Solusi Kenapa HP Tidak Bisa Menerima Panggilan Masuk & Keluar

Kenapa HP Tidak Bisa Menerima Panggilan Masuk & Keluar

Buat yang bingung kenapa hp tidak bisa menerima panggilan masuk dan keluar tidak perlu khawatir, sebab cara mengatasinya dapat dilakukan dengan beberapa metode yang pastinya akan memberikan solusi bagi Anda.

Bagi Anda pengguna simcard, maka melakukan panggilan merupakan hal yang sering dilakukan. Namun, masalah yang terkadang di hadapi adalah HP tidak bisa menerima panggilan. Alasan kenapa HP tidak bisa menerima panggilan masuk dan keluar dapat disebabkan oleh berbagai faktor.

Mulai dari masalah bug yang terjadi di perangkat HP, pengaturan jaringan yang salah hingga gangguan yang terjadi pada provider jaringan. Tidak hanya itu, terdapat juga faktor lainnya yang perlu Anda ketahui agar bisa mengatasi masalah tersebut secara mudah dan tepat.

Penyebab HP Tidak Bisa Menerima Panggilan Masuk dan Keluar

Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan HP Anda tidak bisa menerima panggilan. Umumnya, masalah ini lebih sering disebabkan oleh kesalahan sistem ataupun provider.

Di bawah ini beberapa faktor yang perlu diketahui dalam masalah HP tidak dapat menerima panggilan masuk dan keluar.

  • Bug

Alasan pertama kenapa HP Anda tidak bisa menerima panggilan dapat disebabkan oleh Bug. Hal ini dikarenakan Bug atau kerusakan dapat mempengaruhi sistem yang ada di perangkat HP.

  • Kesalahan Pengaturan

Kesalahan Pengaturan juga dapat menjadi faktor lainnya yang menyebabkan HP Anda tidak bisa menerima panggilan masuk dan keluar.

Adanya pengaturan jaringan yang salah, membuat panggilan menjadi error. Masalah ini juga berlaku untuk kesalahan settingan HP ataupun Simcard.

  • Gangguan Provider

Alasan lainnya kenapa HP tidak bisa menerima panggilan masuk dan keluar dapat disebabkan oleh gangguan provider.

Namun, gangguan ini cukup jarang di alami oleh pengguna dikarenakan hampir semua provider sudah memiliki akses jaringan yang cukup baik.

Cara Mengatasi HP Tidak Bisa Menerima Panggilan Masuk dan Keluar

Terdapat banyak solusi yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah HP tidak bisa menerima panggilan masuk dan keluar.

Cara ini tentunya menyangkut konfigurasi jaringan simcard ataupun perangkat HP. Di bawah ini solusi terbaik yang bisa Anda terapkan.

1. Melakukan Restart

Solusi terbaik yang bisa Anda lakukan adalah mereset ulang perangkat HP. Opsi restart menjadi pilihan efektif untuk dilakukan karena HP akan menyetel ulang semua konfigurasi yang ada di sistem. Hal ini tentunya terkait dengan jaringan telepon sehingga HP Anda bisa kembali seperti semula.

2. Menyalakan dan Mematikan Mode Airplane

Jika Anda hanya ingin melakukan restart pada jaringan telepon, maka menyalakan dan mematikan mode Airplane bisa menjadi pilihan yang tepat.

Pasalnya, fitur ini memang dirancang secara khusus untuk mematikan jaringan ketika pengguna berada di area penerbangan atau bandara.

3. Ubah Jaringan Menjadi 3G

Perlu diketahui bahwa tidak semua perangkat HP support untuk akses jaringan VoLTE. Perbedaan jenis jaringan ini, yakni memungkinkan pengguna untuk melakukan panggilan masuk dan keluar dalam jaringan LTE.

Tentunya ini sangat berbeda dengan HP yang hanya support jenis jaringan LTE. HP akan mengubah jaringan secara otomatis menjadi 3G jika pengguna melakukan panggilan.

Hal ini tentunya membuat Anda perlu mengubah jaringan menjadi 3G jika HP yang digunakan support untuk jaringan VoLTE.

4. Mengganti Provider

Solusi terakhir yang bisa Anda coba adalah melakukan pergantian pada jenis kartu provider. Cara ini tergantung dengan tempat atau kondisi lingkungan Anda.

Jika tempat yang ditinggali memiliki akses jaringan yang sulit, maka disarankan untuk mengganti kartu provider.

Masalah yang terjadi di panggilan masuk ataupun keluar menjadi hal yang lumrah bagi banyak pengguna simcard.

Baca juga: Cara Menghidupkan Tablet Yang Kehabisan Baterai

Banyaknya masalah ini tentunya bisa Anda atasi dengan mudah. Anda hanya perlu mengatur konfigurasi jaringan telepon seperti semula agar HP dapat menerima panggilan kembali.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!