Pohon Gharqad, Ciri-ciri dan Pengertian Menurut Islam

Dunia memiliki ragam makhluk hidup yang tentunya memiliki keunikan masing-masing. Bahkan, ada beberapa spesies makhluk hidup yang hanya diketahui oleh sedikit orang. Salah satunya adalah pohon gharqad. Nama pohon ini memang terdengar asing. Oleh sebab itu, mari kita kupas tentang pohon gharqad.

Pohon Gharqad / Pohon Yahudi

Pohon Gharqad

Pohon gharqad merupakan sebuah pohon yang lebih dikenal dengan sebutan pohon Yahudi. Pohon ini merupakan salah satu pohon yang berkaitan dengan kisah akhir zaman. Gharqad sendiri memiliki nama lain Nitraria Retusa, yaitu jenis tanaman berduri.

Pohon yang satu ini sangat mudah tumbuh, bahkan ketika ditanam di tanah yang gersang dan tandus. Biasanya, gharqad memiliki ketinggian rata-rata 1 – 25 meter dengan batang dan dahannya berwarna putih.

Dari serba-serbi pohon gharqad yang pertama, kita bisa mengetahui tentang pohon gharqad ini. Pohon ini erat kaitannya dengan akhir zaman yang tentunya shahih menurut hadits.

Pohon gharqad merupakan pohon yang tidak akan berbicara di akhir zaman. Dalam hadits shahih dikatakan bahwa saat terjadi peperangan akhir zaman antara Islam dan Yahudi, seluruh makhluk akan memberi tahu di mana orang-orang Yahudi bersembunyi.

Seluruh makhluk hidup, baik hewan maupun tumbuhan akan berbicara, kecuali pohon gharqad. Oleh sebab itu, pohon ini sering disebut pohon Yahudi.

Ciri-Ciri Pohon Gharqad

Ciri-Ciri Pohon Gharqad

Serba-serbi pohon gharqad selanjutnya akan membahas tentang ciri-ciri dari pohon tersebut. Selain memiliki pohon dan dahan berwarna putih, pohon ini juga berduri dan memiliki tekstur yang keras. Bahkan, gharqad merupakan pohon beracun yang memiliki akar pohon mengeluarkan duri dan bulu.

Daunnya sendiri memiliki bentuk seperti sendok kecil, berwana hijau segar dan biasanya 3 sekumpulan daun dilengkapi dengan duri-duri di sampingnya. Pohon ini juga memiliki bunga yang memiliki warna putih kebiru-biruan.

Sementara itu, buah dari pohon gharqad berwarna merah seukuran dengan biji buah hims. Pohon gharqad akan terus berdaun sepanjang musim, dan akan terlihat segar di segala musim.

Bentuk bunga merupakan serba-serbi pohon gharqad selanjutnya. Di mana, bentuk bunga dari pohon ini terlihat seperti terompet yang warna dominannya adalah merah, violet, atau putih.

Bunga pada Pohon Gharqad

Biasanya, bunga tersebut akan diikuti oleh 5 lembar daun di sekitarnya. Untuk buahnya sendiri memiliki ukuran yang lebih kecil dari buah himsh. Biasanya, buah dari pohon gharqad berwarna orange atau merah.

Buah dari pohon gharqad ini bisa dimakan. Hanya saja, rasanya masam seperti tomat. Buah ini sering dicari oleh unta, jika unta tersebut sakit. Bahkan beberapa hewan sering memakan bauh dari pohon gharqad ini. Selain itu, biasanya pohon gharqad memiliki waktu hidup yang lama.

Saat ini, orang-orang Yahudi sedang gencar menanam pohon gharqad. Hal ini dikarenakan mereka mempercayai tentang pohon gharqad yang tidak akan bicara di akhir kiamat. Saat ini, kita bisa menemukan banyak pohon gharqad ditanam di Timur Tengah. Salah satu negara yang yang gencar menanam pohon ini adalah Qatar.

Manfaat Untuk Medis

Serba-serbi phon gharqad selanjutnya akan membahas tentang manfaat buah ini bagi ilmu medis. Biasanya, bagian dari pohon ini bisa digunakan untuk mengobati penyakit susah buang air. Selain itu, buah dari pohon gharqad bisa digunakan untuk mengobati penyakit usus besar (anal) dan untuk mengobati penyakit kuning.

