Kenapa Telegram Lemot Padahal Jaringan Bagus? Ini 5 Cara Mengatasinya

Kenapa Telegram Lemot Padahal Jaringan Bagus

Anda tentu sudah pernah mendengar tentang aplikasi Telegram. Aplikasi ini memang memiliki banyak fungsi dan bisa digunakan untuk mengunduh film atau video berukuran besar.

Belakangan ini beberapa pengguna mengeluhkan bahwa aplikasi Telegram lemot ketika digunakan padahal jaringan bagus. Mengapa hal ini bisa terjadi dan bagaimana cara mengatasinya? Check this out.

Mengapa Telegram Lemot?

Telegram adalah salah satu aplikasi yang memiliki banyak sekali fungsi, salah satunya adalah untuk saling chatting dengan teman Anda.

Sayangnya, ketika sedang menggunakan aplikasi Telegram banyak pengguna yang mengeluhkan bahwa aplikasi ini sedang lemot atau bahkan tidak memuat sama sekali.

Beberapa diantara mereka bahkan memiliki jaringan internet yang stabil sehingga jaringan bukanlah alasan dibalik lemotnya aplikasi Telegram. Hal ini tentu cukup menganggu penggunaan aplikasi.

Penyebab Telegram Lemot

Tidak hanya satu, ada banyak sekali penyebab telegram menjadi lemot ketika digunakan. Penyebab pertama adalah file cache yang menumpuk.

Dengan banyaknya file cache atau sampak aplikasi, Telegram bisa mengalami hambatan ketika digunakan. Penyebab kedua yang mungkin menyebabkan Telegram menjadi lemot adalah aplikasi yang belum diupdate.

Developer selalu mengupdate aplikasi agar bisa menyesuaikan dengan para penggunanya.

Penyebab ketiga adalah ruang penyimpanan penuh. Anda tentu tahu bahwa Telegram dapat digunakan untuk menerima maupun mengirim file dengan ukuran sangat besar, bahkan lebih dari 1 GB.

Hal ini menyebabkan aplikasi mudah mengalami penyimpanan penuh. Penyebab terakhir yang mungkin terjadi adalah terlalu banyak grup atau channel.

Semakin banyakm grup atau channel yang Anda miliki, maka chat yang Anda terima juga akan semakin banyak. History chat akan membuat jalannya Telegram menjadi terhambat.

Baca juga: 5 Cara Mengatasi Limit Telegram Paling Ampuh!

5 Cara Mengatasi Telegram Lemot

Anda tidak perlu khawatir bila aplikasi Telegram Anda lemot, sebab setidaknya ada 5 cara yang bisa Anda gunakan. Berikut ini adalah 5 cara mengatasi telegram lemot:

1. Hapus Cache

Hal pertama yang bisa Anda lakukan untuk membuat Telegram tidak lagi lemot adalah menghapus cache. Anda bisa melakukannya dengan membuka setting atau pengaturan dan cari opsi pengaturan aplikasi.

Setelah itu, pilih menu kelola aplikasi dan cari aplikasi Telegram. Jika sudah, pilih menu hapus data atau hapus cache.

2. Update Versi Aplikasi

Mengupdate versi aplikasi Telegram menjadi versi terbaru adalah salah satu hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi aplikasi yang lemot.

Anda hanya perlu membuka Google Play Store atau App Store dan cari aplikasi Telegram. Setelah itu, akan muncul tombol update. Klik tombol tersebut dan tunggu hingga aplikasi selesai terinstall.

3. Hapus Chat History

Anda dianjurkan untuk mengurangi grup atau channel bila ingin aplikasi Telegram tidak lagi lemot. Tetapi bila hal tersebut tidak bisa dilakukan, Anda bisa melakukan penghapusan chat history, satu per satu di setiap channel dan grup.

4. Hapus Foto dan Video di Telegram

Video dan foto adalah salah satu media yang memiliki ukuran besar, sehingga dengan menghapus foto dan video Anda bisa membuat Telegram tidak lagi lemot.

Bila ingin lebih mudah, klik hapus data di pengaturan dan semua video serta foto akan terhapus dari Telegram.

5. Restart Ponsel

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan adalah dengan merestart ponsel. Setelah Anda melakukan semua cara diatas, akhiri dengan restart ponsel. Setelah itu, Anda bisa lagi menggunakan aplikasi dengan lebih cepat.

Baca juga: Cara Mempercepat Download di Telegram di HP dan PC

Itu dia penjelasan tentang penyebab dan cara mengatasi Telegram lemot padahal jaringan bagus. Selamat mencoba.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.