Kenapa Smartfren Tidak Ada Sinyal? Simak Cara Mengatasinya

Kenapa Smartfren Tidak Ada Sinyal? Simak Cara Mengatasinya

Banyak yang mengeluhkan tentang koneksi Smartfren yang jelek belakangan ini. Bahkan, tidak sedikit yang bertanya tentang kenapa Smartfren tidak ada sinyal? Tentu saja anda yang juga menggunakan layanan provider ini juga butuh penjelasan ya kan?

Sebenarnya, gangguan layanan atau jaringan tidak hanya dialami oleh pengguna layanan Smartfren saja. Banyak provider lain yang juga pernah mengalami masalah serupa. Misalnya Telkomsel yang beberapa waktu belakangan juga mengalami gangguan.

Bahkan, gangguan ini sampai beberapa bulan lamanya. Lantas, bagaimana dengan pihak Smartfren ini? Apakah masalah yang menyebabkan layanan mengalami gangguan ini sulit untuk teratasi?

Kemungkinan Penyebab Adanya Gangguan Jaringan Koneksi

Sebenarnya, ada banyak masalah yang mungkin menyebabkan koneksi yang anda gunakan bermasalah. Tidak hanya Smartfren saja yang memiliki kecenderungan ini. Namun, memang sekarang provider ini mengalami gangguan. 

Lantas, apa sebenarnya penyebabnya? Jika membicarakan penyebab, maka ada beberapa kemungkinan seperti:

  • Maintenance : Biasanya, setiap provider akan melakukan jadwal maintenance secara berkala dan rutin. Tujuannya tentu untuk meningkatkan kualitas jaringan agar pelanggan tetap merasa puas. Jika hal ini terjadi, maka selama adanya maintenance anda juga akan mengalami gangguan jaringan.
  • Kawasan atau ponsel tidak mendukung 4G : Jaringan Smartfren menggunakan layanan 4G. Sehingga, jika ponsel atau daerah jangkauan dimana anda berada sekarang tidak mendukung. Maka anda tidak akan menemukan layanan dari Smartfren ini. 
  • Cuaca Buruk : Anda juga harus tahu jika cuaca sedang buruk maka layanan juga akan mengalami gangguan. Misalnya ada hujan badai yang hebat atau angin kencang dan adanya petir. Kemungkinan jaringan lelet bahkan sinyal bisa hilang.
  • Pemadaman listrik : Siapa sangka jika mati lampu atau adanya pemadaman listrik juga berdampak terhadap rusaknya jaringan? Hal ini bisa saja terjadi jika anda mengalami jaringan yang tiba-tiba buruk setelah ada pemadaman listrik.

Lantas, bagaimana dengan kerusakan jaringan Smartfren? Apakah ada masalah yang mendasarinya? Ternyata, setelah mimin cari tahu memang ada gangguan dari pihak internal provider ini.

Bahkan, laporan tentang masalah jaringan ini menyebar ke seluruh wilayah jangkauan. Pihak Smartfren juga sudah memberikan informasi resmi terkait masalah ini.

Dimana mereka menyatakan sedang melakukan perbaikan atau maintenance sehingga, memohon maaf atas kendala tersebut.

Baca juga: Cara Transfer Kuota Internet Smartfren

Bagaimana Cara Mengatasinya?

Karena hal ini sudah disampaikan langsung oleh pihak Smartfren. Maka, yang bisa anda lakukan hanyalah menunggu hingga jaringan benar-benar pulih.

Pihak Smartfren sendiri sudah mengabarkan jika pelanggannya harus mengecek ketersediaan jaringan secara berkala.

Cara yang bisa anda lakukan adalah:

  • Airplane Mode : Mati dan hidupkan airplane mode agar anda bisa tahu apakah jaringan sudah baik atau tidak. Mematikan dan menghidupkan airplane mode ini akan membuat jaringan anda restart dan jika ada koneksi maka akan kembali aktif.
  • Restart Ponsel : Anda juga bisa langsung restart HP anda agar bisa mengembalikan fungsi ulang beberapa fitur yang mengalami gangguan. Biasanya, jaringan yang kembali membaik juga akan masuk ulang ke ponsel tersebut.
  • Matikan layanan SIM : Pilih di SIM berapa kartu Smartfren anda. Matikan layanan sementara dan hidupkan kembali.
  • Informasi Resmi : Nah, yang terakhir adalah menunggu jika ada informasi resmi yang diberikan langsung oleh Smartfren. Anda bisa lihat di situs mereka atau di akun media sosialnya. Biasanya akan selalu ada update terkini.

Baca juga: Cara Menggunakan Bonus Pulsa Smartfren

Demikianlah penjelasan tentang kenapa Smartfren tidak ada sinyal. Semoga membantu, ya!

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.