Ukuran Story Instagram (InstaStory) + Cara Membuat di Android & PC

Media Sosial Instagram merupakan sebuah wadah sosialisasi di dunia maya yang lebih fokus pada konten gambar di dalamnya. Tak jarang, instagram dijadikan lahan cuan baru bagi para pebisnis online.

Optimasi dengan berbagai fitur yang tersedia akan membuat barang atau jasa yang ditawarkan lebih diminati dan memiliki peluang jual yang lebih tinggi.

Mengacu pada kelebihan dan dukungan instagram tersebut, kamu bisa mengolah dan mengutak-atik semua fitur yang ada di dalamnya agar semakin memudahkan orang lain dalam mengakses informasi di dalamnya.

Tak hanya berlaku bagi para pebisnis online saja, feed cantik instagram bisa kamu miliki ketika kamu mengerti tentang hacking strategy dalam mengelolanya.

Ukuran Pixel Story Instagram (InstaStory)

Ukuran Story Instagram
Ukuran Story Instagram

Ukuran pixel yang ditentukan untuk Instagram adalah 1080 x 1920 pixel. Hal ini berarti jika kamu ingin membuat konten berdasarkan ukuran story Instagram, kamu harus menyeting lebar dan tingginya dengan sesuai. Bila kontennya lebih besar, risikonya konten akan terpotong.

Apabila ingin menyesuaikan ukuran gambar pada instaStory, kamu bisa coba mengedit foto atau gambarnya terlebih dahulu sebelum diunggah.

Caranya dengan membuat layout story Instagram sesuai dengan ukuran dengan menggunakan aplikasi pendukung yang dikeluarkan Instagram bernama Layout from Instagram.

Cara Membuat Layout Story Instagram di PC

Untuk membuat layout story instagram di PC dengan cara manual kita bisa menggunakan aplikasi yang bernama Photoshop.

Saya anggap disini kalian sudah punya aplikasi photoshop, silakan buka aplikasi tersebut lalu pilih File > New.

Cara Membuat Layout Story Instagram di PC

Disini akan muncul tab baru, silakan anda atur ukuran layout dengan Width = 1080 (lebar) dan Height = 1920 (tinggi). Pastikan anda memilih satuan ukuran layout ke pixels dan resolution 72 pixels/inch.

Cara Membuat Layout Story Instagram di PC

Jika sudah selesai mengatur ukurannya, sekarang tekan OK dan selanjutnya anda akan ditampilkan dengan layout yang sudah kita atur sebelumnya.

Cara Membuat Layout Story Instagram di PC

Sekarang silakan anda masukkan template atau gambar yang ingin dijadikan sebagai instagram story. Jangan lupa untuk mengatura lebar dan tinggi dengan cara ditarik agar sesuai dengan layout yang ada dibelakangnya.

Cara Membuat Layout Story Instagram di PC

Jika sudah saatnya sekarang tinggal kita menyimpannya, untuk itu silakan pilih File > Save for Web agar file yang disimpan dimaksimalkan saat di upload ke Instagram dan web.

Cara Membuat Layout Story Instagram di PC

Jadi ini bisa jadi solusi bagi anda yang mengupload insta story tapi selalu terpotong, maka dari itu terlebih dahulu silakan atur ukurannya agar sesuai dan tidak terpotong lagi.

Bahkan bagi anda yang tidak memiliki PC / Laptop bisa menggunakan smartphone untuk membuat layout instastory baik di Android dan iPhone, caranya bisa anda simak dibawah ini.

Cara Simpel Membuat Layout InstaStory di Android

Cara Simpel Membuat Layout InstaStory di Android

Mari berkenalan dengan Layout from Instagram. Aplikasi keluaran dari Instagram ini memungkinkan para pengguna untuk membuat layout keren dengan memadukan beberapa foto menjadi satu tampilan yang utuh.

Tak hanya dapat menggabungkan foto-foto, kamu juga mengedit tampilan dengan filter yang ada di dalamnya.

Kamu akan dimudahkan untuk melakukan tap, drag, zoom in dan zoom out saat menggunakannya. Hal ini tentu akan membuatmu tidak kesulitan untuk membuat sebuah instastory yang ciamik. Dengan memaksimalkan ukuran story Instagram, kamu bisa mengorganisir tema dan tampilan lebih menawan.

Fitur lain yang tak kalah menarik adalah menu Photo Booth. Menu satu ini memungkinkan pengguna Instagram dapat memotret sebuah momen secara instan, kemudian bisa disandingkan dengan foto lainnya sebagai penunjang konten.

Apa saja keunggulan lain yang bisa ditampilkan dari aplikasi Layout from Instagram?

  • Kamu dapat menggabungkan beberapa foto secara bersamaan sebagai layout
  • Mempercepat dalam menemukan beberapa orang dalam foto, karena bisa lakukan tag melalui tab wajah
  • Dapat share foto layout yang telah selesai ke berbagai jejaring sosial populer lainnya
  • Kamu dapat memasang filter agar tampilan lebih indah

Mempelajari fitur dalam Layout from Instagram dengan perlahan-lahan akan membuatmu semakin terampil dalam menggunakannya.

Mungkin akan terjadi trial error pada permulaannya, tetapi hal tersebut akan menjadi sebuah pembelajaran agar kamu bisa tetap melakukan update instaStory tanpa cacat, bahkan tanpa terpotong karena sudah menggunakan ukuran story Instagram dengan standar yang pas.

Baca juga : 5 Aplikasi Pemotong Video Instagram dan Story Terbaik

Bonus: 5 Aplikasi Pendukung Template Kece di Instagram

Untuk menjadikan media sosial Instagram sebagai salah satu aplikasi jejaring sosial penunjang penjualan dan memiliki konten yang rapi, diperlukan beberapa aplikasi pendukung template di dalamnya.

