5 Cara Mengatasi Proses com.google.process.gapps Terhenti

com.google.process.gapps

Pernahkah Anda mengalami kendala ‘Unfortunately the process com.google.process.gapps has stoped’ atau beberapa aplikasi keluar tiba-tiba dengan kendala “force closed”? Jika iya, tidak perlu khawatir, ada beberapa cara mengatasi process com.google.process.gapps terhenti yang bisa Anda praktekkan.

Tapi, sebelum membahas bagaimana cara mengatasinya, sebaiknya Anda ketahui dulu penyebab dari kendala tersebut.

Mengapa Bisa Terjadi proses com.google.process.gapps Terhenti?

Penyebab kendala ini adalah ada kerusakan pada file aplikasi yang terinstal di smartphone Anda. Tidak hanya aplikasi-aplikasi dari google saja, bisa juga hal ini terjadi pada aplikasi lainnya.

Kendala ini sebenarnya cukup acak, bisa saja terjadi ketika Anda tidak membuka aplikasi apapun, alias tiba-tiba di homescreen.

Nah, akibat adanya kerusakan pada aplikasi, hal itu akan membuat kinerja smartphone terhenti, dan akhirnya menampilkan tulisan com.google.process.gapps has stoped.

Cara Mengatasi Prosess com.google.process.gapps Terhenti

1. Menghapus Data Google Play

Biasanya sumber msalah utama pada kendala ini berasal dari Google Play. Anda bisa menghapus data melalui opsi pengaturan. Caranya seperti berikut:

  1. Masuk ke Setting/Pengaturan.
  2. Masuk ke Manajer Aplikasi.
  3. Pilih Google Play
  4. Jika aplikasi memang sedang dibuka, pilih opsi Force Close/Paksa Berhenti.
  5. Masuk ke pop up Kelola Ruang.
  6. Selanjutnya pilih Hapus Semua Data.

Jika kendala ini masih tetap muncul meskipun Anda telah menghapus semua data pada Google Play. Anda bisa melakukan install ulang melalui laman resmi download Google Play.

2. Menghapus Data Pada Android System WebView

Hal ini juga bisa diakibatkan oleh Android System WebView yang tidak diupdate dengan baik. Cara menghapusnya sebagai berikut:

  1. Masuk ke Setting/Pengaturan.
  2. Masuk ke Manajer Aplikasi
  3. Pilih Android System WebView
  4. Pilih Hapus Data.

Perlu diingat, beberapa smartphone mempunyai tampilan yang berbeda di setiap menu Settingnya. Jadi Anda bisa menyesuaikan dengan seri HP yang dimiliki untuk masuk ke menu ini.

3. Menghapus Data Download Manager

Cara mengatasi proses com.google.process.gapps terhenti selanjutnya adalah menghapus data pada download manager. Caranya tidak berbeda jauh dengan kedua cara di atas. Namun kali ini ini yang dihapus adalah history, cache, dan file-file sampah lainnya pada semua aplikasi.

Berikut caranya:

  1. Masuk ke Setting/Pengaturan
  2. Masuk ke Manajer Aplikasi
  3. Hapus cache pada semua aplikasi yang tersedia.
  4. Masuk ke Aplikasi Pengelola Unduhan, Nonaktifkan, dan Hapus Data.
  5. Setelah itu, aktifkan kembali Aplikasi Pengelola Unduhan.

4. Kembalikan ke Pengaturan Pabrik

Cara yang satu ini dilakukan jika ketiga cara di atas tidak memberikan solusi yang baik. Sebelum melakukan reset ke pengaturan pabrik, jangan lupa untuk membackup data-data yang ada pada HP Anda.

Perlu diingat, jika Anda sudah menyetel ulang ke pengaturan pabrik, sudah pasti data-data yang ada di HP akan hilang, dari mulai aplikasi hingga pesan.

Untuk melakukannya, langsung saja masuk ke Setting/Pengaturan, kemudian pilih Factory Reset atau Kembalikan ke Pengaturan Pabrik, tunggu beberapa saat hingga prosesnya selesai.

5. Flashing

Flashing adalah cara terakhir yang bisa dilakukan. Cara ini lumayan ‘ribet’, bahkan Anda yang tidak paham sebaiknya menggunakan jasa tukang servis saja, karena bisa berakibat fatal jika dilakukan dengan salah.

Flashing merupakan instal ulang SO pada smartphone Android yang ditujukan untuk memperbaiki kerusakan software pada sistem. Flashing juga memungkinkan penggunanya untuk upgrade maupun downgrade OS.

Baca juga: Cara Mengatasi Hp Tiba-Tiba Mati

Nah, seharusnya cara mengatasi proses com.google.process.gapps terhenti yang telah dijelaskan di atas jika dipraktekkan dengan baik, tentu saja akan mengembalikan HP Anda seperti semula. Jika masih mengalami hal tersebut, sebaiknya bawalah ke tukang servis yang ahli, ya!

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!