10 Pekerjaan yang Menghasilkan Barang (Lengkap)

Selain memiliki budaya yang sangat banyak, Indonesia juga memiliki berbagai macam pekerjaan yang tentunya bisa menghasilkan sebuah barang. Meskipun pekerjaan di Indonesia sangat banyak, nyatanya pemerataan pekerjaaan masih sangat kurang. Sehingga, jumlah pengangguran yang ada terus meningkat.

Berbagai macam jenis pekerjaan justru memiliki risikonya masing-masing. Tidak ada pekerjaan yang tidak menimbulkan risiko. Nah, ada juga pekerjaan penghasil barang yang tentunya sangat banyak ditemukan di Indonesia. Pekerjaan ini tentunya tidak bisa dipandang sebelah mata. Penasaran apa saja?

10 Pekerjaan yang Menghasilkan Barang Adalah Sebagai Berikut:

1. Petani (Menghasilkan Padi)

Petani
sumber: english-articles-bd.blogspot.com

Petani, merupakan sebuah pekerjaan yang sangat penting keberadaannya. Di mana, dari hasil bertaninya, masyarakat Indonesia bisa memakan makanan pokok, yaitu nasi. Untuk bisa menghasilkan padi yang bagus, para petani harus bekerja dengan keras.

Mereka harus membajak sawah, memberi pupuk, memeriksa saluran pengairan untuk sawah dan masih banyak lagi hal yang petani lakukan.

2. Nelayan (Menghasilkan Ikan)

Nelayan
sumber: needpix.com

Pekerjaan penghasil barang yang selanjutnya adalah nelayan. Seperti yang diketahui, pekerjaan ini memiliki risiko yang sangat besar. Terutama jika keadaan gelombang laut sangat tinggi.

Terkadang, mereka mempertaruhkan nyawanya untuk bisa mendapatkan ikan. Walau begitu, harga ikan di pemasok relatif kecil dan kadang tidak seimbang dengan risiko yang didapat.

3. Penjahit (Menghasilkan Pakaian)

Penjahit
sumber: venturingangler.com

Pekerjan selanjutnya adalah penjahit. Pekerjaan ini sudah banyak digeluti oleh masyarakat Indonesia. Penjahit sendiri bekerja untuk menghasilkan berbagai macam pakaian.

Pakaian tersebut nantinya digunakan untuk menghangatkan tubuh di saat musim hujan dan melindungi tubuh dari panasnya sinar matahari di musim kemarau.

Selain itu, pekerjaan menjahit juga sering dijadikan sebagai kursus untuk mereka yng memang ingin menekuni pekerjaan ini.

Bahkan, kebanyakan pabrik tekstil mengharuskan pekerjanya menguasai teknik menjahit. Tentunya, membuka kursus menjahit, bisa menjadi alternatif, jika pekerjaanmu ini sedang sepi.

4. Peternak (Menghasilkan Daging)

Peternak
sumber: jeda.id

Pekerjaan penghasil barang yang selanjutnya adalah peternak. Ada banyak hewan yang bisa diternakan, seperti sapi, kambing, kerbau, ayam, bebek, angsa dan lain sebagainya. Rata-rata para peternak biasanya menghasilkan daging.

Namun, ada juga yang menghasilkan telur. Seperti peternak ayam dan bebek. Terlebih, orang-orang juga sangat menyukai kedua telur ini. Baik telur ayam maupun telur bebek mempunyai kandungan yang sangat banyak dan berguna bagi tubuh.

5. Pengrajin (Menghasilkan Kerajinan)

Pengrajin
sumber: onhaircuts.com

Kerajinan tangan sangat diincar oleh para pelancong dari luar daerah maupun dari luar negeri. Indonesia sebagai negeri dengan destinasi wisata yang banyak, membuatnya mempunyai beragam kerajinan tangan khas daerah.

Biasanya, para pengrajin selalu mendapat keuntungan banyak jika musim libur berlangsung. Beberapa kerajinan tangan dari Indonesia pun sangat diburu oleh turis, karena biasanya memiliki nilai estetika yang tinggi.

6. Pelukis (Menghasilkan Lukisan)

Pelukis
sumber: yandex.com

Pelukis merupakan pekerjaan penghasil barang yang selanjutnya. Pelukis sendiri merupakan orang yang menciptakan karya seni dua dimensi berupa lukisan. Di beberapa daerah, kita sering melihat para pelukis yang menjajakan lukisannya di pinggir jalan.

Selain itu, beberapa pelukis juga kerap mengadakan pameran hasil lukisannya. Kadang, dalam pameran tersebut, pelukis bisa menjual lukisannya dengan harga yang sangat mahal.

7. Tukang Kayu (Menghasilkan Mebel)

Tukang Kayu
sumber: standardfueloils.co.uk

Lemari, kursi, meja merupakan barang yang dihasilkan oleh tukang kayu. Pekerjaan ini sangat mudah ditemukan. Hal ini dikarenakan banyak orang yang membutuhkan mebel untuk mengisi dan memperindah rumahnya.

Beberapa konsumen sering merequest sendiri bentuk dan kayu yang digunakan untuk mebel yang dipesan. Tidak jarang dari mereka memesan kursi, meja dan perlengkapan perabot rumah tangga lainnya.

8. Penjaja Makanan (Menghasilkan Makanan)

Penjaja Makanan
sumber: deccanherald.com

Pekerjaan penghasil barang yang selanjutnya adalah penjaja makanan. Pekerjaan ini sendiri merupakan orang yang menjual dagangan berupa makanan.

Ada berbagai penjaja makanan yang bisa ditemukan, mulai dari kue, gorengan, bakso, mie ayam, batagor, siomay dan lain sebagainya.

Saat ini sudah semakin banyak penjaja makanan yang menjual beberapa makanan hasil kreativitasnya. Sehingga, tetap bisa disukai oleh banyak orang.

Beberapa pekerjaan penghasil makanan di atas tentunya tidak pernah lepas dari berbagai macam kendala dan risiko yang dihadapi. Tidak hanya itu, bahkan beberapa pekerjaan di atas pernah mengalami kerugian yang cukup besar.

9. Pekebun (Menghasilkan Sayuran)

Pekebun
sumber: sustainablenantucket.org

Taukah kamu sayuran yang sering kita makan tiap hari asalnya darimana? Sudah pasti dari pekebun yang menanamnya, mereka adalah penghasil barang yang berjasa besar terhadap kebutuhan pangan / makanan kita sehari-hari.

Pekebun biasanya menanam banyak macam sayuran seperti wortel, tomat, brokoli, bayam dan masih banyak lagi. Lalu mereka akan memanen semuanya jika sudah cukup umur, setelah itu mereka akan menjualnya ke pasar.

10. Petambak (Menghasilkan Garam)

Petambak
sumber: en.indotrading.com

Sebenarnya tidak hanya garam saja yang dihasilkan oleh seorang petambak, namun mereka juga kadang memberikan bibit ikan seperti ikan mujair, udang, kepiting, bandeng dan lainnya.

Jadi saat panen bukan hanya garam yang akan mereka dapatkan, namun juga ikan yang telah diberikan sebelumnya. Enak bukan? Sekali dayung dua sampai 5 pulau terlampaui?

Nah, itu dia beberapa pekerjaan yang menghsilkan barang dan sampai saat ini masih eksis dan terus berkembang. Semoga bermanfaat!