Tanggal Potongan Biaya Administrasi (Semua Bank)

Tanggal berapa potongan administrasi bca, bri, mandiri, bni dan bank lainnya? Memiliki rekening bank memang adalah sebuah kebutuhan di era globalisasi seperti sekarang ini, bermacam kebutuhan mulai dari menerima gaji, investasi, menabung dan lainnya.

Dengan menjadi nasabah bank kita dapat menikmati semua layanan yang diberikan mulai dari transfer uang, menarik uang di ATM, membayar belanjaan melalui mobile banking, bayar tagihan listrik, dan keamanan uang terjamin. Maka itulah dari sekian banyak layanan yang diberikan tentu pihak bank juga membutuhkan biaya operasional untuk seua layanan yang tersedia.

Dari itulah ada yang namanya biaya administrasi yang dibebankan kepada nasabah. Dan biasanya biaya ini akan diambil oleh pihak bank setiap sebulan sekali. Dan tentu saja di awal pembuatan rekening nasabah juga sudah setuju dengan persyaratan ini.

Dan itu termasuk salah satu pendapatan pihak bank sebagai biaya operasional, tentu hal ini berdasarkan jenis tabungan yang digunakan. Jadi pada sebuah bank sebelum membuka rekening kita akan diberikan beberapa pilihan jenis kartu ATM atau tabungan yang memiliki keunggulan dan limit masing-masing.

Akan tetapi ternyata masih banyak nasabah yang belum tau kapan tanggal potongan administrasi yang dilakukan oleh bank, sehingga beberapa nasabah mulai mengeluh karena tiba-tiba saldonya berkurang tanpa melakukan transaksi.

Maka dari itulah kita perlu tau kapan bank akan mengenakan biaya administrasi. Dibeberapa bank biaya administrasi rekening dan biaya kartu ATM dipotong secara terpisah, namun ada juga yang langsung disatukan.

Biar lebih jelas, silakan simak penjelasan dibawah ini:

Tanggal Potongan Administrasi BCA

Untuk rekening tahapan BCA mengenakan biaya administrasi sesuai jenis kartu ATM:

  • Mastercard Blue sebesar Rp 15.000
  • Mastercard Gold sebesar Rp 17.000
  • Mastercard Platinum sebesar Rp 20.000

Sedangkan untuk kartu ATM GPN lebih rendah yaitu Rp 1.000 dan pengenaan biaya administrasi dilakukan pada setiap hari jumat minggu ketiga setiap bulan.

Khusus rekening Tahapan Xpresi BCA dikenakan biaya adminsitrasi rekening Rp 7.500 per bulan (per Februari 2020).

Baca juga: 10 Jenis Tabungan BCA

Tanggal Potongan Administrasi BRI

Bank BRI mengenakan biaya adminstrasi rekening dan kartu ATM secara terpisah di tanggal yang sama. Untuk rekening BRI mengenakan biaya administrasi dengan rincian dibawah ini:

  • Tabungan Simpedes sebesar Rp 5.500, biaya kartu private label BRI sebesar Rp 500 dan kartu berlogo Master Card sebesar 1.000.
  • Tabungan Britama dikenakan biaya adminstrasi rekening sebesar Rp 11.000 (jika saldo kurang dari 10 juta), Rp 12.000 (jika saldo lebih dari 10 juta) dan untuk biaya kartu ATM yang berlogo Master Card Classic sebesar Rp2.000 dan Gold sebesar Rp 6.500.

Biaya administrasi rekening dan biaya kartu ATM dikenakan setiap tanggal 16 tiap bulan. Khusus tabungan Britama Muda atau Britamax dikenakan administrasi rekening sebesar Rp 4.000 dan biaya kartu ATM berlogo Master Card sebesar Rp 1.000.

Baca juga: Berapa Potongan Per Bulan Bank BRI?

Tanggal Potongan Administrasi Mandiri

Untuk bank Mandiri mengenakana biaya administrasi rekening dan kartu ATM secara terpisah dan pada tanggal yang berbeda. Pada jenis tabungan Mandiri Regular dikenakan biaya adminstrasi rekening sebesar Rp 12.500 setiap akhir bulan. Ada kenaikan sebesar Rp 1.000 dari yang sebelumnya hanya Rp 11.000.

Sedangkan untuk biaya administrasi kartu ATM untuk silver Rp 5.500 (per januari 2020), Gold sebesar Rp 5.500 dan Platinum ialah Rp 8.500 yang dikenakan pada setiap bulan di tanggal saat pertama kali menggunakan kartu ATM.

Jadi misalnya pada saat pembukaan rekening tanggal 7 dan langsung menerima kartu ATM secara instan (tanpa nama) maka setiap tanggal 7 itulah akan dikenakan biaya kartu ATM tersebut.

Tanggal Potongan Administrasi BNI

Bank Negara Indonesia atau BNI mengenakan biaya adminstrasi kartu ATM dan rekening secara terpisah pada tanggal yang sama. Jenis rekening BNI Taplus dikenakan biaya adminstrasi rekening sebesar Rp 11.000 dan untuk biaya kartu ATM Silver Rp 4.000 (udpate 30 september 2018), Gold sebesar Rp 7.500 dan Platinum sebesar Rp 10.000.

Biaya ini dikenakan setiap akhir bulan.

Dengan begitu sekarang kita jadi tau tanggal berapa potongan administrasi bank dilakukan. Kalau kalian menemukan transaksi tidak dikenal sebesar apapun, segera laporkan atau bisa kalian tanyakan langsung dengan cara datang ke bank.

Tinggalkan komentar