9 Kelebihan Signal Private Messenger Dibanding WhatsApp

Signal Private Messenger

Banyak pengguna WA yang beralih ke Signal, lantas apa saja kelebihan Signal dibanding WhatsApp? Mari kita bahas dibawah ini.

Beberapa waktu lalu sempat heboh aplikasi WhatsApp yang akan mengintegrasi data penggunanya ke Facebook. Hal ini menimbulkan beragam reaksi, salah satunya opsi menggunakan aplikasi chatting lain. Contohnya adalah Signal. Nah, sebenarnya apa kelebihan Signal dibanding WhatsApp?

Meski pada dasarnya akan sulit menandingi WhatsApp, Signal memiliki berbagai kelebihan yang patut dicoba. Dengan mengetahui fitur dan keunggulannya, pengguna bisa menilai apakah aplikasi ini layak dijadikan alternatif atau tidak.

9 Kelebihan Signal Dibanding WhatsApp

Ketika berbicara mengenai aplikasi chatting populer, memang tidak bisa lepas dari WhatsApp. Untuk saat ini aplikasi chatting tersebut menjadi yang paling banyak digunakan di tanah air.

Mungkin banyak yang baru mendengar aplikasi Signal, padahal aplikasi ini memiliki sejumlah kelebihan, yaitu:

1. Enkripsi End To End

Signal mendukung keamanan end-to-end encryption untuk setiap fitur di dalamnya. Pada dasarnya, teknologi ini juga sudah diterapkan di sejumlah aplikasi, termasuk WhatsApp. Signal mengklaim bahwa baik platform maupun developer tidak akan bisa membaca isi chat pengguna.

Enkripsi data end-to-end berarti setiap chat yang dikirimkan hanya bisa dibaca oleh si pengirim dan penerima. Jadi, pihak aplikasi ini pun tidak bisa mengintipnya.

2. Nomor Telepon Lebih Aman

Saat pertama kali melakukan registrasi Signal, pengguna hanya memerlukan nomor telepon saja. Untuk data sisanya, platform tidak tahu apapun untuk akun yang dibuat pengguna.

Saat melakukan pencarian, Signal hanya mengirim data berupa nomor telepon yang tidak ditampilkan semuanya. Melainkan nomor tersebut sudah dipotong secara kriptografis.

Sementara data lainnya seperti nama dan lain-lain tidak ditransmisi maupun ada di dalam server platform.

3. Mendukung Back Up Manual & P2P

Kelebihan selanjutnya dari signal adalah di sisi back up data. Aplikasi ini mendukung transfer back up manual untuk pengguna Android dan back up P2P untuk iOS.

4. Adanya Fitur Screen Security

Signal mendukung fitur screen security bagi setiap penggunanya. Fitur ini cocok digunakan bagi Anda yang tidak ingin menampilkan preview saat sedang di luar aplikasi. Dengan demikian, privasi pun lebih terjaga saat mengaktifkan fitur screen security ini.

5. Disappearing Message

Fitur dissapearing message artinya pesan akan terhapus secara otomatis. Ada berbagai pilihan durasi untuk menghapus pesan, mulai dari 5 detik sampai 1 minggu. Apabila Anda mengaktifkan pesan seperti ini, akan ditampilkan ikon jam pasir untuk setiap chat.

6. Mengunci Aplikasi dengan PIN

Signal juga menyediakan fitur penguncian aplikasi menggunakan PIN. Dengan demikian, tidak sembarang orang bisa membaca chat di aplikasi Signal milik Anda. Sistem keamanan yang diterapkan berupa screen lock Android, yaitu menggunakan password dan sidik jari.

7. Support Berbagai Macam File

Signal memungkinkan penggunanya mengirim dan menerima berbagai macam file. misalnya berupa gambar, foto, video, dan dokumen.

Selain itu, Anda bisa memilih jenis koneksi untuk mengunduh file yang diterima (menggunakan WiFi atau data seluler).

8. Multiplatform

Aplikasi chatting ini bisa digunakan di berbagai platform, diantaranya adalah Android, iOS, atau di versi web. Sudah terdapat ekstensi Signal yang disediakan browser Google Chrome agar lebih mudah diakses di laptop/PC.

9. Bisa Menjadi Aplikasi SMS

Menariknya, Signal bisa menjadi aplikasi pesan utama untuk menerima SMS. Seperti pada layanan chat, fitur ini juga mengandalkan proses enkripsi end-to-end.

Baca juga: Cara Menggunakan Aplikasi Signal Private Messenger

Meski belum sebesar aplikasi seperti WhatsApp, LINE, dan Telegram, Signal bisa menjadi alternatif chatting. Seperti ulasan di atas, kelebihan Signal dibanding WhatsApp yang paling utama adalah dalam hal sistem keamanan.

You May Also Like

error: Content is protected !!