Aplikasi apa saja yang bisa mempercantik feed dan instaStory tersebut? Simak ulasannya berikut ini.

1. Canva

Canva

Canva merupakan salah satu aplikasi edit foto yang mudah digunakan. Kamu bisa mengunduhnya secara gratis melalui play store di ponsel androidmu. Pilihan menu yang disajikan di dalamnya sangat beragam.

Oleh karenanya, aplikasi ini sangat cocok digunakan sebagai salah satu pendukung dalam pembuatan story Instagram yang unik dan menarik.

Aplikasi satu ini mengunggulkan berbagai fitur edit dengan pilihan yang tidak monoton. Tak hanya berguna untuk Instagram saja, aplikasi ini juga bisa dimaksimalkan dalam membuat logo, gambar, dan berbagai kebutuhan desain lainnya.

Canva menyediakan jutaan gambar pendukung dengan berbagai vektor dan ilustrasi, bahkan kamu bisa utak-atik seru dengan mengunggah foto sendiri untuk diedit.

Tak terpatok pada ukuran story Instagram, Canva bisa menyesuaikan pengeditan gambar dan foto sesuai keinginan. Oleh karenanya, kamu akan lebih mudah menyesuaikannya dengan kebutuhan.

Mau tambah dengan filter? Canva punya aplikasinya. Ingin eksperimen dengan berbagai font? Canva bisa menyediakannya.

Unduh Canva

2. Story Maker

Story Maker

Story Maker merupakan salah satu aplikasi yang mirip dengan instaStory. Fiturnya cukup lengkap untuk memberikan opsi template yang mengesankan.

Menariknya, ada fitur Brush yang bisa memamerkan potret gambar dalam cahaya yang berbeda. Di dalamnya juga terdapat filter khusus bawaan dari aplikasinya. Filter ini dapat meningkatkan pesona gambar dan foto yang dibuat menjadi lebih baik.

Aplikasi Story Maker bisa kamu unduh secara gratis. Hanya saja, aplikasi ini banyak menampilkan iklan di dalamnya. Jika kamu masih bisa toleransi, maka aplikasi satu ini bisa dikatakan sebagai salah satu aplikasi edit foto terbaik bagi pemula Instagram.

Unduh Story Maker

3. Unfold Story Creator

Unfold Story Creator

Bingung dengan ukuran story Instagram yang harus dimodifikasi? Tenang! Aplikasi Unfold Story Creator mampu membantumu.

Tak perlu risau tentang ukuran, aplikasi satu ini akan mengemas kisah dalam story Instagram menjadi lebih hidup. Pada umumnya aplikasi ini digunakan untuk mempercantik hasil akhir dari instaStory.

Kamu bisa memulai pembuatan instaStory dari pengelompokan foto dalam satu folder khusus. Setelahnya serahkan pada ahlinya. Dengan sekali klik, kamu bisa mendapatkan hasil foto yang cantik dan tertata rapi.

Kelemahan aplikasi ini yaitu tidak memiliki fitur filter foto, sehingga kamu tetap membutuhkan aplikasi lain saat ingin melakukan pengeditan gambar secara terpisah.

Unduh Unfold Story Creator

4. Hype Type

Hype Type

Salah satu keunggulan aplikasi Hype Type yakni menghadirkan berbagai macam font dan typografi teks yang bergerak. Cara menambahkannya dalam foto juga cukup mudah. kamu hanya tinggal memilih salah satu konten yang akan dilakukan pembaruan.

Setelahnya, kamu bisa langsung memilih huruf terbaik yang sesuai dengan keinginanmu serta beberapa kembinasai warna yang paling pas. Kamu akan mendapati tampilan yang keren dan tidak biasa dalam konten instaStory yang ingin kamu unggah.

Aplikasi ini hanya tersedia untuk perangkat iPhone saja.

Unduh Hype Type

5. Inshot

Inshot

Keunggulan aplikasi Inshot yang paling digadang-gadang adalah kemudahan dalam pembuatan konten video. Kamu bisa memberikan fitur musik, background, teks bahkan stiker untuk semakin memperindah tampilan konten.

Jika video yang ingin diunggah terlalu besar, kamu bisa menyesuaikan ukuran story Instagram video dengan melakukan kompres dan penyuntingan lanjutan. Aplikasi Inshot punya kapabilitas untuk melakukan hal tersebut.

Tak hanya itu saja, Inshot juga mampu melakukan konvert video seperti tayangan slide show tanpa mengubah tatanan desain yang telah direkam di dalamnya. Kamu juga bisa langsung memamerkan hasil karyamu dengan membagikannya ke berbagai situs media sosial lainnya yang tersingkronisasi dengan Instagram. Menarik bukan?

Unduh Inshot

Berkembangnya teknologi digital dan kemudahannya dalam mengakses semua aplikasi dan fitur yang ada, membuat para pengguna Instagram harus berterima kasih. Tak hanya satu atau dua aplikasi yang mampu membuat tampilannya jadi lebih menarik, melainkan ada lebih dari 3 aplikasi pendukung. Super keran bukan?

Dari fitur yang dapat mengatur ukuran story Instagram, hingga pembuatan video konten yang rupawan, aneka macam template bisa dijadikan pijakan untuk menampilkan sebuah konsep untuk penjualan atau feed kegiatan harian masing-masing penggunanya.

Baca juga : Dapatkan Like Otomatis dengan 5 Aplikasi Like Instagram Terbaik Ini

Oleh karenanya tak mengherankan bahwa kini banyak sekali selebgram yang bisa meraup keuntungan hanya dengan memaksimalkan story Instagram pribadinya untuk pembuatan konten iklan dan sejenisnya.