Pesanan Sedang Diverifikasi Shopee, Apa Maksudnya?

Pesanan Sedang Diverifikasi Shopee

Semua penjual pasti pernah merasakan ‘pesanan sedang diverifikasi Shopee’ saat akan memproses pesanan orang. Sebenarnya apa yang terjadi saat pesanan masih diverifikasi Shopee? Apakah pesanan dibatalkan? Tidak valid? Atau bagaimana?

Seperti yang kita tau bahwa Shopee adalah salah satu marketplace terbesar saat ini di Indonesia dan bahkan di Asia. Platform tersebut menyediakan banyak sekali barang kebutuhan orang dalam sehari-hari.

Mulai dari pakaian anak-anak, remaja sampai dengan dewasa semuanya ada. Bahkan kategori lainnya juga seperti perabot rumah tangga hingga biji buah-buahan.

Bagi penjual mungkin sudah tidak asing dengan istilah yang ada didalamnya, namun apakah Anda sudah tau apa maksud pesanan sedang diverifikasi Shopee? Untuk itu, kita akan simak informasi selengkapnya.

Apa Itu Pesanan Sedang Diverifikasi Shopee?

Pesanan yang sedang diverifikasi Shopee, artinya pesanan yang sudah dibayar pembeli yang seharusnya masuk ke proses penjual melakukan pengemasan kemudian dikirim, malah mengalami ketertundaan.

Penjual diminta menunggu verifikasi dari pihak Shopee. Hal ini membuat status pesanan Anda menjadi tertunda dan penjual tidak bisa mengatur pengiriman atau hal yang lainnya.

Shopee akan mengecek hal-hal terkait pembelian itu. Mengecek barang apa saja yang dibeli, berapa jumlahnya, hingga voucher apa yang digunakan pada pembelian itu.

Setelah memverifikasi itu semua, mereka akan menghentikan penundaan barang, sehingga barang yang dibeli bisa diproses oleh penjual untuk dikemas lalu dikirim.

Pesanan sedang diverifikasi Shopee dirasakan oleh penjual saja. Ini aktivitas wajib sebelum pesanan seseorang diproses di toko Anda.

Berapa Lama Pesanan Sedang diverifikasi Shopee?

Tidak lama, tidak sampai seharian. Hanya butuh waktu 4 jam saja. Bisa lebih cepat dari itu, jadi Anda tunggu saja.

Lalu pertanyaannya, selama menunggu proses verifikasi tersebut, apa yang sebaiknya kita lakukan?

Cara Mengatasi Pesanan Sedang diverifikasi Shopee

Pada dasarnya, tidak perlu melakukan apapun. Kalian cukup tunggu maksimal 4 jam. Setelah pesanan djliverifikasi, ia akan berpindah ke tab ‘Perlu Diproses’.

Anda akan memperoleh notifikasi tersebut. Sehingga, setelah pesan tidak tertunda, Anda bisa segera memprosesnya. Seperti melakukan pengemasan, menuliskan alamat pembeli hingga mengatur pengiriman lewat bantuan kurir.

Jika pesanan tertunda tidak berhasil diverifikasi, Anda juga tidak perlu melakukan apa-apa. Karena pesanan itu akan berstatus dibatalkan. Yang mana pembeli akan menerima uangnya lagi, dan penjual tidak rugi apa-apa.

Adapun penyebab kenapa pesanan tertunda tidak berhasil diverifikasi, yaitu karena pembeli membatalkan pesanannya. Itu bukan salah kalian atau error pada sistem kerja aplikasi. Memang pembelinya saja yang tidak jadi membeli.

Nah, tips untuk pembeli begini cara menghapus riwayat belanja di shopee agar kelihatannya tidak menumpuk dan juga agar tidak terlihat oleh orang lain.

Apakah Pesanan Tertunda Masuk Hitungan Keterlambatan Pesanan?

Saat jualan di Shopee atau marketplace online lain, kita akan bertempur habis-habisan dengan waktu. Karena pembeli online sangat sensitif dengan ‘keterlambatan’.

Setelah pembeli menyelesaikan pembayaran, usahakan segera proses barang itu. Agar pembeli senang dengan kinerja kita yang cepat tanggap.

Dan berkaitan dengan waktu, proses pengemasan adalah hal penting yang perlu penjual perhatikan. Sisanya itu tugas kurir, bukan tanggung jawab Anda lagi.

Kemas barang secepat mungkin dan kirimkan hari itu juga atau keesokan harinya bila memang memungkinkan.

Shopee punya batas waktu pengiriman, jika melebihi waktu yang telah ditentukan, pesanan akan masuk ke dalam daftar barang yang mengalami keterlambatan pengiriman. Jadi memang tidak boleh lelet kalau mau jualan online.

Namun, jika direkomendasikan untuk menjadi cepat, bagaimana dengan pesanan tertunda yang akan kita hadapi setelah pembeli melunasi pembayaran?

Bukankah pesanan yang tertunda membuat proses pengemasan jadi lama karena harus menunggu maksimal 4 jam? Apa pesanan tertunda ada keterkaitan dengan keterlambatan pengiriman pesanan nantinya?

Jawabannya adalah tidak. Ada dua fakta yang perlu Anda tahu:

  1. Pesanan tertunda tidak akan dihitung dalam tingkat keterlambatan pengiriman pesanan Anda
  2. Tanggal pada batas waktu pengiriman tidak akan terpengaruh dengan proses yang dilakukan Shopee. Batas waktu pengiriman juga bisa diperpanjang sesuai kebutuhan

Itulah sekilas tentang pesanan sedang diverifikasi Shopee, meliputi pengertian, apa yang harus dilakukan dan informasi yang setidaknya perlu semua penjual ketahui.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.