Kenapa Tidak Bisa COD di Shopee Padahal Sudah Aktif dan Benar?

Dewa Eka

Kenapa Tidak Bisa COD di Shopee

Salah satu metode pembayaran yang disediakan oleh Shopee adalah Cash on Delivery atau biasa disebut dengan istilah COD. Metode pembayaran ini memungkinkan pelanggan untuk menerima pesanannya dulu, baru kemudian mereka membayarnya. Lalu, kenapa tidak bisa COD di Shopee?

Ada beberapa penyebab yang membuat pengguna Shopee tidak bisa memanfaatkan metode pembayaran yang lebih praktis dan aman ini. Padahal Shopee sering memberikan berbagai jenis promo menarik, apabila pengguna atau pembeli menggunakan metode pembayaran COD tersebut.

Maka dari itu, para pengguna Shopee yang mengalami masalah ini harus mengetahui apa saja yang dapat menjadi penyebabnya dan bagaimana solusi untuk mengatasinya. Pada kesempatan kali ini, kami akan membagikan informasi terkait hal tersebut secara lengkap.

Kenapa Tidak Bisa COD di Shopee? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Cara kerja metode pembayaran COD di Shopee berbeda dengan cara kerja metode pembayaran yang lainnya. Pada metode pembayaran ini pembeli akan membayar pesanannya setelah kurir mengantar pesanan tersebut ke alamat tujuan, sehingga keamanannya bisa lebih terjamin.

Namun, tidak semua pengguna Shopee dapat menikmati fitur menarik satu ini. Sebab, ada beberapa penyebab yang dapat membuat pengguna Shopee tidak bisa menggunakan metode pembayaran tersebut. Berikut adalah beberapa alasan kenapa pembayaran COD di Shopee tidak bisa:

1. Nilai Pesanan Melebihi Batas Maksimal yang Telah Ditentukan

Sebelum menggunakan metode pembayaran yang satu ini, pengguna Shopee harus tahu bahwa ada batas maksimal pembelian yang harus dipatuhi, yaitu maksimal hanya sebesar Rp5.000.000,- saja. Jika harga pesanan yang dibeli melebihi batas maksimal tersebut, maka fitur COD tidak bisa dipakai.

Apabila barang yang dibeli tidak hanya satu, maka pembeli dapat membagi pesanan tersebut menjadi 2-3 kali pembelian, sehingga fitur COD bisa digunakan kembali. Namun, jika barang yang dibeli hanya berupa satu buah saja, maka gunakan metode pembayaran yang lainnya dulu.

Pastikan untuk memerhatikan total pembayaran yang harus dibayar terlebih dahulu, sebelum menggunakan fitur pembayaran COD dari Shopee ini.

2. Alamat Pengiriman Barang Tidak Terjangkau

Tak banyak orang yang tahu bahwa alasan lain kenapa tidak bisa COD di Shopee padahal sudah aktif adalah karena alamat pengirimannya tidak berada dalam area jangkauan kurir. Biasanya, situasi ini akan dialami oleh orang-orang yang tinggal di daerah pelosok dan tidak terjangkau oleh jasa kirim.

Sistem COD yang telah disediakan oleh Shopee hanya bisa digunakan oleh beberapa pembeli yang berada di sejumlah wilayah tertentu saja. Jadi, jika rumah pembeli tidak berada di area terjangkau tersebut, maka mereka tidak bisa menggunakan fitur COD.

Untuk mengatasi masalah ini, pembeli dapat menggunakan alamat teman, saudara, atau kerabat lainnya yang berada di area terjangkau terlebih dahulu. Kemudian, pembeli dapat mengambil barang tersebut dari rumah teman, saudara, atau kerabat yang menerima pesanan barangnya.

3. Penjual Tidak Mengaktifkan Fitur Pembayaran COD

Tidak hanya bisa disebabkan oleh keputusan pembeli saja, tapi masalah ini juga bisa terjadi ketika penjual tidak mengaktifkan fitur pembayaran COD pada akunnya. Sebenarnya, penjual diberi kebebasan untuk mengaktifkan fitur pembayaran ini atau tidak.

Namun, ada beberapa penjual yang merasa khawatir ketika pembeli menggunakan metode pembayaran ini. Sebab, sampai saat ini masih ada beberapa kasus di mana pembeli menolak untuk membayar pesanannya tersebut. Jadi, ada beberapa penjual yang tidak mengaktifkan fitur ini.

Karena masalah ini timbul akibat penjual yang tidak mengaktifkan fitur pembayaran COD, maka solusi yang bisa dilakukan adalah membeli dari penjual lain yang menyediakan fitur pembayaran tersebut. Ada lebih banyak penjual yang menyediakan fitur pembayaran ini dibanding yang tidak.

4. Pembeli Mendapat Penalti COD dari Shopee

Alasan lain kenapa metode COD di Shopee tidak bisa dipakai adalah karena pengguna Shopee atau pembeli mendapat penalti COD. Apa yang dimaksud dengan penalti COD di sini? Istilah tersebut merujuk pada hukuman yang diberikan kepada para pembeli yang melanggar aturan COD Shopee.

Biasanya, Shopee akan memberikan penalti ini selama kurang lebih 30 hari. Jadi, selama kurun waktu tersebut pembeli tidak bisa menggunakan fitur COD. Setelah masa berlaku penalti tersebut sudah berakhir, maka pembeli bisa menggunakan metode pembayaran itu lagi.

Jadi, solusi yang bisa dilakukan untuk mengatasi permasalahan ini adalah dengan menunggu masa berlaku penalti tersebut berakhir. Jika fitur COD masih belum bisa digunakan meski masa berlaku sudah berakhir, maka pengguna bisa menghubungi pihak customer service.

Baca juga:

5. Melebihi Batas Maksimal Pesanan Mingguan

Shopee tidak hanya menetapkan ketentuan batas maksimal harga pembelian COD saja, tapi mereka juga menetapkan aturan mengenai batas maksimal pesanan mingguan yang dilakukan oleh para pembeli dengan metode pembayaran ini. Batas maksimal ini bisa dilihat pada ketentuan Shopee.

Bagi para pengguna Shopee yang mengalami permasalahan ini karena batas maksimal pesanan mingguannya sudah habis, maka mereka bisa membelinya lagi minggu depan. Batas maksimal mingguan ini akan selalu diperbarui, sehingga pengguna Shopee tidak perlu khawatir.

Sebagai contoh, pembeli memesan barang pada hari Kamis, tapi ternyata fitur COD tidak bisa dipakai. Agar pemesanan barang tersebut tetap bisa dilakukan dengan menggunakan metode pembayaran COD, maka pembeli harus membatalkannya lebih dulu dan memesannya lagi di hari Senin setelah itu.

Ada banyak orang yang bertanya-tanya kenapa pesan di Shopee tidak bisa COD. Maka dari itu, di sini kami membagikan jawaban dari pertanyaan tersebut. Alasan kenapa tidak bisa COD di Shopee adalah karena nilai pemesanan melebihi batas maksimal, fitur COD belum aktif, dan lain sebagainya.

Baca juga

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar

Ads - Before Footer