Cara Mengatasi Redmi 3 / Pro Sinyal Hilang (No Signal)

Redmi 3

Apa yang menyebabkan Xiaomi Redmi 3 / Pro no signal atau tidak ada sinyal (no service)? Semua itu bisa terjadi kapan saja dan sudah lumrah di kalangan para pengguna hp Xiaomi.

Xiaomi Redmi 3 / Pro adalah ponsel Xiaomi yang cukup laris pada tahun 2016 sampa 2017. Bahkan sampai saat ini ponsel tersebut masih banyak yang menggunakan dengan custom rom agar tampilan lebih menarik dan tidak ketinggalan dari hp keluaran baru.

Karena update MIUI pada perangkat tersebut sudah berhenti dan artinya sudah tidak bisa mendapatkan update Android terbaru secara resmi. Namun tenang saja, karena diluar sana ada banyak pengembang ROM bebas yang senantiasa selalu menyajikan custom rom modifikasi dengan penambahan fitur yang menarik.

Kalian bebas saja menggunakan custom rom dan dapat memilih mana saja yang di rasa cocok, karena ada banyak jenis, keunggulan serta kekurangannya masing-masing.

Salah satu kekurangan yang biasanya dialami setelah melakukan update firmware ataupun menggunakan custom rom biasanya redmi 3 tidak ada sinyal, hal itu bisa disebabkan karena file yang tidak kompatibel dengan versi perangkat kita.

Sejauh yang saya ketahui bahwa sinyal dapat hilang karena masalah jaringan. Pita frekuensi yang ada di Indonesia berbeda dengan negara lain, apabila tidak cocok dengan ketentuan suatu negara tersebut maka hp tidak bisa digunakan. Untuk itulah diperlukan modifikasi pada MODEM device untuk mengatasi masalah tersebut.

Cara Mengatasi Redmi 3 No Signal

Bahan yang dibutuhkan:

Langkah-langkah:

Sebelum melakukan tutorial, pastikan kamu sudah mengetahui versi MIUI yang ada di ponsel kamu. Jika ponsel kamu menggunakan MIUI 8 keatas atau yang terbaru, pastikan Xiaomi Redmi 3 kamu sudah berstatus “Unlock Bootloader”.

1. Download semua bahan yang sudah disiapkan diatas, kecuali file yang ditandai Opsional, file ini hanya akan kita gunakan jika dengan cara pertama masih gagal mengatasi no signal.

2. Selanjutnya instal MiFlashtool (Abaikan jika sudah punya)
Ekstrak file modem “NOH-HLOS.rar” dan “adb_fastboot.rar”. Lalu pada folder adb fastboot yang sudah di ekstrak masukkan file NOH-HLOS.bin dari ekstrakan tadi.

3. Aktifkan USB Debugging dengan cara masuk ke Opsi Pengembang > Debugging USB.

4. Jalankan cmd.exe pada adb fastboot dengan cara tekan dan tahan tombol SHIFT kemudian klik kanan pada Mouse, maka akan muncul menu pilihan dan silahkan pilih Open Command Window Here.

5. Koneksikan hp Redmi 3 ke PC dengan kabel data, tunggu sampai instalasi driver selesai.

6. Sekarang matikan ponsel, lalu dalam keadaan hp mati tekan tombol Volume Atas bersama tombol Power secara bersamaan sampai muncul menu FASTBOOT.

7. Jika ponsel sudah terhubung ke PC dalam mode fastboot, sekarang lakukan perintah seperti dibawah ini pada terminal CMD dengan ketik:

fastboot devices

8. Jika ponsel terdeteksi dan kabel data terhubung dengan baik, maka akan muncul kode device Redmi 3 kamu, lanjut dengan ketik:

fastboot flash modem NOH-HLOS.bin

9. Tunggu proses akan berjalan dan sampai muncul tulisan Finished. Langkah terakhir ketik:

fastboot reboot

10. Ponsel akan di reboot / restart.

Peringatan: File firmware atau ROM Fastboot Redmi 3 / Pro yang diberikan diatas hanya sebagai opsional apabila dengan cara diatas redmi 3 kamu masih no service atau tidak ada sinyal.

Jika cara pertama tidak berhasil, untuk menggunakan file tersebut cukup ambil file NOH-HLOS.bin pada ekstrak ROM Fastboot dan salin ke folder adb_fastboot tadi.

Karena pada beberapa kasus yang dialami juga berbeda pada ROM yang digunakan, dan hal itu membuat file modem yang digunakan juga berbeda untuk mengatasinya.

Misalnya dsini kamu kehilangan sinyal pada ROM Global Stable yang disebabkan karena melakukan downgrade dari MIUI 8 ke MIUI 7 dimana harus melakukan donwload ROM Fastboot Global Stable MIUI 8 copy paste file NON-HLOS.bin.

Baca juga: Cara Reset Hp Xiaomi

Semoga dengan cara mengatasi Redmi 3 No Signal diatas dapat membantu permasalahan yang dialami. Silahkan share artikel ini jika bermanfaat dan jangan lupa untuk berkomentar jika kamu mengalami masalah saat melakukan tutorial diatas.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!