Sudah Interview Tapi Belum Dipanggil Kerja? Baca ini

Sudah Interview Tapi Belum Dipanggil Kerja?

Apa penyebab sudah interview tapi tidak dipanggil untuk bekerja? Interview dalam suatu pekerjaan merupakan salah satu tahapan yang harus dilalui pelamar kerja.

Biasanya di saat-saat ini maka akan memberikan yang terbaik. Pasalnya yang mewawancarai tersebut biasanya adalah user atau orang yang nantinya menjadi atasannya langsung.

Pada tahap ini, banyak orang yang merasa canggung, tak percaya diri bahkan merasa gugup sehingga mengganggu jalannya wawancara.

Persaingan yang cukup besar, dan juga peluang kerja yang sangat terbatas membuat para pelamar berusaha sekuat untuk bisa mendapatkan pekerjaan yang diinginkannya.

Sudah Interview Tapi Belum Dipanggil Kerja? Mungkin ini penyebabnya

Sudah Interview Tapi Belum Dipanggil Kerja?
@ Pexels

Kebanyakan orang pastinya akan memberikan yang terbaik pada proses yang satu ini. Banyak juga pelamar yang mencoba berlatih satu hari sebelum hari H.

Meski sudah melakukan apapun yang disarankan, nyatanya masih ada pula pelamar yang gagal atau sudah interview tapi belum dipanggil kerja. Berikut ini beberapa alasannya!

Tidak Paham Seluk Beluk Perusahaan yangDilamar

Ada baiknya Anda mencari tahu tentang profil perusahaan yang akan dilamar.

Biasanya pewawancara akan menanyakan beberapa pertanyaan dasar tentang perusahaan seperti ‘Apa yang Anda ketahui tentang perusahaan ini?” dan berbagai macam pertanyaan lainnya.

Di sini Anda sebaiknya memberikan yang terbaik, jika tidak maka otomatis penilaianmu akan kurang baik. Maka sebelumnya persiapkan informasi mengenai perusahaan terkait.

Tidak Mematikan Ponsel

Hal ini mungkin terdengar sepele, namun dering ponsel akan cukup mengganggu. Jangan sampai saat berlangsung interview dengan pihak perusahaan Anda lupa mengaktifkan mode senyap sehingga berbagai notifikasi masuk dapat membuat keadaan jadi kurang nyaman.

Letakkan ponsel Anda di dalam tas, aktifkan mode senyap atau mematikannya sejenak dapat menjadi pilihan tepat selama proses wawancara berlangsung.

Ada beberapa tipe pewawancara yang merasa terganggu dengan suara dering ponsel dan nantinya akan menganggap Anda tidak profesional.

Jika memang lupa dan tiba-tiba berbunyi, segeralah meminta maaf dan izin sebentar untuk segera mematikannya.

Hal itu akan jauh lebih baik dan dianggap lebih profesional jika dibandingkan diabaikan begitu saja.

Tidak Berpakaian Rapi

Poin ini bisa jadi menjadi hal yang menyebabkan sudah interview tapi belum dipanggil kerja. Hal yang cukup penting saat wawancara kerja adalah menggunakan pakaian yang sopan, rapi dan bersih.

Tak perlu baju baru asalkan Anda mengenakan pakaian lama yang masih layak. Karena kesan pertama merupakan hal yang cukup penting. Apalagi jika Anda merupakan pelamar kerja yang baru saja lulus kuliah.

Pasti belum memiliki pengalaman bagaimana situasi saat proses wawancara tersebut berlangsung. Nah untuk itu mempersiapkan diri sebaik mungkin baik penampilan dan juga wawasan yang luas.

Tidak Menggunakan Kata yang Profesional

Meski saat ini Anda berada di zaman yang bebas untuk mengeluarkan pendapat, namun pemilihan kata yang tepat saat berbicara dengan orang lain sangatlah penting.

Jangan sampai orang yang diajak bicara merasa tersinggung dengan perkataanmu. Dalam wawancara kerja, usahakan untuk bisa mengontrol dan menjaga ucapan sebaik mungkin.

Jangan pernah berbicara kurang sopan atau bahkan kasar terhadap para interviewer.

Bukan hanya dianggap kurang profesional, Anda bisa-bisa akan di-blacklist dari daftar pelamar. Bukan tidak mungkin juga berimbas besar pada karir Anda ke depan.

Terlalu Mengutamakan Gaji

Memang, esensi seseorang bekerja adalah agar menghasilkan uang untuk memenuhi biaya hidupnya sehari-hari. Tetapi sebaiknya jangan menjadikan hal ini menjadi prioritas utama saat proses wawancara kerja.

Anda sebaiknya jangan langsung bertanya fasilitas apa yang akan didapatkan di perusahaan tersebut atau mengajukan gaji besar di awal. Ini bisa menyebabkan Anda sudah interview tapi belum dipanggil kerja.

Memang pembicaraan mengenai gaji dan benefit akanterbahas dalam proses wawancara, akan tetapi ada saatnya. Bukan dibahas diawal-awal perkenalan diri misalnya.

Datang Terlambat

Datang terlambat hanya akan menunjukkan bahwa Anda tidak menganggap interview ini sebagai salah satu prioritas.

Jika terlambat, maka interviewer akan menilai Anda sebagai sosok yang lambat dalam mengerjakan sebuah pekerjaan. Persiapkan dari awal, bila perlu cari lokasi perusahaan tersebut sehari sebelumnya.

Agar Anda bisa memprediksi kondisi jalan dan titik mana saja yang terkena macet agar tidak memiliki alasan datang terlambat karena terjebak arus lalu lintas.

Bingung mau jawab apa saat diwawan cara tujuan karir? Baca jawaban tujuan karir yang akan membuat Anda tampak profesional!

Nah itulah enam hal yang bisa menjadi penyebab sudah interview tapi belum dipanggil kerjaataumembuat Anda gagal mendapat pekerjaan.

Jika memang sungguh-sungguh ingin bekerja, maka sebaiknya berikan yang terbaik.

Jangan sampai hanya karena sepele, maka dapat merusak keinginan untuk bekerja di tempat yang sudah Anda impikan sejak lama. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *