Minimal Transfer Mandiri, Apa Bisa Kurang dari Rp 10.000?

Mandiri terkenal akan kemudahannya dalam melakukan transaksi tanpa syarat yang memberatkan. Begitu juga saat kita akan membuka rekening disana. Sangat-sangat mudah, setoran awalnya saja cuma Rp 50.000, jika Bank lain minimal paling harus Rp 100.000 keatas.

Saya sendiri sudah hampir lima tahun lamanya menjadi nasabah bank mandiri, selama itupun saya tidak pernah memiliki keluhan seperti gagal transfer, saldo berkurang dan hal negatif lainnya. Malah saya puas dengan banyaknya fitur yang ditawarkan, apalagi saya seorang pekerja online dimana aplikasi Mandiri Online sangat membantu saya dalam pembayaran.

Nah ngomongin soal pembayaran, kita harus tau berapa minimal transfer bank mandiri agar bisa dilakukan. Dan saldo yang harus tersisa dari transfer adalah Rp 20.000 untuk jenis rekening tabunganku.

Lalu mengenai besar minimal transfer Mandiri, kira-kira berapakah jawabannya?

Bisakah kita transfer dengan jumlah kecil, misal hanya 10.000 atau di bawah 10.000?

Minimal Transfer Mandiri yang Harus Nasabah Ketahui

Bisakah kita transfer uang dari Bank Mandiri dengan nominal 10.000 atau kurang dari itu?
Jawabannya adalah BISA.

Minimal transfer Mandiri kepada sesama Bank Mandiri adalah Rp 1 rupiah. Sementara minimal trasnfer Mandiri kepada Bank lain adalah Rp 10.000 rupiah.

Itu artinya, jika rekening tujuan adalah Mandiri, kita bisa transfer berapa saja tak terkecuali cuma mentrasfer Rp 1.000 rupiah. Sementara jika rekening tujuan adalah Bank lain, nominal paling kecil adalah Rp 10.000 dan tidak boleh di bawahnya.

Nominal tersebut sangatlah kecil, Mandiri tak membatasi penggunanya transfer uang berapapun. Jadi Anda tak perlu bingung lagi.

Di atas adalah minimal transfer Mandiri yang dilakukan di mesin ATM. Lalu bagaimana dengan transaksi yang dilakukan di Internet Banking dan Mobile Banking? Apakah sama?

Minimal Transfer Mandiri Melalui Internet Banking

Minimal transfer Bank Mandiri ke Bank Mandiri lainnya adalah Rp 1 rupiah. Untuk minimal transfer ke Bank lain (kliring) melalui Internet Banking adalah Rp 1 rupiah juga. Tapi ada biaya transfer sebesar Rp 5.000 dikarenakan Anda transfer ke Bank yang berbeda.

Sementara minimal transfer Bank Mandiri ke Bank lain (online), minimalnya adalah Rp 10.000 dan ada biaya transaksi sebesar Rp 6.500 untuk biaya trasnfer berbeda Bank.

Minimal Transfer Rekening Mandiri Melalui SMS Banking:

Ketika Anda ingin melakukan transfer lewat SMS baik itu SMS Ketik, SMS USSD atau STK kepada rekening Bank sesama (Mandiri), minimal transfernya adalah Rp 1 rupiah.

Minimal transfer Mandiri ke Bank lain (Kliring lewat STK), minimalnya adalah Rp 1 rupiah. Tapi Anda dikenai biaya Rp 2.500 per transaksi karena Anda mentransfernya ke rekening berbeda.

Sementara untuk minimal transfer ke Bank lain (online), minimal trasnfer adalah Rp 10.000 dan dikenai biaya Rp 6.500 per transaksi karena dikirim ke Bank lain.

Kasus Gagal Transfer

Ada satu hal lagi yang wajib Anda ketahui dari permasalahan minimal transfer Bank Mandiri ini.

Ada satu kasus, dimana nasabah mengeluh gagal transfer padahal minimal transfer sudah sesuai dengan peraturan yang berlaku di atas. Tapi orang tersebut gagal melakukan transfer oleh suatu alasan.

Contoh kasus:

Saya ingin mentransfer orang ke rekening Bank lain saat saldo Saya tersisa Rp 110.000. Lalu Saya ingin transfer ke orang tersebut sebesar Rp 60.000.

Menurut peraturan di atas, seharusnya Saya memenuhi kriteria karena minimal uang yang akan Saya transfer sudah di atas Rp 10.000, tapi kenapa gagal terkirim?

Padahal uang yang Saya kirim di atas Rp 1 rupiah bahkan Rp 10.000

Jawabannya:

Minimal transfer Mandiri tetaplah Rp 1 rupiah sampai Rp 10.000, Jika Anda mengalami gagal transfer, itu bisa disebabkan oleh permasalahan lain. Misalnya adalah minimal saldo tertinggal di ATM.

Mandiri menerapkan peraturan kepada para nasabahnya untuk membiarkan saldo teringgal dalam ATM sebesar Rp 100.000. Tapi pada kasus di atas, orang tersebut malah cuma menyisakan saldo tertinggal di ATM sebesar Rp 50.000.

Itulah alasan kenapa transfer Mandiri bisa gagal. Bukan karena minimal transfer Mandiri yang sudah berubah, melainkan saldo mengendap Anda yang kurang.

Tinggalkan komentar