Nomor Indosat Tidak Bisa Menerima SMS? Ini Solusinya

Nomor Indosat Tidak Bisa Menerima SMS

Kalau masalahnya tidak bisa mengirim pesan, bisa jadi karena pulsa dan jaringan. Tapi bagaimana kalau masalahnya nomor Indosat tidak bisa menerima SMS? Tidak mungkin jika permasalahannya adalah pulsa dan jaringan.

Sudah biasa terjadi pada setiap pengguna smartphone saat mengalami beberapa masalah pada perangkat yang digunakan, terlebih lagi pada provider yang digunakan.

Kita tentu sering mengeluh dengan jaringan yang lag, tidak bisa telepon dan bahkan tidak bisa menerima SMS. Hal itu semua dapat terjadi pada setiap provider yang ada.

Apalagi pada kartu Indosat, berbagai keluhan pelanggan muncul seperti misalnya internet yang lemot karena batas fup dan permasalahan seputar hp yang tidak bisa menerima sms.

Baca juga: Cara Mengatasi FUP Indosat

Lalu apa yang menjadi penyebab semua ini bisa terjadi? Dan bagaimana cara mengatasinya?

Penyebab Nomor Indosat Tidak Bisa Menerima SMS dan Cara Mengatasi

1. Mungkin Ada Masalah dengan Perangkat Lunak Anda

Tidak bisa menerima pesan? Barangkali perangkat ponsel Anda rusak.

Untuk mengetes apakah perangkat kalian benar-benar rusak dapat kalian tes dengan memasang SIM card Indosat yang bermasalah itu di ponsel yang lain.

Apabila hasilnya di perangkat lain dapat menerima pesan, berarti yang salah adalah perangkatnya. Tapi jika di perangkat lain juga tidak bisa menerima pesan, maka yang salah adalah kartu tersebut.

Kadang kasus seperti ini juga dicampur dengan permasalahan jaringan, coba kalian reboot dulu siapa tahu masalahnya bisa teratasi.

Baca juga: Cek Nomor Indosat

2. Anda Baru Saja Memperbarui SIM Jaringan Menjadi 4G

Penyebab berikutnya juga dapat dikarenakan karena Anda baru saja meningkatkan jaringan menjadi 4G. Proses memperbarui jaringan ini biasanya memakan sampai 24 jam, sehingga semua layanan yang berkaitan dengan nomor Indosat akan mengalami gangguan selama satu hari penuh, tak terkecuali masalah tidak bisa terima SMS.

Cara mengatasi penyebab satu ini dapat kalian lakukan dengan menunggu sampai 24 jam berakhir.

Baca juga: Cara Unreg Kartu Indosat

3. Memori Penyimpanan Anda Tidak Cukup

Salah satu penyebab kenapa nomor Indosat tidak bisa menerima SMS berikutnya bisa juga dikarenakan memori Anda tidak cukup menerima pesan. Meski jarang terjadi, tapi coba cek dulu sisa ruang penyimpanan ponsel Anda.

Kalau kenyataannya karena memori sudah penuh, solusinya hanyalah dengan menghapus foto, video, chache, atau unisntall aplikasi tidak penting sampai memori kalian cukup lagi untuk menerima pesan.

4. Nomor SMSC (Nomor Pusat Pesan) Tidak Terpasang/Tidak Sesuai

Nomor pusat pesan berperan besar dalam kesuksesan kalian bisa menerima dan mengirim pesan. Nomor pusat pesan atau SMSC harusnya sudah terpasang otomatis ketika kalian memasang kartu di ponsel kalian, tapi kadang karena ada bug kecil, ponsel pun tidak bisa menangkap nomor pusat pesan tersebut sehingga harus dilakukan secara manual.

Untuk mengatasi penyebab tersebut, pertama-tama cari tahu dulu SMSC kartu Indosat, yaitu: +62816124 / +62855000000

Kemudian masuk ke menu SMSC dengan mengikuti cara di bawah ini:

  • Ketik *#*#4636#*#*, setelah mengetik * terakhir, secara otomatis Anda dibawa pada pengaturan jaringan.
  • Pilih ‘Informasi Telepon / Device Information’.
  • Scroll ke bawah dan cari menu SMSC.
  • Masukkan nomor SMSC Indosat di atas, +62816124 / +62855000000.
  • Lalu klik ‘Perbarui / Update’.
  • Refresh ponsel Anda, coba cek apakah sudah bisa menerima pesan atau belum.

Selengkapnya, baca: Nomor Pusat Pesan Indosat

5. Nomor Anda Mungkin Sudah Tidak Aktif

Lakukan pemeriksaan apakah nomor Anda masih aktif atau tidak dengan mengeceknya di menu dial up. Tekan *123#, lalu pilih menu ‘Status dan Info’, lalu pilih ‘Cek Status’.

Nanti akan muncul informasi status masa aktif, status sampai kapan kartunya aktif, dan keterangan apakah kartu Indosat tersebut masih aktif atau tidak. Anda pun dapat mengecek di aplikasi MyIM3 atau SMS. Lebih mudah dilakukan langsung di menu dial up.

Selalu pantau masa aktif dengan cara memperpanjang masa aktif indosat

Dari 5 penyebab kenapa nomor Indosat tidak bisa menerima SMS yang paling banyak terjadi dikarenakan SMSC (nomor pusat kontak) yang tidak sesuai, belum terisi atau salah nomor.

Beda provider, beda pula nomornya. Karena Anda menggunakan kartu Indosat, sudah jelas nomor SMSC-nya hanyalah +62816124 / +62855000000.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *