Zaman Mesozoikum (Pengertian, Ciri, Periode, Peninggalan)

Dalam pembahasan sejarah, banyak sekali tentunya zaman yang dipelajari. Setiap zaman tentu memiliki perbedaan dan ciri khasnya masing-masing. Perbedaan inilah yang membuat setiap zaman terasa seru untuk dipelajari terlebih bagi kamu semua yang memang sangat menggemari semua hal yang berbau sejarah.

Kali ini kami memiliki informasi yang berkaitan dengan zaman Mesozoikum. Informasi ini bisa kamu gunakan sebagai bahan pembelajaran dan juga sangat bisa membantu kamu ketika ada hal yang tidak kamu mengerti tentang zaman yang satu ini. Tanpa membuang banyak waktu, ini dia informsinya untuk kamu semua.

Pengertian Zaman Mesozoikum

Zaman Mesozoikum

Sebelum kita membahas hal yang lainnya, pengertian tentu saja menjadi hal pertama yang harus kita bahas dan kita kupas meskipun tidak tuntas. Banyak dari kamu yang mungkin sudah mengetahui mengenai pengertian dari zaman yang satu ini.

Namun, tentunya tak sedikit juga dari kamu yang masih merasa bingung atau bahkan tidak mengetahui tentang hal ini.

Zaman Mesozoikum merupakan zaman yang mana hewan reptil berkembang terkhusus hewan dinosaurus, dan juga terdapat perkembangan dari tumbuhan amonit yang memiliki biji masa purba. Zaman ini diketahui berlangsung dimulai pada tahun 252 sampai 66 juta tahun yang lalu.

Banyak orang yang menyebut zaman ini sebagai zaman reptil. Mengapa demikian? Karena pada saat zaman ini berlangsung sangat didominasi oleh adanya hewan reptil seperti iguanodon, megalosaurus, plesiosaurus, dan juga pseudosuchia. Hal ini dikemukakan menurut ahli paleontologi yaitu Gideon Mantell pada sekitar abad ke-19.

Zaman Mesozoikum diketahui berlangsung selama 186 juta tahun lalu pada saat era Kenezoikum dimulai. Pada masa ini juga dibagi tiga periode geologi yang tentu saja terdapat yang paling lama hingga yang termuda.

Pembagian Zaman Mesozoikum

Pembagian Zaman Mesozoikum

Tidak hanya mengenai pengertian dari zaman ini saja yang harus kamu ketahui. Namun pembabakan atau pembagian zaman ini juga harus kamu kuasai dengan betul. Agar ilmu dan pengetahuan kamu bertambah, dan agar nantinya bisa menjawab semua hal yang berkaitan dengan zaman yang satu ini.

Zaman Mesozoikum diketahui dibagi menjadi tiga bagian zaman, tentu saja setiap zaman akan memiliki ciri atau hal yang berbeda disetiap pembagian tersebut.

1. Zaman Trias

Zaman trias menjadi zaman pertama yang ada dalam pembagian zaman mesozoikum ini.

Zaman yang satu ini diketahui dimulai dari 245-208 juta tahun yang lalu. Zaman trias merupakan zaman dimana hewan reptil dan juga hewan raksasa seperti dinosaurus mulai bermunculan.

Pada zaman ini juga, benua yang disebut benua pangea mulai bergerak menuju utara dan akhirnya membentuk sebuah gurun disana. Lapisan es yang ada disisi selatan juga mulai mencair dan celah-celah muali terlihat terbentuk di pangea. Pada zaman ini juga, mamalia mulai bermunculan.

2. Zaman Jura

Pembagian zaman Mesozoikum yang selanjutnya adalah zaman jura (208-145 juta tahun yang lalu). Pada zaman ini menjadi zaman kejayaan bagi para dinosaurus yang mulai menguasai daratan.

Sementara itu, semua laut yang ada mulai dikuasai oleh para hewan reptilia laut antara lain Icththyosaurus, plesiosaurus. Serta untuk bagian udara dikuasai oleh para hewan reptilia terbang yaitu, pterosaurus dan juga pterodactyl.

Pada zaman ini, benua pangea yang awalnya baru bergerak sudah mulai terpercah. Pada zaman ini juga Amerika utara mulai terpisah dari afrika, sementara itu Amerika selatan mulai memisahkan diri dari antartika dan juga australia.

Pada zaman ini juga sudah banyak tumbuhan yang sangat banyak tumbuh seperti Ginko, Benetit, sequoia.

