilang jaringan?

Jika iya kemungkinan server dari provider SIM anda mengalami masalah. Bisa saja sedang ada perbaikan atau masalah lainnya.

  1. Mode Pesawat

Jika masalah masih berlanjut, maka anda bisa memancing dengan menggunakan mode pesawat. Aktifkan mode pesawat atau tekan ikon gambar pesawat pada bagian atas. Kemudian tunggu beberapa menit dan matikan mode pesawat tersebut.

  1. Restart HP

Jika masalah juga tidak teratasi, maka anda bisa gunakan lagi metode restart HP. Tekan tombol power sedikit lebih lama hingga muncul pilihan Restart atau Turn Off. Pilih Restart dan pengaturan jaringan anda juga akan mengalami refresh secara otomatis.

  1. Buka Dan Masukkan SIM

Jika beberapa cara di atas juga tidak berfungsi maka coba lah buka lagi SIM anda. Buka dalam keadaan HP menyala dan kemudian masukkan kembali. Pastikan posisi SIM sudah benar ya!

  1. Gunakan Pengaturan Jaringan Manual

Jika tidak juga kunjung bagus, anda bisa gunakan pengaturan jaringan secara Manual. Cari di bagian Setting > SIM. Dan ponsel akan mencari layanan provider anda secara manual.

  1. Ubah Prioritas SIM

Biasanya hal ini terjadi ketika anda menggunakan dual SIM. Maka, usahakan anda memprioritaskan ke SIM utama.

  1. Cek APN

Anda bisa cari tahu terlebih dahulu APN yang tepat dengan provider jaringan yang anda gunakan. Lantas periksa dan samakan dengan yang terdapat pada ponsel anda.

  1. Flashing HP

Terkadang anda juga harus melakukan flashing Hp jika ada masalah atau error seperti ini yang tak kunjung membaik. Bisa jadi karena custom ROM loh.

  1. Customer Service

Kemudian, jika tidak ada perbaikan juga. Maka, silahkan anda tanya secara daring atau datang langsung ke kantor cabang provider yang anda gunakan.

  1. Service HP

Nah, ini pilihan terakhir ya gais. Jika tidak kunjung membaik maka silahkan kunjungi service HP terdekat.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.