Penanaman Pohon Gharqad

Dengan mempercayai hadits sahih tentang pohon gharqad, membuat orang Yahudi semakin gencar melakukan penanaman terhadap pohon ini. Di Israel sendiri, penanaman pohon gharqad terus semakin berkembang dengan memfokuskan penanaman di 5 lokasi utama. Adapun lokasi-lokasi tersebut di antaranya: Gunung Hermon dengan jumlah spesies pohon gharqad yang ditanam adalah sebanyak 991 buah.

Penanaman Pohon Gharqad

Lokasi kedua berada di sekitar padang pasir dengan jumlah yang tentunya meningkat. Di wilayah padang pasir ini, mereka menanam pohon gharqad sebanyak 105 spesies. Pada lokasi ketiga yang terletak di seman belukar yang berumput spesies pohon gharqad yang ditanam terus bertambah, yaitu sekitar 1062 spesies.

Pembahasan tentang lokasi penanaman pohon gharqad merupakan serba-serbi pohon gharqad yang tentunya harus kita ketahui. Pada lokasi keempat, mereka menanam 1434 spesies pohon gharqad.

Lokasinya berada di hutan semak belukar dan semi padang rumput. Lokasi terakhir, berada di hutan semak belukar dan hutan laut tengah dengan jumlah pohon yang semakin banyak, yaitu 2209 spesies. Penanaman pohon ini akan terus bertambah.

Banyaknya jumlah pohon gharqad yang ditanam tentunya hanya pohon yang terdata saja. Sementara itu, pemerintah Israel sendiri meminta warganya untuk menanam pohon ini di setiap tanah kosong. Biasanya, tanah kosong yang sering dijadikan tempat menanam pohon gharqad adalah taman, halaman rumah, dan pinggir jalan.

Bangsa Yahudi

Bangsa Yahudi

Setelah mengetahui tentang pengertian, ciri-ciri, manfaat dan penanaman pohon gharqad yang semakin gencar, tidak ada salahnya kita membahas tentang bangsa yang terkait dengan pohon ini. Ya, serba-serbi pohon gharqad ini akan membahas tentang bangsa yahudi.

Bangsa yahudi merupakan sebuah bangsa terusir yang mulai melakukan berbagai tindakan, salah satunya dalah pengambilan tanah di wilayah Palestina. Hal ini terjadi sekitar tahun 1948 sampai terjadinya perang antara Arab dan Israel pada tahun 1967. Kaum yang dulunya selalu berlindung di bawah panji Islam, kini berubah menerkam Palestina.

Saat ini, wilayah Palestina sedikit demi sedikit mulai tergusur. Negara-negara lain pun seolah menutup mata terkait masalah kemanusiaan ini. Dikatakan masalah kemanusiaan, karena banyak sekali korban yang berjatuhan setiap harinya. Tidak hanya orang dewasa, tapi korban yang berjatuhan juga berasal dari anak-anak.

Fakta Mengejutkan Tentang Pohon Gharqad

Fakta Mengejutkan Tentang Pohon Gharqad

Serba-serbi pohon gharqad yang terakhir mencakup tentang fakta dari pohon ini. Di mana, bangsa yahudi yang mengaku tidak mempercayai tentang nubuat akhir zaman yang disampaikan oleh Nabi Muhammad SAW, ternyata melakukan penanaman pohon gharqad di Israel. Di mana, mereka berdalih bahwa penanaman pohon ini adalah untuk reboisasi dan penghutanan.

Menariknya lagi, sebuah badan yang mengatur pengelolaan tanah di Israel, Jewish National Fund (JNF) telah melakukan penanaman hingga 250 juta pohon di bawah departemen pertaniannya. Bahkan, mereka merencanakan bahwa pada tahun 2030 mendatang pohon gharqad akan memenuhi negaranya.

Mengejutkannya lagi, mereka juga mengiklankannya dalam sebuah situs, yang tentunya ditunjukkan untuk masyarakat luar. Dalam situs tersebut, diimbau agar masyarakat membeli pohon gharqad secara online dan menanamnya di Palestina.

Sebatang pohon ini dihargai sebesar US$ 18. Bahkan, pembeli akan diberikan bonus satu batang pohon gharqad apabila membeli tiga pohon sekaligus.

Itulah berbagai macam serba-serbi pohon gharqad yang saat ini sedang gencar ditanam di Israel. Tiap tahunnya, jumlah dari pohon gharqad sendiri semakin meningkat. Pohon yang memiliki ketinggian mencapai 5 meter ini memiliki waktu hidup yang lama.