10 Pekerjaan yang Menghasilkan Jasa (Lengkap)

Dapatkah Anda menyebutkan 10 pekerjaan yang menghasilkan jasa? Di dunia ini, terdapat banyak sekali jenis pekerjaan yang dapat dilakukan oleh semua orang, salah satunya adalah pekerjaan yang menghasilkan jasa sebagai produk hasil akhir pekerjaannya.

Pekerjaan-pekerjaan ini sangat berpengaruh terhadap jalannya roda kehidupan sehari-hari. Para pekerja yang menghasilkan jasa dituntut untuk memberikan pelayanan kepada semua konsumen atau pengguna jasanya.

Tidak seperti barang yang dapat dengan mudah dilihat atau dipegang bentuknya, jasa merupakan hal yang tidak memiliki bentuk. Meskipun demikian, jasa dapat dengan jelas dirasakan manfaatnya.

Kualitas jasa diukur dari seberapa puas para konsumen dengan jasa atau ‘bantuan’ yang diberikan. Berbagai layanan yang diberikan inilah yang akan menghasilkan uang bagi para pekerja yang memberikan jasa. Semakin puas para konsumen dengan jasa yang diberikan, maka penjualan jasa tersebut akan semakin diburu para konsumen lainnya.

Jenis pekerjaan yang menghasilkan jasa sangat beragam dan dekat dengan kehidupan sehari-hari. Apa sajakah pekerjaan tersebut? Simak 10 pekerjaan yang menghasilkan jasa berikut ini.

Inilah 10 Jenis Pekerjaan yang Menghasilkan Jasa

Tenaga Pengajar

Tenaga Pengajar
Sumber: td.org

Tenaga pengajar seperti guru, dosen, maupun pelatih merupakan salah satu contoh yang jelas dari 10 pekerjaan yang menghasilkan jasa. Mereka merupakan tenaga ahli yang memberikan pengajaran kepada murid atau mahasiswanya. Layanan jasa yang diberikan yaitu pengajaran berbagai macam ilmu dan keahlian.

Para siswa dan mahasiswa yang berhasil dan sukses dalam pendidikan dan karier merupakan hasil dari segala proses pengajaran yang dilakukan. Produk akhir dari layanan jasa yang satu ini memang unik karena menentukan proses kehidupan selanjutnya dari si pengguna jasa. Tak mengherankan, para tenaga pengajar ini sering disebut pahlawan tanpa tanda jasa.

Tenaga Medis

Tenaga Medis
sumber: medstaffconsultants.com

Contoh pekerjaan yang menghasilkan jasa selanjutnya adalah para tenaga medis. Dokter, perawat, dan bidan adalah contohnya. Mereka memberikan layanan yang berkaitan erat dengan kesehatan para pengguna jasa.

Pekerjaan ini menuntut para penyedia jasa untuk berada di rumah sakit, klinik, atau fasilitas kesehatan lainnya dengan jam kerja yang sangat berbeda dengan pekerjaan di kantor. Para tenaga medis harus siap sedia di saat pengguna jasa membutuhkannya pada jam berapapun.

Untuk dapat memberikan pelayanan prima, tenaga medis dituntut untuk memiliki ilmu yang tinggi. Sekolah dan juga berbagai praktik harus dijalani. Jasa yang dapat diberikan tenaga medis ini antara lain operasi, pemeriksaan kesehatan, konsultasi kesehatan, dan juga pengobatan.

Pengemudi Kendaraan atau Transportasi

Pengemudi Kendaraan atau Transportasi
sumber: thedrakegroup.com.au

Pekerjaan ini menuntut para pekerjanya untuk ahli mengemudikan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi. Mereka mengantar pengguna jasa yang disebut penumpang dari satu titik lokasi ke titik lainnya. Karena jasa yang diberikan bukan berupa barang, profesi pengemudi kendaraan atau transportasi digolongkan pada pekerjaan yang menghasilkan jasa.

Sopir, masinis, pilot, nakhoda, maupun kusir merupakan contoh para pengemudi berbagai alat transportasi di Indonesia. Pekerjaan mereka mungkin terlihat mudah. Namun faktanya mereka menanggung beban tanggung jawab akan keselamatan seluruh penumpangnya.

Petugas Keamanan

Petugas Keamanan
sumber: securitymagazine.com

Para petugas keamanan seperti tentara, polisi, body guard, atau satpam juga termasuk ke dalam 10 pekerjaan yang menghasilkan jasa. Mereka memberikan layanan jasa berupa penjagaan atas objek tertentu. Objek tersebut bisa ditentukan oleh atasan atau sudah tertulis pada perjanjian kerja sebelumnya.

Petugas keamanan membutuhkan kemampuan fisik yang sempurna. Mereka pun memiliki risiko kerja yang cukup tinggi karena dapat mempertaruhkan nyawa demi penjagaan yang mereka lakukan. Segala kemampuan, keahlian, dan risiko kerja inilah yang menghasilkan rupiah bagi para petugas keamanan.

Teknisi

Teknisi
sumber: ianmartin.com

Teknisi merupakan orang-orang yang bekerja memperbaiki kerusakan atau masalah pada mesin. Layanan jasa yang dijual yaitu layanan perbaikan akan mesin dari suatu benda. Semakin tinggi tingkat kesulitan dalam memperbaiki, biasanya harga jasa yang ditetapkan semakin tinggi pula.

Teknisi tidak membuat barang yang baru, melainkan hanya memperbaiki. Mereka membuat benda yang sudah ada dan rusak bekerja kembali. Oleh sebab itu, teknisi merupakan salah satu contoh pekerjaan yang menghasilkan jasa, bukan barang.

Montir

Montir
sumber: isradrom.co.il

Jika teknisi berkaitan erat dengan mesin dari suatu benda, maka montir berkaitan erat dengan mesin pada otomotif. Layanan yang diberikan yaitu perbaikan atau perawatan pada mesin kendaraan bermotor, mobil ataupun motor. Mereka biasanya ditemui di bengkel-bengkel.

Montir merupakan tenaga praktis. Dibutuhkan kemampuan praktik dan analisa yang baik untuk dapat mengatasi berbagai masalah pada kendaraan bermotor. Sama seperti teknisi, upah montir akan semakin tinggi jika kesulitan perbaikan atau perawatan motor kendaraan Anda semakin rumit.

Terapi Pijat

Terapi Pijat
sumber: abmcollege.com

Pekerjaan yang satu ini sudah tidak asing lagi di telinga para warga Indonesia. Di desa maupun kota, terapis pijat sangat dibutuhkan oleh banyak orang. Jasa yang mereka jual yaitu keahlian mereka untuk mengusir segala lelah yang ada pada tubuh.

Di era modern seperti ini, terapis pijat tidak hanya memberikan layanan berdasarkan panggilan konsumen. Mereka pun bisa ditemui di tempat khusus pijat atau bahkan dipanggil ke rumah dengan menggunakan aplikasi khusus. Tarif dari jasa yang diberikan beragam tergantung harga yang ditentukan penyedia jasa tersebut.

Public Figure

Public Figure
sumber: idntimes.com

Yang dimaksud public figure adalah mereka yang sering muncul di layar kaca. Dalam bahasa yang lebih umum, mereka disebut aktor atau aktris. Para pekerja yang bergerak di bidang hiburan ini menjual jasa dalam bentuk keahlian memberikan penampilan atau tayangan yang menghibur orang lain. Penampilan tersebut bisa dalam bentuk film, talkshow, ataupun acara-acara hiburan lainnya.

Diantara 10 pekerjaan yang menghasilkan jasa lainnya, pekerjaan ini memiliki stigma negatif yang cukup banyak. Hal ini dikarenakan banyaknya kasus kriminal dan hedonisme yang menjerat dan ditunjukkan para pekerjanya.

Meskipun demikian, pekerjaan yang satu ini tidak bisa hanya dipandang sebelah mata karena sesungguhnya dibutuhkan kemampuan dan keahlian yang cakap untuk tampil di dalam layar kaca.

Reporter Media

Reporter Media
sumber: clalliance.org

Reporter media cetak, internet, maupun televisi, semuanya merupakan contoh pekerjaan yang juga menghasilkan jasa. Layanan yang diberikan yaitu dalam bentuk berita tentang kondisi negara, kabar terkini, maupun ulasan tentang tempat-tempat di luar negeri. Segala bentuk informasi yang diberikan oleh para awak media merupakan jasa dari pekerjaan ini.

Dengan adanya jasa dari reporter media, Anda menjadi tahu tentang kondisi suatu daerah tanpa perlu pergi ke sana. Anda juga memiliki wawasan yang lebih luas atas kontribusi jasa dari para reporter media. Upah atas jasa yang mereka berikan berasal dari perusahaan tempat mereka bekerja.

Tukang Cukur

Tukang Cukur
sumber: yelp.ca

Profesi yang satu ini tidak bisa dilupakan dari daftar pekerjaan yang menghasilkan jasa. Layanan jasa yang diberikan dari tukang cukur sudah jelas yaitu pemotongan rambut sesuai permintaan konsumen. Upah dari jasa yang diberikan biasanya sudah ditentukan dengan jelas oleh para penyedia jasa.

Layanan tukang cukur masa kini tidak hanya terbatas pada pemotongan rambut saja. Beberapa barbershop modern juga menyediakan layanan keramas, pijit, serta shaving. Tentunya tarif yang ditentukan pun berbeda dengan tarif tukang cukur tradisional.

Jasa yang dihasilkan dari pekerjaan-pekerjaan di atas sangat bermanfaat bagi semua orang. Bayangkan saja jika para penyedia jasa tersebut tidak ada dalam kehidupan Anda.

Mungkin Anda akan kesulitan dalam menjalani beberapa aspek kehidupan. 10 pekerjaan yang menghasilkan jasa di atas hanya segelintir contoh saja dari banyaknya pekerjaan lain yang mengandalkan layanan jasa sebagai komoditas utamanya.