5 Penyebab Internet Lemot di PC dan Solusinya

Penyebab Internet Lemot di PC

PC/Laptop tak memiliki tempat untuk menaruh kartu provider. Supaya mereka bisa terhubung ke internet, diperlukan modem/ hotspot HP/ wifi supaya PC bisa dijalankan di internet. Dan mungkin Anda sering merasakan kondisi di mana internet berjalan lambat atau lemot dan ingin memperbaikinya segera. Ada beberapa penyebab internet lemot di PC dan cara mengatasinya berdasarkan penyebab internet bisa lemot.

Tidak hanya selalu dari koneksi provider yang kita gunakan, kadang salah dalam hal setting di PC juga bisa mengakibatkan koneksi menjadi lemot. Misalnya saja salah menginstal driver, salah setting apn modem, salah setting wifi dan sebagainya. Untuk lebih jelas, berikut adalah beberapa penyebab dan solusi mengatasinya.

5 Penyabab Internet Lemot di PC dan Cara Mengatasi

Ada berbagai macam penyebab, berikut adalah beberapa di antara penyebab-penyebab itu.

Koneksi Internet yang Memang Lemot

Alias yang bermasalah di sini adalah kartu provider yang Anda gunakan. Supaya semakin jelas penyebabnya karena apa, coba cek dulu koneksi internet dengan membuka CMD di Windows Anda lalu ketik ‘ping 8.8.8.8‘ pada jendela CMD.

Koneksi Internet yang Memang Lemot

Setelah itu akan muncul data yang memberitahukan kecepatan internet Anda. Semakin kecil koneksi yang ditunjukkan, semakin bagus kecepatan internet. Tapi jika koneksinya atau pingnya besar, maka semakin lambat koneksi Anda dan bisa saja menjadi loss.

Solusi: Bila koneksi internet Anda rendah, atur provider Anda atau kalau perlu ganti provider yang baru.

Browser yang Anda Gunakan Salah

Apakah Browser bisa menjadi penyebab internet menjadi lemot? Bisa jadi. ‘Salah’ yang dimaksud di sini adalah Browser yang Anda gunakan tak sesuai dengan spesifikasi PC.

Browser PC

Setiap Browser memiliki spesifikasi yang berbeda-beda. Bila Browser tersebut tidak kompatibel dengan PC, alhasil proses loading data akan memakan waktu lebih lama.

Gunakan browser terbaik seperti Chrome, FireFox, Opera Mini dan semacamnya untuk koneksi yang lebih cepat dan ringan. Tidak disarankan menggunakan uc browser karena berat dan juga memiliki banyak iklan didalamnya.

Solusi: Cara mengatasinya dengan menggunakan Browser yang lebih ringan. Atau gunakan Browser yang spesifikasinya sesuai dengan PC yang Anda miliki.

PC Terserang Virus

Komputer lebih mudah terserang virus dibanding HP. Virus yang masuk ke dalam perangkat komputer, bisa berakibat pada melambatnya laju internet.

Virus akan mencuri paket data Anda atau informasi. Virus yang berakibat pada melambatnya kerja kecepatan internet contohnya adalah: Virus Redirect, Worms, Discusx.vbs, Blaster Worms, dan My Doom.

Penyebab internet lemot di PC ini bisa muncul tanpa kita sadari, akan tetapi seringnya virus-virus ini bisa menyelip ketika kita membuka link download yang tidak aman, masuk ke situs pornografi, situs judi, virus yang berasal dari USB, email dan lain-lain.

Solusi: Gunakan aplikasi antivirus pada komputer Anda. Keberadaannya sangat penting dan wajib untuk menjaga kesehatan perangkat Anda.

Anda Mengaktifkan Auto Update

Win Update Stop

Auto update adalah sebuah fitur dimana perangkat komputer akan mengupdate aplikasi secara otomatis ketika ada koneksi internet yang tersambung. Koneksi internet yang dipakai ketika digunakan untuk mengunduh sesuatu, dapat berakibat pada kecepatan internet yang berkurang.

Koneksi internet pun menjadi terbagi. Sama halnya ketika kita menggunakan HP, saat mengunduh sesuatu, internet menjadi lemot sebab digunakan untuk 2 tugas sekaligus.

Solusi: Matikan auto update pada PC. Jika Anda pengguna Windows 10, Anda bisa mematikan fitur auto update secara paksa dengan bantuan aplikasi Win Update Stop.

Anda Membeli Paket Kuota Internet yang Salah

Ketika berinternet di PC, kuota lebih cepat habis dan kecepatan yang digunakan tidak boleh kecil. Yang Anda gerakkan ini perangkat yang besar, tak seperti ponsel yang mungil.

Penyebutan kecepatan “internet biasa” menggunakan istilah Mbps (megabits per second). Adapun istlah lain namanya Kbps, tapi ia di bawah Mbps. Ada baiknya gunakan yang memiliki kecepatan Mbps agar kecepatannya seperti yang kita harapkan.

Solusi: Menggunakan koneksi internet dengan kecepatan internet 10 Mbps sudah cukup, internet bisa berjalan lebih normal di perangkat PC Anda.

Penyebab internet lemot di PC juga bisa dikarenakan cuaca yang buruk, dan Bandwidth yang tidak memadai. Apalagi Anda menggunakan provider yang menerapkan FUP, setelah batas FUP tercapai maka kecepatan akses akan mengalami penurunan sesuai dengan peraturan yang sudah ditentukan oleh pihak provider.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *