10+ Mainan Edukatif yang Dapat Membantu Tumbuh Kembang Anak

mainan edukatif anak

Suka atau tidak, orang tua harus mengakui pentingnya mainan anak edukatif untuk menunjang tumbuh kembang si kecil. Walaupun terkesan tidak berguna, mainan edukasi anak tetap punya cara tersendiri dalam mendidik anak dan mengajak mereka untuk berimajinasi dan belajar untuk lebih memahami dunia mereka. Untuk bisa menjamin masa depan anak yang cerah, lengkapi juga diri Anda dan keluarga dengan berbagai macam asuransi kesehatan tersedia di PFI Mega Life. Lalu apa saja rekomendasi mainan anak edukatif yang cocok untuk dimiliki sejak usia bayi hingga masuk sekolah? Yuk, cek dulu panduan lengkapnya berikut!

Manfaat Mainan Edukasi Anak

Riset menunjukkan, terapi bermain adalah cara mengasah kecerdasan dan keterampilan anak yang penting bagi perkembangannya. Dengan memberikan waktu bermain bagi anak, si kecil bisa melatih motorik kasar dan halus sembari mengasah keahlian sosial, linguistik dan kognitif. Dengan menyediakan mainan anak edukatif, berikut beberapa manfaat yang bisa didapatkan oleh anak:

  • Melatih problem solving dan hubungan antara sebab akibat
  • Membentuk karakter independen dan percaya diri
  • Memupuk kreativitas dan imajinasi
  • Meningkatkan keterampilan fisik
  • Memberikan kesempatan untuk bersosialisasi.

12 Mainan Edukasi Anak yang Bisa Membantu Tumbuh Kembang Anak

Untuk stimulasi kecerdasan anak dan memberikan keceriaan, temani anak sambil bermain pilihan mainan edukasi berikut:

1. Permainan Interaktif

Setiap anak pasti sedang dengan yang namanya permainan, baik yang bersifat tradisional seperti board game atau menyusun puzzle, hingga variasi yang tersedia melalui gadget elektronik. Idealnya. Orang tua sebaiknya menyediakan pilihan permainan interaktif manual yang tidak bersifat elektronik sejak dini seperti papan susun gambar, puzzle, hingga berbagai board game sesuai usia. Berikan juga kesempatan bagi anak untuk menjajaki pilihan permainan interaktif melalui gadget, tetapi cukup sebatasnya saja dan temani saat bermain.

2. Flash Card

Salah satu mainan anak edukatif yang cukup populer, flash card atau kartu gambar adalah cara praktis untuk memperkenalkan kosakata dan hal-hal baru kepada si kecil. Flash card menggunakan konsep repetisi dan visual yang bisa mengasah ingatan. Kombinasi flash card dan aktif mengajak anak berkomunikasi, keahlian linguistik bisa berkembang cepat.

3. Boneka

Siapa sangka boneka adalah salah satu mainan edukasi anak yang efektif? Mungkin orang dewasa juga punya memori tertentu tentang boneka kesayangan. Sama halnya dengan anak yang selalu dekat dengan boneka favorit, ada banyak momen pembelajaran yang bisa dipetik dengan objek boneka.

Salah satunya adalah cara melatih kecerdasan emosional, mengasah keahlian hubungan sosial dan bahkan linguistik. Dengan boneka, anak bisa bebas berimajinasi dan bermain secara aman. Boneka juga bisa jadi ajang melatih motorik kasar dan halus dengan cara memakaikan baju, menyisir rambut, dan sebagainya.

4. Mainan Bergerak

Apa pun yang dilengkapi dengan ban atau roda, seperti mainan anak edukatif berupa truk, kereta api, mobil-mobilan, sampai sepeda dan skuter, sangat direkomendasikan untuk perkembangan anak. Baik yang bentuknya sederhana dan dimainkan dengan tangan, atau yang membutuhkan kemahiran fisik seperti sepatu roda, semuanya memberikan keseruan yang baik untuk si kecil.

5. Mainan Realistis

Mainan Realistis

Anak selalu ingin mencontoh tingkah orang dewasa karena rasa penasaran yang bisa jadi motivasi dia belajar. Ini sebabnya mainan realistis dalam bentuk mini bisa menjadi cara anak untuk menggali lebih dalam tentang dunia nyata. Contohnya: mainan berkebun, masak-masakan, mainan sapu dan alat pel, sampai baking set yang asyik dimainkan.

