Setting PPSSPP God of War: Ghost of Sparta Anti Lag

Setting PPSSPP God of War

Sering mengalami lag saat bermain game ppsspp god of war ghost of sparta? Bisa jadi karena salah setting emulator, sehingga menjadi lemot baik di hp ram 1 GB dan 2 GB. Namun kalian tidak perlu khawatir lagi, karena disini kita akan berbagi settingan yang ringan untuk game tersebut.

God of War adalah permainan aksi petualangan yang dibuat oleh DAvid Jaffe di Sony Santa Monica Studio. Game ini dimulai pada konsol game PS 2 pada tahun 2005 silam, dan telah menjadi judul utama untuk merek PlayStation yang terdiri dari delapan game pada berbagai platfrom.

Memang benar bahwa game ini dimainkan pada platfrom PS 2 dan PSP, sehingga bagi player yang memainkan di platfrom Android dengan bantuan PPSSPP pasti mengalami lag dan tersendat-sendat pada bagian suaranya.

Kita tau sendiri bahwa game yang hadir di konsol PlayStation dan PSP itu memiliki grafik yang bagus serta size yang besar sehingga saat memainkannya ke platfrom Android kita merasa kurang puas dengan gameplaynya.

Namun apakah kalian tau bahwa hanya dengan merubah sedikit setting emulator kita dapat memainkannya dengan lancar? Kita akan bagikan caranya beserta cara alternatif lain yang bisa dilakukan, tentunya sangat ampuh!

Cara Setting PPSSPP untuk God of War

Sebelum memulai tutorial, ada baiknya kamu setting emulator PPSSPP kamu menjadi default terlebih dahulu agar setting sebelumnya bisa di reset dan emulator dalam keadaan default.

1. Pilih Vulkan Sebagai Backend Renderer

Vulkan memberikan pengalaman rendering dan performa yang cukup bagus dibandingkan dengan OpenGL. Mode ini lebih efisien dan praktis sehingga akan membuat perangkat lebih hemat baterai dan tetap terjaga suhunya.

Akan tetapi jika perangkat kalian tidak support Vulkan, silahkan pilih OpenGL saja.

2. Aktifkan Hardware Transform, Vertec Cache dan Software Skinning

Fitur Hardware Transform dan Vertex Cache memberikan peningkatan performa yang signifikan saat God of War dimainkan. Ini disebabkan oleh grafik prosesor yang juga memberikan kontribusi saat proses rendering game berjalan.

Peningkatan naik sekitar 5-6 frame per detik dari total 60 frame yang ditampilkan dalam satu detik atau sekitar 10 dalam perhitungannya. Tentu fitur ini sangat wajib untuk di aktifkan.

Setting PPSSPP God of War

Aktifkan Software Skinning, Meski fitur ini tidak selalu berjalan dengan lancar di semua game ppsspp Android, namun khusus God of War fitur ini wajib untuk diaktifkan.

Terjadi peningkatan yang cukup signifikain di game ini, memberikan kontribusi pertambahan 2 frame per detik di 60 fps atau bisa dihitung sekitar 3%.

3. Gunakan Cheat Fixed 30 / 60 fps (Wajib)

Sebenarnya ini dia senjata paling ampuh untuk membuat setting ppsspp god of war menjadi tidak lag dan lancar saat dimainkan. Dengan ini emulator tidak akan merender extra frame yang sia-sia.

Tidak hanya itu saja, untuk kalian yang sedang mengalami suara di god of war tidak lancar juga bisa diatasi dengan menggunakan tools tambahan ini.

Menurut sumber yang saya baca di forum PPSSPP, game ini memiliki internal framerate 150+ FPS hingga 2000+ FPS termasuk frame yang ditampilkan pada layar, hal ini dikemukakan oleh user yang bernama Kabuto_Kun.

Sedangkat rata-rata refresh rate monitor smartphone hanya 60Hz. Jadi perangkat akan kewalahan merender dan akhirnya menyebabkan patah-patah atau lag.

Lalu bagaimana caranya?

Pertama silahkan download file cheat dibawah ini terlebih dahulu:

Catatan: Pilih sesuai dengan versi atau kode game kalian. Jika belum tau kode game kalian, bisa save state dulu lalu lihat di /PSP/SAVESTATES/

Setelah itu silahkan pindah file yang sudah kalian download diatas ke direktori /PSP/CHEATS/

Sebelum bermain, mari kita aktifkan beberapa setting pendukung seperti mengatur CPU PSP menjadi 266 atau 666 Mhz sesuai yang telah di rekomendasikan.

Setting PPSSPP God of War Agar Tidak Lag

Jangan lupa untuk mengaktifkan juga Enable Cheat pada pilihan System. Agar settingan ini juga berefek pada game lain, silahkan Create Game Config juga.

Nanti dibawah akan ada pilihan Cheat, kamu bisa aktifkan yang fi 30 atau 60 fps. Namun saya rekomendasikan cukup pilih yang 30 fps saja, kecuali kalau memang perangkat kamu memiliki spesifikasi yang tinggi. Setelah itu silahkan restart game, langsung mainkan!

Saya rasa dengan bantuan cheat diatas dan beberapa settingan yang benar akan dapat memberikan pengalaman bermain game of war di Android dengan lancar tanpa suara yang tersendat-sendat. Selamat mencoba dan bermain!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *