Kenapa Explore Instagram Berubah? Ini 3 Cara Mengembalikannya!

Explore Instagram

Tidak diragukan lagi, Instagram adalah salah satu aplikasi sosial media yang sangat populer digunakan di Indonesia. Ada banyak sekali fitur dalam Instagram yang bisa Anda manfaatkan, salah satunya adalah Explore Instagram.

Belakangan ini, muncul berita bahwa tampilan Explore di Instagram telah berubah dan banyak pengguna merasa tidak senang dengan perubahan ini.

Mengapa Explore di Instagram berubah dan bagaimana cara mengembalikannya seperti semula? Check this out.

Mengapa Explore Instagram Berubah?

Untuk Anda yang aktif menggunakan Instagram, Anda mungkin menyadari bahwa salah satu fitur yang ada dalam Instagram yakni Explore mengalami sedikit perubahan.

Banyak pengguna Instagram mengeluhkan hal ini sebab sudah terbiasa dengan jenis Explore yang biasanya. Sebenarnya, mengapa tampilan Explore di Instagram menjadi berubah?

Sebenarnya, alasannya sederhana saja. Instagram ingin menampilkan konten atau feeds yang cocok untuk Anda.

Alasan Perubahan Tampilan Explore di Instagram

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, perubahan Explore yang dilakukan oleh Instagram disebabkan karena algoritma Instagram yang berubah.

Explore di Instagram saat ini akan menyajikan konten yang sesuai dengan postingan yang Anda like atau sukai. Tidak hanya dari konten yang Anda sukai saja, Explore Instagram juga akan menampilkan postingan terkait dengan hasil pencarian, akun yang Anda follow dan banyak lagi lainnya.

Cara Mengembalikan Explore Instagram Seperti Semula

Anda tidak perlu bingung apabila fitur Explore Anda di Instagram telah direset oleh Instagram, sebab Anda bisa mengembalikannya seperti semula dengan mudah.

Meskipun caranya mudah, tidak banyak orang yang mengetahui langkah-langkahnya. Berikut ini adalah cara mengembalikan Explore Instagram Anda:

  1. Buka aplikasi Instagram di ponsel Anda. Pastikan aplikasi Instagram yang Anda gunakan sudah versi terbaru.
  2. Silahkan login dengan akun yang ingin Anda perbaiki Explorenya.
  3. Klik tombol Explore lalu klik kolom pencarian di bagian atas.
  4. Anda akan melihat tombol Lihat Semua pada bagian pencarian terbaru. Klik tombol tersebut.
  5. Klik tombol Hapus Semua sebanyak 2 kali.

Bila Anda sudah melakukan langkah-langkah diatas, maka Anda hanya perlu refresh kembali Explore Instagram Anda.

Baca juga:

2 Alternatif Cara Mengembalikan Algoritma Explore Instagram

Bila cara diatas tidak berhasil, Anda tidak perlu bingung sebab masih ada dua cara lain yang bisa Anda gunakan. Berikut adalah alternatif caranya:

Pencarian Massif

Algoritma Instagram akan mengikuti postingan apa yang Anda sukai, Anda cari dan Anda simpan. Untuk mengembalikan algoritma Instagram mengikuti keinginan Anda, Anda bisa mencari konten atau postingan yang sesuai dengan keinginan Anda.

Semisal Anda ingin menjadikan explore Anda penuh dengan pemandangan, maka Anda bisa mencari postingan dengan tema serupa. Lakukan secara rutin hingga algoritma akun Anda berubah.

Klik Hashtag

Cara kedua yang bisa Anda coba adalah klik hashtag. Hampir semua postingan di Instagram memiliki hashtag yang terkait dengan konten tersebut.

Anda bisa mencoba sering-sering klik hashtag dan mencari postingan lain yang cocok dan sesuai dengan algoritma yang Anda inginkan. Perlu diketahui bahwa cara ini tidak instan sehingga Anda harus melakukannya secara rutin.

Itu dia penjelasan terkait mengapa Explore Instagram mendadak berubah dan bagaimana cara mengembalikan algoritma Explore kembali seperti semula. Anda bisa menggunakan cara manapun yang sekiranya berhasil untuk akun Anda. Selamat mencoba.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.