Video Telegram Tidak Tersimpan di File Manager

Kenapa Video Telegram Tidak Tersimpan di File Manager? Ini Cara Mengatasinya

WhatsApp dan Telegram tidaklah sama. Kalau di WhatsApp, video atau foto yang kita download, otomatis tersimpan ke galeri atau file manager. Berbeda dengan Telegram.

Di Telegram, apapun yang kalian unduh, harus diatur secara manual untuk tersimpan di file manager atau tidak? Gunanya supaya galeri Anda tidak penuh oleh sampah-sampah media Telegram yang tidak semuanya penting. 

Lalu bagaimana cara menemukan video atau foto yang kita unduh di Telegram? Bagaimana cara menyimpannya ke file manager? Di mana video itu tersimpan setelah kita unduh? Untuk menemukan jawabannya, simak penjelasan berikut.

Cara Menemukan Video yang Kita Unduh di Telegram

Salah satu keuntungan berbagi video di Telegram adalah, minim akan copyright. Sehingga banyak orang mengupload film atau video-video yang didapat secara ilegal di tempat tersebut. 

Dan Anda adalah salah satu penikmat video ilegal tersebut yang kini kebingungan dengan lokasi video yang baru Anda download. Di mana letaknya?

Catat baik-baik, video yang sudah Anda download di Telegram, lokasinya ada di Telegram. Tidak kemana-mana. Di tempat itu Anda mengunduhnya, dan di tempat itu juga Anda memutar dan menontonnya.

Maksudnya begini, Amda baru saja download episode 1 drama Korea berjudul Alchemy of Souls di sebuah channel atau grup Telegram. Setelah selesai download, Anda bisa mulai menontonnya di channel/grup tersebut. Tidak di tempat lain.

Bisakah Menyimpan Video Telegram ke File Manager atau Galeri?

Dari keterangan di sub judul di atas, kesimpulannya, mengunduh video dari channel A, maka tempat menontonnya adalah di channel A. Video yang sudah Anda unduh, juga tetap ada di channel A. 

Tidak bisakah dipindah ke tempat lain? Jawabannya bisa. Dengan memindahkannya ke bagian galeri ponsel atau file manager. Berikut cara menyimpan video Telegram:

  1. Cari video Telegram yang ingin didownload
  2. Pastikan sudah terunduh semua. Setelah itu klik titik tiga di pojok kanan atas
  3. Kemudian pilih menu ‘Simpan ke Galeri’

Setelah klik menu tersebut, video yang Anda download, akan tersimpan ke galeri. Begitulah cara kerja aplikasi Telegram. File yang Anda unduh, harus secara manual disimpan ke galeri melewati proses tersebut. Memanfaatkan fitur ‘Simpan ke Galeri’ yang ada di titik tiga. 

Tiap kali ingin menyimpan foto atau video, gunakanlah menu tersebut. Itu akan membantu mengurangi pemakaian ruang memori. Jadi daripada repot-repot hapus video/foto yang tidak Anda inginkan, lebih baik menyimpan secara manual video/foto yang benar-benar kalian inginkan.

Simak juga:

Efek dari Mengunduh Terlalu Banyak Video di Telegram

Memang benar, video yang kita download tidak otomatis tersimpan ke galeri. Lumayan membantu meringankan penyimpanan. Tapi tidak benar-benar membantu, karena ruang memori Anda dimakan Telegram dari media yang Anda download di Telegram.

Singkatnya, terlalu banyak mengunduh video Telegram bisa membuat ruang penyimpanan menipis. File yang Anda download, membuat aplikasi Telegram memakan banyak tempat. Punya saya pernah sampai memakan tempat 15GB.

Efek ini tidaklah berbahaya, karena kita bisa menghapus data-data tersebut agar ukuran aplikasi Telegram bisa mengecil kembali. Ikuti langkahnya di bawah ini:

  1. Buka aplikasi Telegram
  2. Klik garis tiga di pojok kiri atas
  3. Pilih ‘Pengaturan’
  4. Pilih ‘Data dan Penyimpanan’
  5. Klik opsi ‘Pemakaian Penyimpanan’
  6. Klik ‘Bersihkan Cache’

Selanjutnya akan tampil daftar file yang memenuhi memori. Bisa meliputi file foto, video, dokumen, audio, pesan suara, dan berkas lainnya. Itu lah jawaban dari masalah video Telegram tidak tersimpan di file manager dan pemecahan masalahnya.

Check Also

NLy Modern Com Penghasil Uang

Nly Modern Com Penghasil Uang, Aman atau Penipuan?

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa seiring berjalannya waktu, banyak sekali platform yang berbentuk Aplikasi …