7 Penyebab Surat Lamaran Kerja Tidak Ditanggapi

2 min read

Inilah 7 Alasan Kenapa Surat Lamaran Kerja Tidak Ditanggapi – Ketika lulus dari sekolah ataupun kuliah tentunya kalian ingin mendapatkan pekerjaan di bidang apapun, namun disisi lain untuk diterima di sebuah perusahaan tidak semudah itu karena sebagian orang ada yang langsung diterima kerja dan beberapa orang juga baliknya.

Nah terdapat banyak alasan kenapa lamaran kerja kamu tidak diterima atau ditolak oleh perusahaan. Selain itu terkadang sudah di interview namun belum ada kepastian bahwa kamu di terima.

Surat Lamaran Kerja

Selain itu juga sudah melamar di berbagai perusahaan baik itu menggunakan email atau surat lamaran namun tak kunjung ada panggilan.

Umumnya hal tersebut memang biasa terjadi ketika hal sepele yang membuat HRD ragu memanggil kamu untuk menerima kamu bahkan sudah interview.

Nah di sebuah perusahaan pada bagian HRD bisa menerima ratusan kiriman lamaran kerja atau CV baik itu via email ataupun pos dan juga diantar langsung ke perusahaan.

Walaupun kamu sduah memiliki pengalaman kerja atau sudah membuat CV yang bagus tentunya ada hal yang membuat HRD acuh akan surat lamaran yang kamu kirimkan.

7 Alasan Kenapa Surat Lamaran Tidak Mendapat Balasan

Nah jika kalian penasaran berikut 7 penyebab surat lamaran tidak ditanggapi.

1. Menggunakan Jenis Serta Ukuran Font yang Tidak Standar

Walaupun mengirimakan lamaran via emai. Lamaran un tidak ubahnya menjadi suatu yang resmi. Nah maka dari itu kamu harus memastikan mengetik isi email serta isi dokumen dengan jenis serta ukuran font yang standar.

Apabila font nya terlalu besar ataupun sebaliknya maka lamaran yang kamu berikan akan terlihat tridak rapih. Dengan begitu HRD pun akan merasa malas dengan hal tersebut.

Maka dari itu kamu bisa menggunakan font Times new roman yang berukuran 12. Sehingga surat lamaran yang kamu buat menjadi formal dan juga rapih.

Baca juga : Tujuan Karir

2. Tidak Jelasnya Subjek Pada E-mail

Seperti yang sudah kita tahu bahwa saat ini memang terdapat banyak perusahan yang menggunakan teknologi untuk para pelamar kerja ke perusahaan mereka menggunakan email, nah dengan begitu kamu tidak perlu mencetak berbagai dokumen yang diperlukan untuk dikirimkan ke perusahaan.

Namun disisi lain terkadang pelamar sering kali lupa ataupun mengacuhkan detail pada surat lamaran pada email.

Umumnya tidak mencantum subjeck semail yang jelas pada email melamar kerja. Oleh karena itu jangan lupa untuk mencantumka subjek pada email.

3. CV Terlalu Bertele- tele dan Panjang

7 penyebab surat lamaran tidak ditanggapi salah satunya adalah dipoin yang satu ini. Kamu pun sudah tahu bahwa Cv merupakan surat tertulis tentang dirimu seperti informasi pribadi, prestasi, pengalaman kerja dan lain sebagainya dimasukan kedalam CV.

Nah semakin panjangnya memang semakin hebatnya kamu. Namun pada umumnya HRD menyukai Cv yang paling banyak 2 halaman saja dan hindarilah penulisan CV yang bertele-tele da panjang karena semakin kamu lakukan hal tersebut maka semakin acuh juga HRD untuk membacanya.

Baca juga : Struktur Proposal

4. Lama Menganggur

Poin ini pun tentu bisa saja mempengaruhi kenapa kamu tidak dipanggil – panggil untuk bekerja. Karena hal yang membuat HRD menarik yaitu riwajat dari pekerjaan kamu.

Namun berbeda dengan fresh graduete yang memang baru pertama kali melamar pekerjaan. Yang menjadi masalah bagi kamu yang sudah menganggur 5 bulan lebih.

Alangkah baiknya apabila kamu sudah resign di perusahaan sebelumnya kamu bisa mencari pekerjaan sampaingan sehingga nantinya bisa kamu tulis pada CV.

5. Menyingkat Kata

Selain itu menyingkat katapun termasuk penyebab surat lamaran kerja tidak ditanggapi hal ini tentunya menjadi salah satu kesalahan yang fatal bagi pelamar kerja.

Maka dari itu gunakanlah kata – kata yang baku sesuai EYD ketika menulis lamaran serta CV kamu.

Selain itu style atau gaya bahasa dalam penulisan lamaran kerja pastinya menunjukan seberapa kamu serius dalam melamar pekerjaan. Selain itu juga kamu harus menghindari kata-kata yang bertele-tele.

6. Lamaran Datang di Akhir Tenggat Waktu

Penyebab surat lamaran kerja tidak ditanggapi lainnya adalah di poin yang satu ini. menunda – nunda mengirimkan lamaran kerja memang menjadi salah satu alasan kenapa kamu ditolak.

Hal tersebut tentunya kesalahan yang fatal karena bagi seorang HRD apabila sudah ada lamaran yang sudah memenuhi persyaratan maka lamaran yang akan datang belakangan tidak akan digubris. Oleh karena itu upayakan untuk mengirim lamaran secepatnya.

Baca juga : Contoh Formulir Pendaftaran

7. Menggunakan Pas Photo Asal – Asalan

Untuk melamar pekerjaan pas photo memang hal yang penting diantumkan. Hal ini jangan dianggap remeh.

Nah jangan sampai kamu mencantumpkan pas photo secara asal-asalan karena bagi seorang HRD pas Photo memang sangatlah penting karena dengan menggunakan pas photo yang sesuai dan rapih tentunya akan menunjukan keseriusan kamu dalam mencari pekerjaan.

Itulah beberapa hal yang bisa disampaikan soal 7 penyebab surat lamaran kerja tidak ditanggapi.

Semoga dengan adanya hal ini bisa membantu kamu supaya surat lamaranmu bisa ditanggapi dan juga diterima di perusahan yang kamu inginkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *