4 Rekomendasi Bank untuk Menabung Tanpa Biaya Bulanan

Jika tujuan Anda adalah menabung, dan bukan untuk tujuan memudahkan transaksi secara digital, maka selain mengetahui rekomendasi Bank untuk menabung, Anda juga harus tahu jenis tabungan apa saja yang tidak menerapkan biaya administrasi bulanan.

Pada dasarnya Bank akan mengambil sekian ribu (7 ribu sampai 20 ribu) per bulan untuk biaya administrasi, jika tujuan Anda adalah menyimpan uang, maka usahakan jangan sampai ada uang sekian ribu keluar dari tabungan Anda. Meskipun biaya admin Bank tak seberapa, tapi bagi beberapa orang sekian ribu tersebut adalah jumlah yang banyak.

Selain mencari Bank dan jenis tabungan tanpa biaya administrasi bulanan, Anda juga harus mencari Bank yang memberikan bunga tabungan besar supaya Anda untung karena menyimpan uang yang banyak di dalam tabungan Anda (tapi sulit mencari jenis Bank seperti ini).

Rekomendasi Bank untuk Menabung Tanpa Biaya Administrasi Bulanan

Bank Bukopin Syariah – Tabunganku

Bank Bukopin Syariah

Bank Bukopin merupakan salah satu jenis Bank Swasta kelas menengah yang telah berdiri sejak tahun 1970 lalu. Salah satu jenis tabungan yang cocok untuk Anda gunakan menabung adalah Bukopin Tabunganku.

Bank Bukopin Tabunganku memberikan Anda setoran awal yang ringan serta bebas dari biaya administrasi bulanan. Setoran awal untuk membuka tabungan ini cuma 20 ribu rupiah, dan setoran selanjutnya minimal 10 ribu saja.

Tabunganku di Bank Bukopin menggunakan sistem akad adi’ah yad dhamanah, yang artinya nasabah tak perlu membayar biaya administrasi untuk membayar jasa Bank, tapi Bank akan memanfaatkan dana yang tersimpan dalam Bank nasabah tersebut untuk disalurkan ke nasabah yang lain. Meski begitu Anda bisa menarik uang Anda kapan saja di ATM terdekat.

Bank Pembangunan Daerah (BPD) – Tabunganku

Rekomendasi Bank untuk menabung berikutnya adalah Bank BPD. Bank ini memiliki 4 produk unggulan: adalah Tabungan, Deposito, Kredit dan Giro. BPD adalah Bank yang ada di setiap daerah Indonesia, contoh Bank-Bank Daerah seperti: Bank Jateng, Bank Jatim, Bank BJB, Bank Sultra, Bank Kalbar, Bank DKI dan masih banyak lagi.

Salah satu jenis tabungan Bank BPD yang paling cocok digunakan untuk menabung adalah Tabunganku. Ia bebas biaya administrasi bulanan, setoran awal pun kecil.

Bank BPD ini menerapkan syarat dan ketentuan berbeda-beda tergantung daerahnya, kita ambil contoh saja Bank Jateng. Setoran awal cukup 10 ribu saja, setoran selanjutnya 5 ribu, dan Bank Jateng ini selalu memberikan reward kepada penggunanya supaya gemar menabung. Semakin besar tabungan Anda, semakin besar memperoleh kupon yang berisi hadiah-hadiah tertentu.

Maybank – Tabunganku

Maybank

Maybank atau yang dulunya bernama BII memiliki jenis produk bernama Tabunganku, dan sama seperti produk tabungan yang lain, ia tidak menerapkan biaya administrasi bulanan. Setoran awal pun juga sedikit, cuma 20 ribu rupiah.

Ada beberapa keuntungan lain menggunakan Tabunganku milik Maybank. Anda disediakan fasilitas ATM (kartu debit), bebas biaya transfer ke Bank lain tapi saldo Anda minimal tersedia 10 juta, mudah untuk bayar tagihan, dan tersedia dalam bentuk syariah.

Berikut ini adalah besar suku bunga yang Anda dapatkan jika menabung di Maybank Tabunganku:

  • < 500.000,00 0.00 %
  • ≥ 500.000,00 s/d ≤ 1.000.000,00 0.25 %
  • ≥ 1.000.000,00 1.00 %

Bank Tabungan Negara (BTN) – e’Batarapos

Bank Tabungan Negara

Bank Tabungan Negara memiliki sebuah produk tabungan namanya e’Batarapos. Meksipun selama ini BTN dikenal sebagai Bank yang memberikan kredit pemilikan rumah (KPR), tapi BTN juga memiliki produk tabungan untuk Anda yang ingin menyimpan uang di sana.

e’Batarapos memberikan keuntungan bebas bulanan asal saldo Anda berada di atas 1 juta, setoran awal yang diminta cukup 50 ribu saja, dan Anda disediakan fasilitas berupa kartu ATM yang bisa Anda gunakan untuk menarik uang di ATM lebih mudah.

Ada banyak keuntungan lain yang bisa Anda rasakan ketika menabung di sini, Anda bisa menabung di hari Sabtu dan Minggu, tersedia fasilitas Mobile Banking, Internet Banking, penyetoran uang mudah karena bisa dilakukan di Cash Deposite Machine, dan pendaftaran atau pembukaan buku tabungan bisa dilakukan di Kantor Pos.

Dari rekomendasi Bank untuk menabung di atas kenapa tak tersebut Bank-Bank Swasta seperti BRI, BCA, Mandiri, Danamon dan lain-lain. Kenapa?

Jawabannya karena tabungan Anda bisa habis sendiri karena terpotong oleh biaya administrasi, biaya ATM dan lain-lain.

Tinggalkan komentar