4 Cara Blokir Otomatis Nomor Tidak Dikenal di Android

4 Cara Blokir Otomatis Nomor Tidak Dikenal di Android

Apakah Anda sering mendapatkan panggilan di nomor ponsel Anda dari orang yang tidak dikenal? Bila ya, maka Anda pasti merasa terganggu.

Anda dapat memblokir nomor tidak dikenal di ponsel Anda agar tidak lagi merasa terganggu. Ada dua cara yang bisa Anda lakukan yakni secara manual dan dengan aplikasi. Bagaimana cara melakukannya? Simak tutorial selengkapnya berikut ini.

Cara Blokir Nomor Tidak Dikenal Secara Otomatis

Anda bisa melakukan pemblokiran nomor yang tidak dikenal secara otomatis tanpa memerlukan aplikasi tambahan. Ini dia cara melakukannya:

  1. Buka dial app atau aplikasi yang Anda gunakan untuk menelepon.
  2. Klik tombol titik tiga di bagian pojok kanan atas untuk membuka pengaturan aplikasi dial.
  3. Pilih opsi blokir panggilan dan daftar blokir yang tersedia.
  4. Aktifkan menu pemblokiran dari nomor yang tidak ada dalam kontak.

Setelah Anda mengaktifkan menu tersebut, tidak ada satupun nomor asing yang bisa menelepon nomor Anda. Pada beberapa ponsel mungkin ada sedikit perbedaan tata cara, sehingga Anda harus menyesuaikannya sesuai perangkat yang Anda gunakan.

Cara Blokir Nomor Tidak Dikenal di Panggilan Tertentu

Bila Anda takut ketinggalan informasi dengan memblokir semua nomor asing, maka Anda dapat melakukan pemblokiran pada nomor atau panggilan tertentu.

  1. Caranya mudah, pertama buka aplikasi telepon terlebih dahulu lalu buka riwayat panggilan.
  2. Klik nomor tidak dikenal yang akan Anda blokir lalu ketuk dan tahan nomor tersebut hingga muncul pop up notifikasi.
  3. Klik menu block or report spam.
  4. Selesai, kini nomor tersebut sudah Anda blokir.

Cara Blokir Nomor Tidak Dikenal di iPhone

Jika Anda adalah pengguna perangkat iPhone dan tidak bisa melakukan kedua cara diatas, maka Anda dapat memblokir nomor tidak dikenal melalui pengaturan.

  1. Pertama, buka menu pengaturan lalu klik opsi telepon.
  2. Klik hening penelepon tidak dikenal lalu pilih menu pemblokiran dan identifikasi panggilan.
  3. Kini nomor ponsel Anda tidak akan menerima panggilan dari nomor tidak dikenal lagi.

Cara Blokir Nomor Tidak Dikenal Dengan Aplikasi

Apabila cara tanpa aplikasi diatas tidak bisa Anda lakukan sebab tidak ada pengaturan yang tersedia, maka Anda tidak perlu khawatir.

Ada beberapa aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk memblokir nomor tidak dikenal. Berikut ini beberapa rekomendasi aplikasinya:

Call Blacklist

Nama aplikasi pertama yang bisa Anda gunakan adalah Call Blacklist. Sesuai namanya, aplikasi ini bisa digunakan untuk memblokir nomor yang tidak dikenal.

Selain untuk memblokir nomor, aplikasi Call Blacklist juga memiliki menu yang cukup lengkap sehingga Anda bisa mencoba melakukan hal lainnya.

Call Control

Rekomendasi aplikasi berikutnya adalah Call Control. Berbeda dengan aplikasi yang sebelumnya, Call Control ini tidak hanya bisa memblokir nomor tidak dikenal untuk melakukan telepon tetapi juga bisa memblokir SMS dan MMS dari nomor tidak dikenal. Dengan fitur tersebut, Anda tidak perlu menyortir pesan dua kali.

Should I Answer

Pilihan aplikasi terakhir yang bisa Anda coba gunakan adalah Should I Answer. Aplikasi ini sudah tersedia di Google Play Store sehingga Anda bisa mengunduhnya terlebih dahulu.

Sesudah mengunduh aplikasi, Anda bisa buka aplikasi tersebut lalu klik lanjutkan. Klik menu pengaturan lalu pilih opsi blokir panggilan masuk dari nomor tidak dikenal.

Baca juga:

Nah, itu dia cara memblokir panggilan dari nomor yang tidak dikenal, baik melalui aplikasi maupun tanpa aplikasi. Anda bisa menggunakan cara diatas untuk menghindari orang-orang yang berniat buruk pada Anda. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.