Jika Membatalkan Pesanan di Shopee Apakah Uang Kembali?

batalkan pesanan di shopee

Berbelanja online memang terkadang membuat kita merasa ingin membeli banyak hal. Bila Anda tanpa sengaja telah membuat pesanan baru dan sudah membayar lalu ingin membatalkannya, maka Anda akan kebingungan.

Anda juga akan bertanya-tanya apakah uang yang sudah Anda bayarkan akan kembali. Berikut ini adalah jawaban dari semua pertanyaan Anda. Check this out.

Apakah Bisa Membatalkan Pesanan di Shopee?

Sama seperti aplikasi e-commerce lainnya, Shopee akan memberikan Anda hak untuk membatalkan pesanan. Hal ini bisa dan boleh dilakukan, baik oleh penjual maupun oleh pembeli.

Apakah Uang Dapat Kembali Setelah MelakJika Membatalkan Pesanan di Shopee Apakah Uang Kembali?

Untuk pertanyaan yang satu ini, jawabannya sangat variatif. Ada pesanan yang langsung mengembalikan uang Anda bila pesanan dibatalkan. Tetapi, ada juga yang harus menunggu persetujuan penjual hingga persetujuan dari pihak Shopee. Hal ini akan tergantung pada jenis pembatalan yang Anda lakukan.

Jenis-jenis Pembatalan Pesanan di Shopee

Anda tentu penasaran apakah pembatalan pesanan yang Anda lakukan dapat membuat uang kembali atau tidak.

Sebelumnya, Anda harus tahu jenis-jenis pembatalan pesanan di Shopee terlebih dahulu. Berikut ini adalah jenis-jenis pembatalan pesanan di Shopee yang perlu Anda ketahui:

Pembatalan Instan

Jenis pembatalan pesanan yang pertama adalah pembatalan instan. Hal ini dapat dilakukan apabila pembatalan dilakukan oleh pembeli sebelum penjual mengatur pengiriman.

Pembatalan pesanan yang Anda lakukan akan termasuk dalam pembatalan instan apabila dilakukan 1 jam setelah pembayaran terverifikasi.

Uang Anda akan kembali 100% melalui ShopeePay apabila melakukan pembayaran tunai. Bila COD, maka Anda akan mendapatkan notifikasi pembatalan pesanan.

Pembatalan Non Instan

Pembatalan non instan adalah jenis pembatalan kedua. Pesanan Anda akan masuk pembatalan jenis ini bila Anda membatalkan pesanan setelah penjual mengatur pengiriman, tetapi paket belum dikirim atau belum diterima oleh jasa kirim.

Uang Anda akan kembali setelah penjual merespon pembatalan pesanan Anda. Penjual berhak untuk menolak pengajuan pembatalan pesanan Anda dan melanjutkan proses pengiriman.

Tetapi bila penjual tidak merespon selama 1×24 jam, maka pembatalan akan otomatis dalam 1×24 jam berikutnya.

Pembatalan Otomatis

Tipe pembatalan pesanan yang ketiga adalah pembatalan otomatis. Ada beberapa kondisi yang akan membuat pesanan Anda masuk ke dalam pembatalan otomatis.

Pertama, penjual tidak mengirim atau memasukkan nomor resi dalam masa pengemasan yang diperbolehkan. Kedua, penjual tidak membuka aplikasi Shopee selama 1 minggu sejak pembeli membayar pesanan.

Kondisi ketiga adalah penjual tidak menyerahkan paket ke kurir yang melakukan pick up pesanan atau counter jasa kirim sehingga pengiriman tidak terverifikasi dalam 2 hari. Uang Anda akan kembali 100% ke ShopeePay apabila pembatalan Anda termasuk tipe pembatalan otomatis.

Cara Membatalkan Pesanan di Shopee

Hal terakhir yang perlu Anda ketahui adalah bagaimana cara membatalkan pesanan yang sudah dibuat.

  1. Pertama, silahkan buka aplikasi Shopee di ponsel Anda dan buka menu Saya.
  2. Disana akan tertera menu dikemas.
  3. Silahkan klik menu tersebut dan pilih mana pesanan yang akan Anda batalkan.
  4. Klik tombol batalkan pesanan dan pilih alasan pembatalan.
  5. Selesai, Anda hanya perlu menunggu hingga uang Anda kembali atau penjual menolak pembatalan dan tetap memproses transaksi.

Itu dia beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang pembatalan produk di Shopee. Uang Anda akan kembali atau tidak, tergantung pada masuknya jenis pembatalan pesanan produk Anda. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.