6. Mainan Kostum

Kostum, topeng, jubah pahlawan dan sebagainya adalah cara mudah untuk masuk ke dunia dongeng dan khayalan yang imajinatif. Dengan perlengkapan pakaian yang tepat, anak-anak bisa bermain pretend play yang lebih totalitas. Jika kostum didaur ulang dari bahan yang sudah ada, anak akan ditantang untuk menjadi kreatif dan berdaya pikir tinggi.

7. Mainan Profesi

Set mainan anak edukatif sesuai profesi misalnya dokter, bankir, koki dan sebagainya bisa jadi pilihan yang fun dan edukatif. Tema profesi membantu anak mengerti dunia di sekitar mereka, serta memotivasi agar si kecil belajar lebih banyak tentang pengalaman di dunia nyata. Tips saat memilih mainan profesi adalah dengan mencari yang berkualitas, misalnya dari bahan kayu yang tahan lama dan bisa dimainkan atau diturunkan ke si adik.

8. Mainan dengan Musik

Edukasi musik adalah aspek yang penting untuk melengkapi pertumbuhannya. Riset sudah banyak membuktikan banyak manfaat bagi anak, termasuk meningkatkan daya ingat dan kemampuan linguistik, intelektual, sosio-emosional, motorik, dan bahkan akademis.

Hubungan antara perkembangan otak dan tubuh juga bisa dipengaruhi dari pengenalan musik sejak dini. Karena itu, mainan edukasi anak seperti mainan bunyi-bunyian dan mainan instrumen layak disediakan sejak usia bayi.

9. Buku

Cara terbaik membuat anak tertarik dengan dunia belajar adalah buku. Sedini mungkin, perkenalkan dunia cerita ke anak melalui buku sebagai mainan anak edukatif terbaik. Pupuk kebiasaan membaca kepada anak untuk mengajarkan interaksi, imajinasi, literasi, dan berbagai keahlian positif. Jika Anda termasuk orang tua yang gemar membaca, yuk tularkan saja rasa cinta membaca dengan menyediakan buku sesuai usia anak.

10. Mainan Konstruksi

Blok-blok mainan atau balok pasang termasuk salah satu mainan edukasi anak yang tidak pernah lekang waktu. Dari mainan konstruksi, anak-anak belajar proses bentuk yang erat kaitan dengan logika, teknis dan matematik, termasuk kegigihan dan konsentrasi.

11. Mainan untuk Aktif

Mainan untuk Aktif

Mainan edukasi anak terkadang bisa berupa bola yang sifatnya sederhana tetapi memancing anak untuk tetap aktif bergerak. Sama halnya juga dengan sepeda, raket, atau bouncing toy, semuanya bisa jadi cara mengasah keterampilan motorik, membentuk sportivitas, hingga belajar strategi.

12. Mainan Sensori

Mainan sensori didesain untuk menstimulasi lima indera, yaitu penglihatan, pendengaran, sentuhan, penciuman dan pengecap. Elemen-elemen dalam mainan sensori bisa berupa warna-warna kontras, suara yang menarik, dan beragam tekstur. Mainan sensori sangat dianjurkan kepada anak usia bayi sebagai ajang pengenalan terhadap dunia di sekelilingnya. Ini juga sekaligus menaklukkan rasa takut anak agar bisa bermain secara alami.

Hadir Secara Total untuk Membimbing Si Kecil

Seluruh mainan edukasi terbaik di dunia tidak akan efektif jika tidak dibarengi dengan sosok atau teman bermain yang bisa diandalkan. Anak-anak akan tumbuh menjadi pribadi yang percaya diri, gembira dan aktif jika orang tua mendampingi setiap perkembangannya dari masa ke masa.

Untuk bisa menjamin masa depan anak yang cerah, lengkapi diri Anda dan keluarga dengan asuransi terbaik dari PFI Mega Life. Dengan adanya asuransi kesehatan, Anda bisa hadir dengan pasti karena PFI Mega Life siap mendukung di saat kesehatan sedang down. Dengan Mega Hospital Investa, dapatkan kenyamanan santunan rawat inap yang menjamin hilangnya potensi penghasilan harian saat dirawat.

Mega Hospital Investa juga menyediakan manfaat asuransi lengkap seperti No Claim Bonus dan santunan meninggal dunia. Cari tahu juga produk-produk asuransi dan investasi terbaik untuk keluarga Anda, hanya di PFI Mega Life.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!