3. Zaman Kapur

Zaman kapur yang berlangsung sekitar (145-65 juta tahun lalu), menjadi pembagian zaman terkahir dari zaman Mesozoikum. Pada zaman ini dinosaurus dan reptilia terbang mengalami kejayaan.

Pada saat itu juga tumbuhan dan juga hewan mamalia mulai berkembang dan juga menjadi berbagai macam bentuk.

Pada zaman ini juga, mamalia berplasenta diketahui muncul untuk pertama kalinya. Iklim dan juga cuaca juga ikut muncul pada zaman yang satu ini. India yang terlepas dan sangat jauh dari Afrika yang juga banyak bergerak maju, dimulai atau terjadi pada zaman yang satu ini tentunya.

Ciri-Ciri Zaman Mesozoikum

Ciri-Ciri Zaman Mesozoikum

Ciri-ciri dari zaman Mesozoikum juga tentunya harus kamu ketahui dan pelajari dengan betul. Hal yang satu ini sudah barang tentu menjadi hal yang tak kalah penting dari yang lainnya. Kamu bisa mengetahui apa saja ciri-ciri yang ada melalui informasi dibawah ini.

Pada zaman ini, terdapat banyak sekali hewan yang sangat besar atau raksasa yang sering disebut dengan nama dinosaurus, pada zaman ini juga iklim yang ada di bumi cenderung lebih stabil dari yang biasanya.

Zaman ini berlangsung sekitar 150-65 juta tahun lalu, benua-benua yang ada mengalami pergeseran, terdapat sejumlah aktivitas tektonik dan juga evolusi, iklim. Zaman ini menjadi zaman puncak dalam perkembangan hewan raksasa yang disebut dinosaurus.

Peninggalan

Peninggalan Mesozoikum

Tidak hanya seputar hal diatas yangn perlu kamu ketahui, hal yang satu ini juga sudah tentu sangat penting untuk kamu ketahui. Peninggalan zaman Mesozoikum sudah pasti sangat berbeda dengan peninggalan yang terdapat dari zaman lainnya.

Jika zaman lainnya cenderung lebih meninggalkan barang-barang atau alat-alat purba, pada zaman ini, fosil hewan dan tumbuhan menjadi peninggalan yang paling banyak ditemukan.

Kali ini kami akan memberikan informasi mengenai peninggalan zaman ini mengikuti pola pembagian zaman seperti yang telah ada diatas.

Periode Tria

Pada periode ini memang sudah diketahui bersama, banyak sekali hewan seperti dinosaurus muncul. Dan karena hal itu juga lah banyak sekali fosil hewan yang berkaitan dengan hewan tersebut banyak ditemukan.

Ditemukan fosil dari hewan yang disebut postosuchus, staurikosaurus, proterosuchus, chinogathus, plateosaurus, coelophysisi. Itulah sejumlah fosil yang berhasil ditemukan pada pembagian zaman Mesozoikum ini.

Periode Jura

Periode jura juga sudah barang tentu menjadi salah satu periode yang ada dan juga banyak ditemukan peninggalan pada periode ini.

Lagi-lagi temuan fosil dari sejumlah hewan yang berbeda seperti Diplodocus, allosaurus, stegosaurus, arcaheopteryx, plesiosaurus, ichtyosaurus. Menjadi hewan yang berhasil ditemukan fosilnya pada masa periode jura ini.

Periode kapur

Zaman Mesozoikum yang berlangsung pada periode kapur juga ditemukan sejumlah fosil dari hewan dan tumbuhan yang terkubur.

Sejumlah fosil dari hewan tersebut antara lain tiranosaurusa rex, velociraptor, triceratops, pterosaurus, dischocapites, tylosaurus. Menjadi sekian fosil yang berhasil ditemukan dalam periode kapur ini.

Banyak sekali tentunya fosil-fosil yang berhasil ditemukan yang ada pada setiap periode yang ada dalam zaman yang satu ini.

Kebanyakan peninggalan dari zaman ini merupakan fosil yang berasal dari hewan-hewan raksasa yang beruntungnya berhasil ditemukan dan bisa diketahui oleh banyak orang.

Itulah sejumlah ulasan yang berhasil kami rangkum dan berikan kepada kamu semuanya mengenai Zaman Mesozoikum, semoga informasi ini bisa berguna dan bermanfaat untuk kamu semua tentunya.