Penyebab dan Cara Mengatasi Coreldraw X7 Tidak Bisa Save

Gilang Gilang

Penyebab dan Cara Mengatasi Coreldraw X7 Tidak Bisa Save

Sampai saat ini pengguna Coreldraw X7 terus bertambah, karena aplikasi ini memiliki kompatibilitas yang baik dengan dukungan multi-layar yang ada di dalamnya. Namun, ada salah satu kendala yang sering dialami oleh pengguna aplikasi desain grafis ini, yaitu Coreldraw X7 tidak bisa save file.

Tentu orang-orang akan panik ketika kendala ini terjadi pada dirinya, karena desain grafis yang sudah dibuatnya dengan sebaik mungkin tidak bisa disimpan atau dibagikan ke perangkat lain. Meski begitu, para pengguna tidak perlu khawatir karena sebenarnya masalah ini bisa diatasi dengan mudah.

Sebelum mengatasi masalah Coreldraw X7 tidak bisa menyimpan file, ketahui terlebih dahulu penyebabnya. Sebab, ada beberapa hal yang membuat masalah ini tiba-tiba muncul saat sedang menggunakan aplikasi Coreldraw X7. Untuk itu, kenali penyebab dan cara mengatasinya yang tepat!

Penyebab Coreldraw X7 Tidak Bisa Save File

Tidak hanya memiliki keunggulan pada fitur multi-layar yang ada di dalamnya, tapi Coreldraw X7 juga memiliki beberapa keunggulan lainnya yang membuat orang-orang sering memakainya untuk membuat desain grafis, seperti pengaturan font yang profesional, terdapat konten data lengkap, dan lainnya.

Di balik banyaknya keunggulan yang dimiliki aplikasi ini, ada salah satu masalah yang sering dialami oleh pengguna Coreldraw X7, yaitu hasil desain grafisnya tidak bisa disimpan ke dalam perangkat. Lalu, apa yang membuat masalah ini terjadi? Berikut ini beberapa penyebabnya:

  • Terdapat lisensi yang sudah kedaluwarsa. Ada banyak pengguna yang tidak sadar bahwa salah satu lisensi pada aplikasi Coreldraw X7 dalam perangkatnya sudah kedaluwarsa dan tidak bisa digunakan kembali.
  • Terjadi kesalahan sistem. Masalah ini juga sering dialami oleh para pengguna Coreldraw X7 dan biasanya terjadi ketika pengelola aplikasi sedang melakukan perbaikan atau peningkatan sistem.
  • Saat menggunakan aplikasi Coreldraw yang ilegal. Sekarang ada banyak aplikasi modifikasi Coreldraw yang tersedia di internet, tapi aplikasi ini memiliki beberapa kekurangan yang harus diperhatikan.
  • Jaringan internet yang dipakai sedang tidak stabil. Penyimpanan hasil desain grafis Coreldraw X7 akan berjalan lebih lancar apabila jaringan internet yang dipakai stabil.

Cara Mengatasi Coreldraw X7 Tidak Bisa Save Hasil Desain Grafis

Langkah pertama untuk mengatasi masalah ini memang mengenal penyebabnya terlebih dahulu. Jadi, jika kamu sudah tahu apa yang membuat masalah itu terjadi padamu, maka sekarang kamu harus mencari tahu cara mengatasinya yang sesuai dengan penyebab tersebut.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah Coreldraw X7 tidak bisa di save. Sementara untuk tanda-tanda Coreldraw X7 mengalami masalah lisensi adalah muncul background yang berwarna abu-abu. Untuk itu, segera atasi masalah ini dengan menggunakan cara:

1. Re-Install Coreldraw X7

Bagi para pengguna yang mengalami masalah ini karena lisensi aplikasi yang dipakainya sudah kedaluwarsa, maka mereka bisa mengatasinya dengan memasang ulang aplikasi tersebut. Berikut adalah cara yang dapat dilakukan untuk memasang ulang aplikasinya:

  1. Buka menu “Windows” dan “Control Panel”, lalu pilih opsi “Programs”.
  2. Pada halaman selanjutnya, pilih opsi yang bertuliskan “Program and Feature”, lalu layar akan menampilkan berbagai jenis aplikasi yang terpasang di perangkat tersebut, tak terkecuali Coreldraw X7.
  3. Klik kanan pada bagian aplikasi “Coreldraw”, lalu klik tombol “Uninstall”.
  4. Setelah itu, download dan install kembali aplikasi Coreldraw dan buka menu “Control Panel” untuk masuk ke opsi “System and Security”.
  5. Pilih menu “Windows Firewall” dan klik tombol “Advanced Settings”.
  6. Kemudian, pilih opsi yang bertuliskan “Outbound Rules” dan cari menu “New Rules”.
  7. Klik tombol “Next” dan “Browse”, lalu temukan program yang bertuliskan “Connect” pada folder instalasi aplikasinya.

2. Replace File PSI Key

Masalah Coreldraw X7 tidak bisa save bukan hanya bisa diatasi dengan memasang ulang aplikasinya, tapi masih ada cara lain yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah ini, dan salah satunya adalah dengan menggunakan cara di bawah ini:

  • Download terlebih dahulu file PSI Key yang baru, lalu ekstrak file-nya dan salin file yang bernama “PSIKey_2”.
  • Kemudian, masuk ke folder instalasi Coreldraw X7 dan klik tombol “C” serta “Program Files”.
  • Lanjutkan dengan masuk ke menu “Common Files” dan “Protexis”, kemudian pilih opsi “License Service”.
  • Tempel file yang sudah disalin sebelumnya pada folder tersebut.
  • Setelah itu, cek apakah layanan dari PSI Key ini dapat berjalan dengan baik atau tidak, dan caranya adalah klik simbol “Windows + R”.
  • Masukkan kata kunci “Services.msc”, lalu klik tombol “Enter”.
  • Cari program yang bernama “Protexis Licensing”, dan pastikan programnya tertulis “Running” atau “Started”.

Baca juga:

3. Mengatur Ulang Tanggal yang Tersimpan di Perangkat

Selain kedua cara sebelumnya, masalah ini juga bisa diatasi dengan mengatur ulang tanggal yang tersimpan di dalam perangkat. Sebab, pengaturan tanggal yang tidak sesuai dapat membuat masalah ini terjadi juga. Berikut ini langkah yang dapat dilakukan untuk mengatur ulang tanggal di komputer:

  1. Masuk ke menu “Kalender” yang ada di bagian pojok kanan bawah layar komputer.
  2. Setelah itu, pilih opsi “Settings” dan klik tombol “Change Data”.
  3. Ubah tanggal dan bulan menjadi beberapa bulan sebelumnya, agar fitur save pada aplikasi Coreldraw X7 bisa digunakan kembali.
  4. Klik tombol “Restart” dan tunggu sampai komputer menyala kembali. Kemudian, cek apakah masalah itu sudah teratasi atau belum.

Ada banyak pengguna Coreldraw yang bertanya-tanya kenapa Corel X7 tidak bisa di save, sehingga di sini kami membahas informasinya lengkap. Dengan mengetahui penyebab dan cara mengatasi Corel Draw X7 tidak bisa save seperti ini, kamu tak perlu panik saat mengalami masalah ini.

Baca juga

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar

Ads - Before Footer